Tenses dalam Bahasa Inggris - Panduan Lengkap

Tenses Bahasa Inggris


Masih sulit memahami ke 16 jenis Tenses dalam bahasa Inggris? Atau sedang mencari referensi tentang English Tenses? 

Tenang, sob. 

Melalui artikel ini, kamu tidak hanya dapat mengenal apa saja jenis-jenis tenses dalam bahasa Inggris, tetapi juga dapat menguasinya dengan mudah.

Yang terpenting, ada niat untuk belajar. Ada niat untuk memahami panduan ini dengan sungguh-sungguh. 

Untuk itu, sebelum masuk pada pembahasannya, silakan pahami pengertiannya. 

Tenses adalah bentuk kata-kata kerja dalam bahasa Inggris yang fungsinya dapat menunjukkan suatu waktu kejadian, kegiatan, tindakan maupun situasi tertentu dalam suatu kalimat atau ujaran. 

Kata Tenses adalah bentuk jamak atau plural dari kata Tense yang mana pengertian keduanya sama. 

Secara umum, tenses dapat dikategorikan ke dalam 4 bagian utama, yakni Present Tenses, Past Tenses, Future Tenses, dan Past Future Tenses

Present Tenses digunakan pada kalimat-kalimat yang masih ada hubungannya pada saat ini,  sedangkan Past Tenses cenderung digunakan pada kalimat-kalimat yang tidak lagi ada kaitannya pada saat ini. Dengan kata lain, lebih mengacu pada waktu kegiatan lampau. 

Demikian halnya dengan Future Tenses dan Past Future Tenses. Future Tenses digunakan untuk menunjukkan suatu peristiwa/kegiatan di masa yang akan datang, sementara Past Future Tenses digunakan pada kalimat-kalimat yang menunjukkan suatu kegiatan/peristiwa yang terjadi tidak sesuai dengan harapan. Tense ini lebih mengacu pada kalimat-kalimat pengandaian. 

Nah, daripada masih bertanya-tanya tentang ke-16 jenis tenses dalam bahasa Inggris, langsung saja simak pembahasan lengkapnya.


Jenis-Jenis Tenses dalam Bahasa Inggris 

  1. Simple Present Tense,
  2. Present Continuous Tense,
  3. Present Perfect Tense,
  4. Present Perfect Continuous Tense,
  5. Simple Past Tense,
  6. Past Continuous Tense,
  7. Past Perfect Tense,
  8. Past Perfect Continuous Tense,
  9. Simple Future Tense,
  10. Future Continuous Tense,
  11. Future Perfect Tense,
  12. Future Perfect Continuous Tense,
  13. Past Future Tense,
  14. Past Future Continuous Tense,
  15. Past Future Perfect Tense,
  16. Past Future Perfect Continuous Tense.

Itulah 16 jenis-jenis tenses dalam bahasa Inggris yang perlu kamu kuasai.

Sebenarnya, keseluruhan tenses ini telah dijabarkan lebih rinci mulai dari pengertian, rumus (pola) hingga contoh-contoh kalimat sederhana pada artikel-artikel terdahulu.

Meskipun demikian, pengertian setiap jenis tenses di atas dianggap perlu diketahui bersama melalui halaman ini.


Pengertian 

Pengertian ini disesuaikan dengan masing-masing tenses bahasa Inggris seperti telah diuraikan sebelumnya.

Present Tenses:

1). Simple Present Tense adalah tense yang menunjukkan waktu suatu kegiatan yang masih berhubungan hingga saat ini. Juga, dapat digunakan untuk kalimat-kalimat yang menunjukkan rutinitas sehari-hari (kegiatan berulang), hal yang tidak berubah-ubah. 

Misalnya, The sun rises in the east (Matahari tebit di timur). 

Peristiwa tentang matahari tersebut adalah fenomena alam yang menetap (tidak berubah-ubah) sehingga layak menggunakan pola kalimat tersebut.

Pembahasan mengenai rumus (pola) hingga contoh-contoh kalimatnya telah dipersiapkan secara lengkap melalui artikel Simple Present Tense sebelumnya. 


2). Present Continuous Tense (Present Progressive Tense) adalah tense yang digunakan untuk menujukkan waktu kegiatan yang sedang berlangsung saat ini. Misalnya, I'm washing my shoes (saya sedang menyuci sepatuku).

Nah, untuk memahami lebih banyak tentang ini, silakan pelajari rumus dan contoh kalimat Present Continuous Tense.


3). Present Perfect Tense adalah tense yang menunjukkan waktu suatu kegiatan, peristiwa, aksi maupun kondisi seseorang atau sesuatu hal yang telah terjadi di masa lampau.  Namun demikian, masih berhubungan dengan waktu saat ini.  Misalnya, seseorang mengatakan They have studied (mereka telah belajar). 

Artinya, kegiatan belajar tersebut telah dilaksanakan dan masih berkaitan hingga pada waktu sekarang ini. Untuk lebih jelasnya, silakan pelajari pengertian, rumus dan contoh-contoh kalimat Present Perfect Tense yang telah dipersiapkan melalui artikel terdahulu. 


4). Present Perfect Continuous Tense atau juga disebut Present Perfect Progressive Tense adalah salah satu jenis tense dalam bahasa Inggris yang menunjukkan waktu suatu kegiatan atau peristiwa yang telah dimulai dan masih terlaksana atau berkesinambungan prosesnya hingga pada saat ini. 

Misalnya, She has been waiting for you (dia telah sedang menunggumu). Dengan kata lain, terjemahan dari kalimat tersebut dapat dibuat menjadi "Dia telah dan masih sedang menunggumu). 

Pelajari selengkapnya Present Perfect Continuous Tense mulai dari pengertian, rumus/pola hingga contoh-contoh kalimat sederhananya. 


Past Tenses:

5). Simple Past Tense adalah jenis tense dalam bahasa Inggris yang menujukkan waktu suatu kegiatan/peristiwa/tindakan atau situasi yang terjadi pada waktu lampau. Dengan kata lain, tidak memiliki hubungan pada saat sekarang ini. 

Biasanya, kalimat ini dapat digunakan sebagai kalimat berita yang telah berlalu, menulis cerita atau teks naratif dan lain sebagainya. 

Contoh, He took off to Jakarta this morning (dia berangkat ke jakarta pagi ini). 

Keberangkatannya tidak ada lagi hubunganya pada saat ini. Mungkin saja dia telah sampai ke alamat tujuannya sekarang.

Pelajari selengkapnya tentang Simple Past Tense


6). Past Continuous Tense (juga disebut Past Progressive Tense) adalah salah satu tense bahasa Inggris yang menunjukkan kegiatan/peristiwa atau tindakan yang sedang terjadi di masa lampau. 

Jenis tense ini lebih mengutamakan proses berlangsungnya kegiatan pada waktu yang telah berlalu. 

Contoh kalimatnya, We were watching movies at home yesterday (Kami sedang menonton film di rumah kemarin). 

Artinya, kegiatan nonton tersebut sedang berlangsung pada masa lampau dan bukan sekarang ini. Pelajari Past Continuous Tense selengkapnya. 


7). Past Perfect Tense adalah jenis tense dalam bahasa Inggris yang menunjukkan waktu kegiatan/peristiwa yang telah dimulai dan selesai terjadi pada suatu titik di masa lampau. Dengan kata lain, kejadian tersebut telah selesai dengan sempurna di masa lampau sebelum kegiatan/peristiwa lainnya terjadi masa itu. 

Misal, seseorang mengatakan "I had slept before you came". Terjemahannya adalah "Saya telah tidur sebelum anda datang". Kalimat past perfect tense-nya adalah I had slept (saya telah tidur), sementara kalimat setelahnya berjenis simple past tense

Sengaja dilakukan penggabungan kalimat tersebut dalam contoh supaya lebih mudah dimengerti maknanya. 

Silakan pahami selengkapnya tentang Past Perfect Tense untuk mendapat pengalaman terbaik.


8). Past Perfect Continuous Tense adalah jenis tense dalam bahasa Inggris yang menunjukkan suatu kegiatan yang sedang berlangsung dan telah selesai pada masa lampau dengan sempurna. 

Tense ini lebih menekankan pada proses suatu kegiatan di masa lampau. 

Misalnya, I had been waiting for you, friend (Saya telah sedang menunggumu, teman). 

Artinya, dia mengatakan bahwa dia telah sedang menunggumu waktu itu dan hasilnya kalian pun tidak dapat berjumpa sehingga mungkin dia melakukan kegiatan lain setelah itu. 

Berdasarkan pada contoh kalimat yang diucapkannya, hal yang ditekankannya adalah proses menunggu tersebut. 

Nah, jika masih belum paham betul, silakan tingkatkan pemahamannya tentang Past Perfect Continuous Tense


Future Tenses:

9). Simple Future Tense adalah suatu tense/bentuk kata kerja yang menunjukkan waktu suatu kegiatan di masa yang akan datang. 

Artinya, jika ingin menyampaikan suatu kegiatan yang dikehendaki terjadi di masa depan, gunakan jenis tense ini. 

Misalnya, kamu ingin mengatakan "Aku tidak akan menghadiri rapat tersebut malam ini". 

Bagaimana mengatakannya dengan bahasa Inggris? 

Nah, begini cara mengatakannya "I will not attend the meeting tonight". Boleh juga mengatakannya dengan ucapan I won't attend the meeting tonight

Itulah sekedar contoh yang sederhana. Untuk memahaminya lebih lanjut, silakan baca artikel sebelumnya tentang Simple Future Tense, lengkap dengan rumus dan contoh-contoh kalimat. 


10). Future Continuous Tense (juga disebut Future Progressive Tense) adalah jenis tense yang menunjukkan waktu suatu kegiatan/peristiwa yang akan sedang berlangsung di masa depan. 

Tense jenis ini biasanya digunakan untuk menyampaikan suatu kegiatan yang diharapkan/dikehendaki dapat sedang terjadi pada suatu titik waktu di masa mendatang. 

Misalnya, seseorang berkata "Saya akan sedang bekerja besok pagi". Jadi, dalam bahasa Inggris dapat diterjemahkan menjadi "I will be working tomorrow morning"

Sesuai dengan contoh tersebut, jelas disebutkan bahwa proses kegiatan bekerja akan sedang berlangsung besok pagi. Pelajari selengkapnya tentang Future Continuous Tense


11). Future Perfect Tense adalah tense yang menunjukkan waktu suatu kegiatan/peristiwa yang dikehendaki akan telah mulai terjadi di masa yang akan datang. Ciri khas kalimat dengan jenis tense ini, umumnya, menggunakan kata kerja bantu utama will dan have.

Misalnya, I will have read this book. Artinya, saya akan telah membaca buku ini.

Sebagai panduan lengkapnya, silakan baca artikel Future Perfect Tense


12). Future Perfect Continuous Tense (juga disebut Future Perfect Progressive Tense) adalah salah satu jenis tense atau bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang menunjukkan waktu suatu kegiatan, kejadian atau peristiwa yang akan telah berlangsung pada masa yang akan datang. 

Ciri khas kalimat dengan jenis tense ini, umumnya menggunakan kata kerja bantu utama yakni will/shall, have dan been.

Contoh, They will have been working by this November. Artinya, mereka akan telah sedang bekerja pada bulan November ini. 

Untuk menambah wawasan, silakan pelajari selengkapnya tentang Future Perfect Continuous Tense dalam bahasa Inggris. 


Past Future Tenses: 

13). Past Future Tense adalah jenis tense (bentuk kata kerja yang menunjukkan waktu) suatu kondisi, kegiatan/peristiwa yang sesungguhnya diharapkan akan terjadi pada masa lampau. 

Namun, faktanya tidak sesuai harapan. Sehingga, jenis tense ini keseringan digunakan untuk ungkapan/kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris. 

Ciri khas utamanya yakni menggunakan kata bantu utama would untuk kalimat verbal dan would + be untuk kalimat nominal. 

Misalnya, seseorang mengatakan "We would be sad if he left us today". Artinya, "Kita mungkin saja sedih seandainya dia meninggalkan kita hari ini". 

Faktanya, hari ini mereka pun tidak sedih dan dia belum meninggalkan mereka. 

Nah, dengan contoh ini, diharapkan dapat mempermudah pemahaman sobat pelajar. 

Jika masih belum paham, silakan pelajari selengkapnya tentang Past Future Tense pada artikel sebelumnya.


14). Past Future Continuous Tense adalah salah satu jenis tense (bentuk kata kerja yang menunjukkan waktu) suatu kegiatan, peristiwa atau kejadian yang diharapkan/diasumsikan/hendaknya akan sedang terjadi/berlangsung pada masa lalu. Namun, faktanya tidak sesuai harapan. 

Di sisi lain, jenis tense ini juga sering disebut Past Future Progressive Tense. Ciri khas utamanya adalah selalu menggunakan kata bantu utama would dan be

Nah, sebagai contoh, perhatikan kalimat berikut ini: 

"He would be sleeping unless you came"

Artinya, "Dia akan sedang tidur jika anda tidak datang". Faktanya, karena anda telah datang, dia tidak jadi tidur. Nah, kalimatnya dalam contoh tersebut adalah He would be sleeping, sementara lanjutannya merupakan kalimat dengan jenis Simple Past Tense. 

Pelajari selengkapnya tentang Past Future Continuous Tense


15). Past Future Perfect Tense adalah jenis tense bahasa Inggris yang menunjukkan waktu kegiatan atau peristiwa yang hendaknya akan telah mulai terjadi dengan sempurna di masa lampau. Namun, faktanya tidak sesuai. 

Ciri khas utamanya menggunakan kata kerja bantu utama would dan have untuk kalimat verbal, sedang untuk nominal menggunakan would, have dan been

Contohnya, Anna would have worked at that Bank

Artinya, Anna hendaknya akan telah bekerja di Bank tersebut. 

Untuk lebih jelasnya, pelajari Past Future Perfect Tense dengan seksama. 


16). Past Future Perfect Continuous Tense adalah jenis tense atau bentuk kata kerja yang menunjukkan waktu suatu kegiatan/peristiwa yang hendaknya akan telah mulai dan sedang terjadi pada masa lampau. Namun, faktanya berbeda. 

Ciri khas kalimat ini selalu menggunakan would, have dan been sebagai kata kerja bantu utama kalimat. 

Hal yang paling ditekankan dalam tense ini adalah proses kegiatan/tindakan yang terjadi. 

Misal, Anna would have been working at that Bank

Artinya, Anna hendaknya akan telah sedang bekerja di Bank tersebut. Faktanya, Anna hingga saat ini belum bekerja di Bank itu. 

Bagaimana? Masih belum paham betul? Silakan pelajari Past Future Perfect Continuous Tense selengkapnya. 


Setelah memahami pengertian masing-masing tenses dalam bahasa Inggris di atas, mungkin kamu bertanya seperti ini, "Apakah semua jenis tenses selalu digunakan dalam percakapan sehari-hari?"

Jawabannya adalah tidak semua selalu digunakan, tetapi beberapa di antaranya yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. 


Apa saja Tenses dalam bahasa Inggris yang paling sering digunakan?

Tenses yang paling sering digunakan, yaitu: 

  • Simple Present Tense,
  • Present Continuous Tense,
  • Present Perfect Tense,
  • Present Perfect Continuous Tense,
  • Simple Past Tense,
  • Past Continuous Tense,
  • Past Perfect Tense,
  • Simple Future Tense, dan
  • Past Future Tense.

Meski begitu, ke-16 tenses tersebut tetap digunakan dalam komunikasi lisan maupun tertulis bahasa Inggris. 

Posting Komentar untuk "Tenses dalam Bahasa Inggris - Panduan Lengkap"