Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1 (post only)

Past Perfect Continuous Tense Bahasa Inggris

 

Past Perfect Continuous Tense Bahasa Inggris

Tidak jauh berbeda dengan Past Perfect Tense, Past Perfect Continuous Tense lebih menekankan pada proses atau keberlangsungan suatu kegiatan yang telah terjadi pada masa lampau.

Sesuai namanya, dapat dengan mudah dimengerti bahwa tense tersebut menunjukkan suatu kegiatan yang berkesimbungan (Continuous) dan selesai pada masa lampau (past). Sementara ciri khas utamanya selalu menggunakan kata bantuk lampu dari have yaitu had. Untuk mudah memahaminya, jika terdapat kata perfect dalam tenses bahasa Inggris, maka akan selalu menggunakan kata kerja bantu seperti have/has maupun had

Perlu diketahui bahwa secara umum had  hanya dapat digunakan untuk kalimat yang menunjukkan kegiatan yang telah terjadi pada masa lampau baik menggunakan Past Perfect Tense, Past Perfect Continuous Tense, Future Perfect Tense maupun Past Future Perfect Continuous Tense  yang kegiatannya dianggap  tak lagi berhubungan dengan waktu saat ini (telah selesai dengan sempurna di masa lalu). 

Sedangkan have dapat digunakan untuk Present perfect tense, Present Perfect Continuous Tense,  Future Perfect Tense dan Future Perfect Tense  baik kegiatannya telah terjadi sejak masa lampau namun masih berhubungan hingga saat ini maupun untuk kegiatan yang dianggap akan telah terlaksana pada mendatang.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kata bantu utama dalam Past Perfect Continuous Tense ini adalah had. Meskipun demikian, tense ini juga mengandung unsur yang menunjukkan keberlangsungan aksi, tindakan/peristiwa sehingga selain had perlu disertai oleh oleh kata bantu been dan menggunakan kata kerja bentuk V-ing. Pada artikel sebelumnya, telah diuraikan daftar perubahan bentuk kata kerja dalam Bahasa Inggris baik V1, V2, V3, maupun V-ing yang sering digunakan. 

Nah, untuk dapat memahami lebih jauh tentang Past Perfect Continuous Tense dalam bahasa Inggris, berikut dijelaskan pengertiannya. 


Pengertian 

Secara kebahasaan Inggris, Past Perfect Continuous Tense adalah suatu bentuk kata kerja yang berfungsi untuk menunjukkan waktu suatu kegiatan/peristiwa/tindakan/aksi yang sedang berlangsung dan telah selesai dengan sempurna di masa lampau.

Untuk memudahkan pemahaman dengan hal ini, silakan pahami gambar berikut.

Past Perfect Continuous Tense

Berdasarkan pada gambar di atas, jelas terlihat bahwa dengan membuat kalimat menggunakan Past Perfect Continuous Tense akan mengarahkan ide utama terdapat penyampaian proses kegiatan yang telah sedang berlangsung di masa lampau yang mana kamu sebagai penulis atau yang berbicara selalu menempati waktu present (saat ini). Umumnya, kegiatan tersebut tengah berlangsung ketika atau sebelum kegiatannya lainnya terjadi lagi pada waktu itu.

Ibaratnya jika ingin mengatakan "I had been waiting for you before he came". Artinya, "saya sedang menunggumu sebelum dia datang". Pada contoh kalimat tersebut, kalimat yang menggunakan past continuous tense adalah "I had been waiting for you...."

Sedangkan untuk menyusun kalimatnya, berikut diuraikan rumus/polanya sesuai tata bahasa Inggris.


Pola Kalimat 

Pola kalimat yang akan diuraikan dalam halaman ini adalah pola kalimat verbal sederhana yang mengacu pada jenis kalimat afirmatif dan interogatif. Namun sebelumnya, beberapa singkatan dalam pola yang perlu kamu ketahui:

S = Subject,

O = Object,

V-ing = Verb bentuk pertama dengan akhiran -ing (Present Participle).


Pola Kalimat Afirmasi

[+] S + had + been + V-ing + O

e.g. They had been waiting for you.


[-] S + had + not + been + V-ing + O

e.g. They had not been waiting for you.


Pola Kalimat Interogatif

[+] Had + S + been + V-ing + O +?

e.g. Had they been waiting for me?


[-] Had + S + not + been + V-ing + O +?

e.g. Had they not been waiting for me?


[-] Hadn't + S +  been + V-ing + O +?

e.g. Hadn't they been waiting for me?

Post a Comment for "Past Perfect Continuous Tense Bahasa Inggris"