Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Present Perfect Continuous Tense: Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimat

 

Present Perfect Continuous Tense Bahasa Inggris


Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Present Perfect Tense yang tak jauh berbeda dengan pembahasan kali ini yaitu Present Perfect Continuous Tense

Ya, jika dilihat dari keduanya, yang membedakan mereka hanyalah kata "Continuous" yang berarti berlanjut/berkesinambungan

Untuk lebih jelasnya, silakan pahami pengertiannya. 


Pengertian Present Perfect Continuous Tense 

Present Perfect Continuous Tense, yang juga disebut sebagai Present Perfect Progressive Tense adalah suatu bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang fungsi utamanya dalam kalimat adalah menunjukkan waktu suatu kegiatan/peristiwa, tindakan/aksi maupun kondisi yang telah dimulai pada masa lampau tetapi masih berkelanjutan hingga pada saat ini. 

Sejalan dengan ini, Grammarly.com juga menjelaskan bahwa Present Perfect Continuous Tense menunjukkan suatu hal yang dimulai pada waktu lampau dan masih berkelanjutan pada saat ini. 

Pertanyaannya sekarang adalah apa yang dimaksud dengan masa lampau. Kapan suatu tindakan dikatakan lampau? 

Inilah pertanyaan yang perlu kamu tahu jawabannya. Memang mudah mengatakan dan mengartikan lampau atau masa lalu. Tetapi, tidak sedikit pelajar bahasa Inggris terkecoh dengan pemahaman tentang kata keterangan waktu tersebut. 

Satu abad yang lalu, satu tahun yang lalu, dua bulan yang lalu, lima minggu yang lalu, empat hari yang lalu, dua menit yang lalu, satu detik yang lalu, semuanya menunjukkan waktu yang telah berlalu. Apakah ini ada hubungannya dengan tense jenis ini? 

Nah, untuk mendekatkan pemahaman, satu cara unik yang wajib kamu tahu yaitu dalam tenses bahasa Inggris, lampau itu adalah waktu sebelum kamu berbicara/menyampaikan sesuatu hal baik secara lisan maupun tertulis

Waktu lampau itu sangat luas tetapi batasnya adalah sebelum kamu berbicara atau menyampaikan gagasan. Sebab, waktu ketika sedang berbicara itu dikatakan saat ini

Dengan kata lain, jika kamu ingin menyampaikan ulasan kegiatan yang telah terlaksana sebelum saat ini, itu termasuk kegiatan dalam waktu lampau. Sementara, kegiatan yang masih berlanjut/terlaksana ketika sedang berbicara itu masuk pada bentuk present (saat ini). 

Penjelasan tentang waktu di atas sedikit panjang lebar karena ini sangat penting dan mempengaruhi kemampuanmu dalam mempelajari tenses bahasa Inggris. 

Kembali ke pengertian Present Perfect Continuous Tense. 

Setelah memahami pemaknaan waktu tersebut, sekarang kamu juga wajib tahu bahwa dalam suatu kalimat yang menggunakan Present Perfect Continuous Tense, fokus utamanya adalah proses kegiatan/peristiwa. 

Dalam artian, proses suatu kegiatan yang dijelaskan dalam kalimatnya telah dimulai sebelum menyampaikannya dan prosesnya masih berkelanjutan hingga saat ini (saat menyampaikannya). 

Present Perfect Continuous Tense Bahasa Inggris

Inilah yang membedakan antara Present Perfect Continuous Tense dengan Present Perfect Tense; yang mana Present Perfect Continuous Tense lebih fokus pada proses  sementara Present Perfect Tense lebih fokus pada hasil/dampak dari suatu tindakan/kegiatan yang telah terjadi. 

Meski begitu, keduanya memiliki persamaan yaitu kegiatan dalam kalimatnya telah terjadi sebelum kamu berbicara dan sama-sama masih memiliki pengaruh di masa sekarang (saat ini). 


Kalimat Present Perfect Continuous Tense

Perlu diketahui bahwa rumus yang disajikan dalam artikel ini hanyalah yang berkaitan dengan pola kalimat verbal saja. Mengapa? 

Sebab, menggunakan kalimat jenis tense ini untuk kalimat Nominal bahasa Inggris akan terdengar aneh/bahkan tidak logis untuk dimengerti oleh orang lain. Dengan kata lain, kalimat nominal Present Perfect Continuous Tense sangat jarang digunakan dalam bahasa Inggris. 

Dengan demikian, silakan pelajari rumus/pola kalimat verbal berikut yang dimuat dalam jenis pola afirmatif dan interogatif. 

Kalimat afirmatif adalah kalimat yang bersifat memberikan pernyataan atas suatu keadaan/peristiwa yang dilakukan oleh subject dalam kalimat. Kalimat afirmasi ini terdiri dari kalimat afirmasi positif dan negatif

  • Kalimat afirmasi positif adalah kalimat pernyataan/berita yang ditandai dengan strukturnya yang tidak mengandung kata "not" di dalamnya.
  • Kalimat afirmasi negatif adalah kalimat pernyataan/berita yang ditandai dengan strukturnya yang mengandung kata "not" di dalamnya.

Kalimat interogatif adalah kalimat yang bersifat memberikan pertanyaan atas suatu keadaan/peristiwa yang dilakukan oleh subject dalam kalimat dan umumnya membutuhkan jawaban yang singkat antara ya/tidak. Kalimat ini juga terdiri dari kalimat interogasi positif dan negatif

  • Kalimat interogasi positif adalah kalimat pertanyaan yang ditandai dengan strukturnya yang tidak mengandung kata "not" di dalamnya.
  • Kalimat interogasi negatif adalah kalimat  pertanyaan yang ditandai dengan strukturnya yang mengandung kata "not" atau "-n't" di dalamnya. Dalam artikel ini, kita akan memisahkan kalimat yang menggunakan not dan kontraksi -n't. Sehingga, dalam kalimat interogasi negatif, dibuat  type A dan B untuk memudahkan pemahaman terhadap pola.


Rumus Verbal Present Perfect Continuous Tense 

Kalimat verbal dalam bahasa Inggris adalah kalimat yang mengunakan verb (kata kerja) setelah subjek kalimatnya. Sesuai dengan jenis tense ini, kata kerja yang digunakan adalah bentuk V-ing (Present Participle).

Singkatan yang digunakan:

S = Subject;

O = Obejct;

Comp. = Complement (adjectives, nouns, adverbs)



Rumus Kalimat Afirmatif

Positif [+]  S + have/has* + been + V-ing + O/Comp.

Contoh: They have been waiting for you (Mereka telah menunggumu).


Negatif [-]  S + have/has* + not + been + V-ing + O/Comp.

Contoh: They have not been waiting for you (Mereka belum menunggumu).


*Have digunakan untuk subjek: I, you, we, they. Has digunakan untuk subjek: he, she, it.


Rumus Kalimat Interogatif 

Positif [+]  Have/has* + S + been + V-ing + O/Comp. +? 

Jawab: [Yes, + S + have/has] atau [No, + S + have/has + not]

Contoh: Has she been waiting for me? (Apakah dia telah menungguku?). Yes, she has/No, she has not.


Negatif type A [+]  Have/has* + S + not + been + V-ing + O/Comp. +?

Jawab: [Yes, + S + have/has + not] atau [No, + S + have/has]

Contoh: Has she not been waiting for me? (Apakah dia belum menungguku?). Yes, she has not/No, she has.


Negatif type B [+]  Haven't/hasn't + S + been + V-ing + O/Comp. +?

Jawab: [Yes, + S + haven't/hasn't] atau [No, + S + have/has]

Contoh: Hasn't she been waiting for me? (Apakah dia belum menungguku?). Yes, she hasn't/No, she has.



Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense


1. He has been studying at home

Terjemahan: Dia telah sedang belajar di rumah.

Artinya: Dia masih belajar di rumah hingga saat ini.


2. Andi and Anni have been waiting for you 

Terjemahan: Andi dan Anni telah sedang menunggumu.

Artinya: Keduanya masih menunggumu sekarang ini atau mereka belum pergi/melakukan kegiatan lainnya.


3. Andi and Anni haven't been waiting for her

Terjemahan: Andi dan Anni belum menunggunya.

Artinya: Andi dan Anni telah melakukan kegiatan lain hingga saat ini. Mereka tidak sedang menunggunya sejak waktu itu hingga sekarang.


4. Where have you been working?

Terjemahan: Di mana kamu telah sedang bekerja?

Artinya: Sekarang ini kamu belum melihat tempat kerjanya, tetapi kamu percaya bahwa dia pun masih bekerja pada tempat yang sama.


5. What have you been doing today?

Terjemahan: Apa yang telah kamu lakukan/kerjakan hari ini?

Artinya: Tidak ada yang telah dilakukan. Kamu melihatnya belum melakukan apapun hingga saat kamu menanyakannya.

Post a Comment for "Present Perfect Continuous Tense: Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimat"