Cara Mudah Mempelajari Bahasa Nias

Bahasa Nias


Bahasa Nias adalah salah satu bahasa daerah di Indonesia yang masih digunakan sebagai alat komunikasi oleh para penutur aslinya.

Berbicara mengenai Bahasa Nias atau yang sering disebut "li niha", hal tersebut selalu merujuk pada bahasa yang dituturkan oleh penduduk yang berada di Pulau Nias.
Untuk mempelajari Bahasa Nias, seseorang wajibnya terlebih dahulu menentukan dialek mana yang ingin dipelajari.

Pasalnya, dialek Utara dan Selatan memiliki varietas dari unsur kebahasaannya meskipun juga memiliki kesamaan.

Dengan demikian, mempelajari bahasa Nias dengan berbagai dialek di dalamnya sekaligus adalah permulaan yang kurang tepat karena itu dapat membingungkan bagi pelajar bahasa kedua.

Sebelum dilanjutkan, silakan pahami perkembangan penggunaan bahasa Nias berdasarkan dialeknya.

1. Dialek Utara 

Bahasa Nias dengan Dialek Utara dituturkan oleh sebagian besar penduduk Pulau Nias, mulai dari Kota Gunungsitoli, Nias Utara, Nias Barat maupun daerah Nias di bagian tengah. 

Baca selengkapnya tentang dialek Bahasa Nias

Meskipun sesungguhnya dialek yang digunakan oleh penutur dari beberapa daerah yang tertera di atas masih memiliki perbedaan sebagai ciri khas tersendiri, namun masih dapat digolongkan sebagai subdialek dari dialek utamanya. 

Umumnya menggunakan bahasa Nias dengan dialek utara ke berbagai lokasi yang tertera di atas akan lebih mudah dimengerti.


Beda halnya dengan dialek selatan.

Dialek Selatan dituturkan sebagian besar penduduk bagian selatan Pulau Nias seperti di Kota Telukdalam dan sekitarannya termasuk Pulau-Pulau batu. 

2. Dialek Selatan

Dialek Selatan memiliki berbagai perbedaan yang sangat signifikan dari dialek Utara yang membuat kedua dialek ini sulit dipahami sebagian besar oleh penutur aslinya.

Umumnya penutur mengetahui satu dialek saja meskipun beberapa yang lain mampu memahami lebih dari satu dialek.


Lalu, bagaimana mempelajarinya?



TAHAP AWAL


Tentukan Dialek


Untuk mempermudah pemahaman tentang Bahasa Nias, pastikan salah satu dari dialek tersebut anda pilih sebagai dasar untuk mempelajari bahasa Nias, contohnya dialek Utara.



Tentukan Tujuan Utama


Kemudian, tentukan tujuan utama mempelajari bahasa tersebut. Apakah itu untuk kepentingan komunikasi sehari-hari atau untuk hal lainnya.

Mengapa ini penting?

Menentukan tujuan utama mempelajari suatu bahasa adalah salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi cara mempelajari bahasa itu sendiri. 

Dengan kata lain, mempelajari satu dialek, pelajar bahasa kedua akan menjadi terarah dan dapat mengembangkan pengalamannya tentang bahasa yang sedang dipelajari dengan lebih baik.

Ketahuilah bahwa penutur aslinya saja kebanyakan hanya mampu menguasai salah satu dialek di dalamnya karena varietas bahasa yang cukup kompleks.

Apabila tujuan utama anda adalah untuk melakukan analisis ilmiah, maka anda cukup mengundang penutur aslinya saja yang memiliki pengetahuan khusus tentang kebahasaan yang dia tuturkan. 

Akan tetapi, apabila tujuan anda adalah untuk mengetahui bahasa Nias hingga mampu berbicara dalam komunikasi sehari-hari, silakan lanjutkan ke tahap berikutnya:


TAHAP PROSES


Pelajari Hal Mendasar dari Bahasa Nias


Mempelajari hal-hal mendasar dari Bahasa Nias merupakan langkah awal untuk masuk ke tahap proses. Tindakan ini merupakan bagian yang menentukan hasil berikutnya. 

Untuk mempelajari hal-hal mendasar tentang bahasa Nias, anda boleh mulai pengenalan dengan alfabet bahasa Nias serta bagaimana pelafalannya. Selain itu, mulailah mengenal  percakapan sehari-hari yang paling mudah dan sering diucapkan oleh penutur aslinya.

Contohnya, jika anda bertemu seseorang, apa yang harus dikatakan untuk menyapa dan menanyakan kabarnya, dll. 

Jika ingin menyapa seseorang dalam bahasa Nias, cukup katakan "Ya'ahowu" dan mereka akan menyambut anda dengan ucapan yang serupa. Itu adalah kekhasan salam Nias.

Selanjutnya, untuk menanyakan kabar, anda boleh mengatakan "Hewisa duria, ga'a?". Terjemahannya adalah "Bagaimana kabar, kak/ bang?". 

Jika ingin menyampaikannya kepada seseorang yang anda panggil setara bapak atau ibu, anda boleh mengucapkan "Hewisa duria, ama? (bagaimana kabar, pak?)" atau " Hewisa duria, ina? (bagaimana kabar, bu?)". 

Dari beberapa sapaan di atas, anda sudah memulai proses yang cukup baik. 

Kemudian, jika ingin menanyakan nama seseorang anda boleh menggunakan beberapa kalimat tanya berikut ini:
  1. Hadia u'kaoni khömö, ga'a? = Bagaimana aku memanggilmu, kak? (Siapa namamu, kak?)
  2. Haniha döimö, ga'a? = Siapa namamu, kak? 
  3. Hadia lö sala na usofu döimö, ga'a? = Tidak keberatankah jika aku menanyakan namamu, kak?

Beberapa kalimat tanya di atas merupakan kalimat yang sangat sopan dan dapat anda gunakan untuk siapapun yang anda temui.


Selanjutnya, silakan tingkatkan memahami ucapan-ucapan yang sering digunakan dengan konteks lainnya, seperti saat makan, meminta sesuatu dan sebagainya. Silakan baca kosakata bahasa Nias.

Beberapa kosakata bahasa Nias yang telah disusun setidaknya dapat membantu anda untuk belajar mengucapkan sesuatu dalam bahasa Nias.

Anda juga boleh menggunakan referensi lain atau sumber lainnya yang ikut mendukung anda memahami bahasa Nias dengan lebih cepat. Berbicara dengan para penutur aslinya akan memberikan kemudahan yang lebih berarti.


Untuk mempelajari bahasa Nias, tidak perlu terfokus bagaimana menyusun suatu kalimat yang paling tepat. Itu akan menyusahkan diri sendiri karena faktanya Bahasa Nias masih dalam proses penelitian oleh pakar bahasanya.


Berlatihlah berucap atau menulis dengan kalimat-kalimat yang anda sukai 


Untuk meningkatkan kemampuan memahami bahasa Nias, anda pun boleh berlatih mengucapkan kalimat-kalimat tertentu yang anda sukai yang dapat digunakan untuk beberapa konteks komunikasi lisan.

Dengan berlatih, semakin lama akan kian terbiasa. Jika anda salah mengucapkan sesuatu kata, anda tak perlu malu apalagi takut. Biasanya penutur asli Nias mudah memahami meskipun terdapat ucapan yang kurang tepat.




TAHAP AKHIR


Pada Tahap Akhir ini, anda dianggap mulai mampu berkomunikasi dengan baik.


Jika anda ingin meningkatkan pengetahuannya tentang bahasa Nias, silakan pelajari mulai dari fonem, morfem, sintaks, semantik dan diskursus.




KESIMPULAN

Mempelajari bahasa Nias akan lebih mudah jika langkah yang dilakukan tepat. Akan tetapi, kesabaran serta semangat untuk menjalani proses juga diperlukan.

Jadi, intinya, berlatih dan menerapkannya dalam komunikasi sehari-hari adalah salah satu metode belajar bahasa Nias yang dapat anda lakukan dengan mudah. Anda pasti bisa seiring dengan proses berjalannya waktu.

Dengan demikian, anda sudah memiliki gambaran bagaimana mempelajari bahasa Nias dengan mudah. Apabila anda memiliki kesulitan, silakan ditanyakan melalui kolom komentar di bawah ini.

Sekian, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mempelajari Bahasa Nias"