Cara Mudah Mempelajari Bahasa Nias

Bahasa Nias


Bahasa Nias adalah salah satu bahasa daerah di Indonesia yang masih digunakan sebagai alat komunikasi oleh para penutur aslinya.

Berbicara mengenai Bahasa Nias atau yang sering disebut "li niha", hal tersebut selalu merujuk pada bahasa yang dituturkan oleh penduduk yang berada di Pulau Nias.

Baca Juga: Bahasa Nias

Untuk mempelajari Bahasa Nias, seseorang wajibnya terlebih dahulu menentukan dialek mana yang ingin dipelajari.

Pasalnya, dialek Pusat dan Selatan memiliki varietas yang berbeda dari aspek kosakata (vocabulary) dan struktur atau pola penyusunan kalimatnya.

Dengan demikian, mempelajari bahasa Nias dengan berbagai dialek di dalamnya sekaligus adalah permulaan yang kurang tepat karena itu dapat membingungkan bagi pelajar bahasa kedua.

Sebelum dilanjutkan, silakan pahami perkembangan penggunaan bahasa Nias berdasarkan dialeknya.

1. Dialek Pusat

Bahasa Nias dengan Dialek Pusat dituturkan oleh sebagian besar penduduk Pulau Nias, mulai dari Kota Gunungsitoli, Nias Utara, Nias Barat maupun daerah Nias bagian tengah. 

Meskipun sesungguhnya dialek yang digunakan oleh penutur dari beberapa daerah yang tertera di atas masih memiliki perbedaan sebagai ciri khas tersendiri, namun masih dapat digolongkan sebagai subdialek dari dialek pusatnya. 

Umumnya menggunakan bahasa Nias dengan dialek Pusat ke berbagai lokasi yang tertera di atas akan lebih mudah dimengerti.


Beda halnya dengan dialek selatan.

Dialek Selatan memiliki 2 kategori khusus yaitu Dialek Utama Selatan yang dituturkan sebagian besar penduduk bagian selatan Pulau Nias seperti di Kota Telukdalam dan sekitarannya termasuk Pulau-Pulau batu. Sedangkan Dialek Campuran Selatan dituturkan oleh orang-orang di Kecamatan Gomo, Lahusa dan sekitarnya.


2. Dialek Utama Selatan

Dialek Utama Selatan memiliki berbagai perbedaan yang sangat signifikan dari dialek Pusat yang membuat kedua dialek ini sulit dipahami sebagian besar oleh penutur aslinya.

Umumnya penutur mengetahui satu dialek saja meskipun beberapa yang lain mampu memahami lebih dari satu dialek.


3. Dialek Campuran Selatan

Menariknya lagi bahwa dalam dialek regional, terdapat dialek campuran yang merupakan perpaduan antara Selatan dan Pusat. Penulis menamakan dialek tersebut sebagai Dialek Campuran Selatan.

Dialek Campuran Selatan ini merupakan dialek yang biasanya berpenutur dari daerah kecamatan Gomo, Lahusa dan sekitarnya. 

Dalam Dialek Campuran Selatan ini terdapat pula kosakata tersendiri yang mencirikhaskan keunikannya sendiri. 


Lalu, bagaimana mempelajarinya?



TAHAP AWAL

1. Tentukan Dialek

Untuk mempermudah pemahaman tentang Bahasa Nias, pastikan salah satu dari dialek tersebut anda pilih sebagai dasar untuk mempelajari bahasa Nias, contohnya dialek Pusat.



2. Tentukan Tujuan Utama

Kemudian, tentukan tujuan utama mempelajari bahasa tersebut. Apakah itu untuk kepentingan komunikasi sehari-hari atau untuk hal lainnya.

Mengapa ini penting?

Menentukan tujuan utama mempelajari suatu bahasa adalah salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi cara mempelajari bahasa itu sendiri. 

Dengan kata lain, mempelajari satu dialek, pelajar bahasa kedua akan menjadi terarah dan dapat mengembangkan pengalamannya tentang bahasa yang sedang dipelajari dengan lebih baik.

Ketahuilah bahwa penutur aslinya saja kebanyakan hanya mampu menguasai salah satu dialek di dalamnya karena varietas bahasa yang cukup kompleks.

Apabila tujuan utama anda adalah untuk melakukan analisis ilmiah, maka anda cukup mengundang penutur aslinya saja yang memiliki pengetahuan khusus tentang kebahasaan yang dia tuturkan. 

Akan tetapi, apabila tujuan anda adalah untuk mengetahui bahasa Nias hingga mampu berbicara dalam komunikasi sehari-hari, silakan lanjutkan ke tahap berikutnya:


TAHAP PROSES

3. Pelajari Hal Mendasar dari Bahasa Nias

Mempelajari hal-hal mendasar dari Bahasa Nias merupakan langkah awal untuk masuk ke tahap proses. Tindakan ini merupakan bagian yang menentukan hasil berikutnya. 

Untuk mempelajari hal-hal mendasar tentang bahasa Nias, anda boleh mulai pengenalan dengan alfabet bahasa Nias serta bagaimana pelafalannya. Selain itu, mulailah mengenal  percakapan sehari-hari yang paling mudah dan sering diucapkan oleh penutur aslinya.

Contohnya, jika anda bertemu seseorang, apa yang harus dikatakan untuk menyapa dan menanyakan kabarnya, dll. 

Jika ingin menyapa seseorang dalam bahasa Nias, cukup katakan "Ya'ahowu" dan mereka akan menyambut anda dengan ucapan yang serupa. Itu adalah kekhasan salam Nias.

Selanjutnya, untuk menanyakan kabar, anda boleh mengatakan "Hewisa duria, ga'a?". Terjemahannya adalah "Bagaimana kabar, kak/ bang?". 

Jika ingin menyampaikannya kepada seseorang yang anda panggil setara bapak atau ibu, anda boleh mengucapkan "Hewisa duria, ama? (bagaimana kabar, pak?)" atau " Hewisa duria, ina? (bagaimana kabar, bu?)". 

Dari beberapa sapaan di atas, anda sudah memulai proses yang cukup baik. 

Kemudian, jika ingin menanyakan nama seseorang anda boleh menggunakan beberapa kalimat tanya berikut ini:
  1. Hadia u'kaoni khömö, ga'a? = Bagaimana aku memanggilmu, kak? (Siapa namamu, kak?)
  2. Haniha döimö, ga'a? = Siapa namamu, kak? 
  3. Hadia lö sala na usofu döimö, ga'a? = Tidak keberatankah jika aku menanyakan namamu, kak?

Beberapa kalimat tanya di atas merupakan kalimat yang sangat sopan dan dapat anda gunakan untuk siapapun yang anda temui.


Selanjutnya, silakan tingkatkan memahami ucapan-ucapan yang sering digunakan dengan konteks lainnya, seperti saat makan, meminta sesuatu dan sebagainya. Untuk membantu pemahaman tentang kosakata bahasa Nias, anda dapat melihatnya di sini.

Beberapa kosakata bahasa Nias yang telah disusun setidaknya dapat membantu anda untuk belajar mengucapkan sesuatu dalam bahasa Nias.

Anda juga boleh menggunakan referensi lain atau sumber lainnya yang ikut mendukung anda memahami bahasa Nias dengan lebih cepat. Berbicara dengan para penutur aslinya akan memberikan kemudahan yang lebih berarti.


Untuk mempelajari bahasa Nias, tidak perlu terfokus bagaimana menyusun suatu kalimat yang paling tepat. Itu akan menyusahkan diri sendiri karena faktanya Bahasa Nias masih dalam proses penelitian oleh pakar bahasanya.


4. Berlatihlah berucap atau menulis dengan kalimat-kalimat yang anda sukai 

Untuk meningkatkan kemampuan memahami bahasa Nias, anda pun boleh berlatih mengucapkan kalimat-kalimat tertentu yang anda sukai yang dapat digunakan untuk beberapa konteks komunikasi lisan.

Dengan berlatih, semakin lama akan kian terbiasa. Jika anda salah mengucapkan sesuatu kata, anda tak perlu malu apalagi takut. Biasanya penutur asli Nias mudah memahami meskipun terdapat ucapan yang kurang tepat.




TAHAP AKHIR

5. Pada Tahap Akhir ini, anda dianggap mulai mampu berkomunikasi dengan baik.

Jika anda ingin meningkatkan pengetahuannya tentang bahasa Nias, silakan pelajari mulai dari fonem, morfem, sintaks, semantik dan diskursus.




KESIMPULAN

Mempelajari bahasa Nias akan lebih mudah jika langkah yang dilakukan tepat. Akan tetapi, kesabaran serta semangat untuk menjalani proses juga diperlukan.

Jadi, intinya, berlatih dan menerapkannya dalam komunikasi sehari-hari adalah salah satu metode belajar bahasa Nias yang dapat anda lakukan dengan mudah. Anda pasti bisa seiring dengan proses berjalannya waktu.

Dengan demikian, anda sudah memiliki gambaran bagaimana mempelajari bahasa Nias dengan mudah. Apabila anda memiliki kesulitan, silakan ditanyakan melalui kolom komentar di bawah ini.

Sekian, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Mempelajari Bahasa Nias"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel