Tips untuk Wisatawan yang Suka Bepergian Sendiri Lintas Pedesaan Nias


Perjalanan wisata yang dilakukan oleh wisatawan domestik maupun manca negara di Pulau Nias merupakan kegiatan yang sudah terjadi sejak puluhan tahun yang lalu; setelah Indonesia merdeka. Pulau Nias yang merupakan suatu pilihan bagi wisatawan domestik maupun manca negara merupakan kebanggaan masyarakat Nias pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. 

Dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan, hal tersebut menunjukkan bahwa Pulau Nias merupakan salah satu pulau di Indonesia yang layak dikenal oleh masyarakat luas di dunia. Pulau Nias yang berada di sebelah barat kepulauan Sumatera bahkan lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan manca negara daripada domestik. 

Di Pulau Nias sendiri, tidak jarang para turis asing melakukan perjalanan di daerah luar kota atau lintas pedesaan tanpa pemandu perjalanan. Hal ini sangat sering terjadi di daerah bagian selatan Pulau Nias (sepengetahuan penulis).

Memandang pentingnya menjaga keamanan dan kenyamanan para wisatawan domestik maupun mancanegara tanpa pemandu perjalanan, maka dengan ini penulis ingin memberikan beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi anda yang mengalami kendala atau kesulitan dalam perjalanan lintas pedesaan di Pulau Nias secara luasnya.

Beberapa hal yang penting untuk diketahui dan diperhatikan sebelum dan saat melakukan perjalanan lintas pedesaan di Pulau Nias:

Cari tahu bagaimana kondisi atau situasi daerah yang akan anda kunjungi

Dengan mencari tahu kondisi atau situasi daerah yang ingin anda kunjungi merupakan salah satu langkah tepat sebelum melakukan perjalanan. Mungkin anda perlu mendapatkan informasi tentang bagaimana keadaan wilayahnya baik dari segi akses jalan raya, rumah makan atau lainnya. Anda bisa menanyakan informasi ini pada biro perjalanan di Nias selatan atau orang-orang yang mengenal daerah setempat.

Persiapkan peta daerah setempat dan bukan hasil aplikasi online

Jika perjalanan tersebut merupakan perjalanan pertama kali yang Anda lakukan di Pulau Nias, penulis menyarankan anda untuk menggunakan peta lokasi dan jangan tergantung pada aplikasi online yang memungkinkan lokasi tersebut teridentifikasi kurang tepat. 

Selain itu, jika anda mengandalkan aplikasi online yang anda punya, itu bisa saja direkam sejak beberapa tahun sebelum kunjungan anda ke lokasi yang memungkinkan telah mengalami perubahan dari berbagai aspek. Juga, perlu diketahui bahwa masih ada beberapa lokasi pedesaan di Pulau Nias yang akses jaringan internetnya kurang bagus. Jadi, peta adalah alat pandu yang paling tepat untuk anda.

Persiapkan kebutuhan khusus anda selama perjalanan

Mempersiapkan kebutuhan khusus merupakan hal yang juga penting bagi seorang wisatawan yang akan melakukan perjalanan wisata. 

Kebutuhan khusus yang dimaksudkan di sini bukanlah kebutuhan terlarang yang mungkin bisa anda konsumsi ketika anda sedang sendirian di suatu lokasi. Kebutuhan seperti air mineral, obat kulit atau lainnya yang anda rasa perlu dalam perjalanan lintas pedesaan. 


Hindari membawa senjata tajam

Nias tidak seburuk yang diduga. Daerah pedesaan yang berada di Pulau Nias sudah dapat dikatakan berada dalam taraf aman secara keseluruhan. Anda yang sedang melakukan perjalanan di pedesaan tidak perlu membawa persiapan perlindungan dengan senjata tajam atau benda mengancam lainnya karena itu tidak baik untuk Anda sendiri dan orang-orang setempat yang melihat anda. 


Jangan malu bertanya

Bertanya adalah salah satu cara untuk mendapatkan informasi tentang suatu hal yang anda butuhkan. Anda yang sedang melakukan perjalanan wisata tanpa pemandu khusus, silakan bertanya pada orang setempat ketika anda merasa bahwa informasi tersebut penting untuk anda ketahui. 

Dengan bertanya, anda dapat memperoleh lebih banyak informasi dari suatu daerah yang anda kunjungi. Anda harus tahu bahwa orang Nias umumnya membuka diri untuk memberikan informasi bagi para wisatawan manapun yang berkunjung ke daerahnya.

Anda tidak perlu membayar mereka untuk mendapatkan suatu informasi daerahnya atau budayanya. Akan tetapi, jika anda ingin menanyakan tentang suatu hal yang lebih menjurus ke ranah privasi mereka, sebaiknya anda memberitahukan terlebih dahulu apa tujuan anda menanyakannya. 



Gunakan ide ini jika anda tersesat dalam perjalanan lintas desa

Dalam perjalanan menelusuri daerah yang jauh dari keramaian atau kota, Anda bisa saja salah jalan atau salah jalur tempuh ketika membaca peta. 

Pahamilah bahwa tidak semua akses jalan raya di pedesaan itu bagus adanya. Kemungkinan ada beberapa daerah yang masih membutuhkan pembangunan yang lebih layak lagi. Hal tersebut memungkinkan anda mendapatkan petunjuk arah yang minim. 

Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir. Ingat bahwa orang Nias memiliki tingkat rasa "kekeluargaan" yang masih sangat kental baik terhadap orang yang telah atau belum mereka kenal. Hanya saja, anda perlu memastikan bahwa kedatangan anda tidak menimbulkan ancaman/ kekhawatiran terhadap mereka.

Sebagai contoh, andai kata anda salah jalan dan tidak mengetahui harus ke mana. Silakan langsung cari bangunan rumah yang dapat ditemukan di lokasi setempat. Kemudian, tanyakan arah perjalanan anda. Jangan lupa menyapa mereka dengan kata Ya'ahowu. Itu menandakan bahwa anda sedang menjalin hubungan baik dengan mereka. 

Jika informasi yang anda dapatkan kurang akurat, silakan tanyakan informasi melalui aparat desa setempat. Aparat desa adalah orang-orang yang memiliki pengetahuan lebih terperinci tentang keadaan desanya. Umumnya, mereka akan memberikan informasi yang valid dan reliable. 


Minta bantuan darurat

Jika seandainya dalam perjalanan anda tiba-tiba mengalami kendala seperti sakit atau lainnya. Jangan takut untuk meminta bantuan masyarakat setempat. Anda bahkan mungkin diperlakukan seperti keluarga meskipun belum pernah kenal sebelumnya. Itulah salah satu ciri khas orang Nias.

Jika anda sakit dalam perjalanan, silakan minta bantuan orang setempat untuk memberikan anda tempat bersinggah untuk beberapa saat sampai anda pulih. Anda tidak akan dimintai biaya dalam tindakan pertolongan ini. 



Itulah beberapa tips sederhana yang dapat penulis bagikan untuk para wisatawan yang suka bepergian sendirian di pedesaan, di Pulau Nias. Kegiatan seperti ini sering dilakukan oleh para wisatawan asing khususnya di wilayah Nias Selatan. Bahkan, tidak jarang seorang wisatawan asing wanita melakukan perjalanan wisata melintasi beberapa desa dengan jalan kaki tanpa pemandu orang setempat. 

Daerah lintasan yang paling sering dilintasi oleh wisatawan tanpa pemandu yaitu daerah Bawõmataluo, Siwalawa, Onohondro, Hilinawalõ Fau, Bawõgosali dan Hilisimaetano. Daerah tersebut bebas dari tindakan kejahatan terhadap wisatawan. 

Demikian saja tips kali ini, semoga bermanfaat untuk para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Nias.

No comments for "Tips untuk Wisatawan yang Suka Bepergian Sendiri Lintas Pedesaan Nias"

Covid-19

covid