Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Bersahabat dengan Orang Nias

Orang Nias merupakan masyarakat yang hidup di wilayah kepulauan Nias, Indonesia. Mereka sangat identik dengan sebutan khusus yaitu Ono Niha. Sebutan tersebut memiliki terjemahan literal dalam Bahasa Indonesia yaitu Anak Manusia.

Namun demikian, kata Ono Niha secara umumnya dianggap sebagai cara orang Nias menunjukkan dirinya sebagai masyarakat bersuku Nias. Sedangkan, dalam bahasa Inggris dikenal dengan terjemahan khusus yaitu Niassan; dalam bahasa Jerman dan Belanda dikenal dengan sebutan Niasser.

Foto Orang Nias

Tidak hanya Orang Nias, tentunya setiap individu sosial di dunia memiliki sifat atau karakter tersendiri baik yang diperoleh secara lahiriah maupun dari pengaruh dan perkembangan kehidupan sosialnya sendiri.

Jika berbicara tentang sifat seseorang, itu merupakan sesuatu yang sangat kompleks untuk dipelajari. Akan tetapi, tidak semua orang yang hendak berkenalan dengan Ono Niha harus melakukan penelitian terlebih dahulu supaya hubungan keakraban mereka dapat terjalin baik atau harmonis.

Oleh karena itu, artikel ini dibuat supaya anda yang ingin mengenal mereka lebih dekat dapat terjalin dengan baik. Penerbitan artikel ini tidak bertujuan untuk merendahkan kemampuan adaptasi Anda atau merendahkan suku Nias/ suku lain.


Akan tetapi, artikel ini bertujuan untuk mempermudah seseorang yang ingin menjalin hubungan sosial yang positif  dan bermanfaat.


Orang Nias selalu mentradisikan sikap saling menghormati

Sikap saling menghormati telah lahir sejak dahulu kala dalam kehidupan orang Nias yang dikenal dengan istilah "Moroi khömö zumangemö". Dalam bahasa Indonesia, frasa "Moroi khömö zumangemö" secara literal dapat diterjemahkan "Darimulah kehormatanmu"; frasa tersebut memiliki arti yaitu "Perilakumu adalah cerminan bagaimana orang lain akan memperlakukanmu".


Jelasnya, jika anda menghargai atau menghormati orang lain, maka orang lain akan memperlakukanmu demikian. Istilah tersebut juga dikenal dalam bahasa Inggris dengan terjemahan "what goes around comes around".

Sikap saling menghormati adalah rahasia umum yang tak asing lagi bagi orang Nias. Mewujudkan sikap saling menghormati ini tidak bermakna bahwa mereka tergila-gila hormat.


Ini adalah salah satu pandangan sosial yang dimiliki komunitas / etnis dimaksud secara umum dalam menjaga keharmonisan kehidupan sosialnya.

Berikut tips untuk anda yang baru tahu kehidupan sosialnya:

  1. Jika anda bertemu seseorang yang mungkin belum pernah anda kenal sebelumnya, silakan sapa dengan ucapan "Ya'ahowu". Kata Ya'ahowu adalah kata yang paling populer dikalangan masyarakat Nias.
  2. Berjabat tanganlah dalam suatu pertemuan. Ini menandakan bahwa anda seorang yang tahu cara menghormati orang lain, maka demikian pula Anda akan diperlakukan. 
  3. Jangan menyombongkan diri dengan kelebihan yang Anda miliki. Hal ini dapat membuat hubungan anda berantakan.
  4. Berlakulah sopan, jujur dan bijaksana. Itu akan memberikan efek positif terhadap diri anda. 
  5. Jangan bercanda berlebihan dengan orang-orang yang baru pertama kali Anda kenal dengan ucapan-ucapan yang ofensif. Meskipun tidak semua orang Nias menganggap ini adalah buruk, tetapi awal pertemuan adalah awal mereka mempelajari sifat/ karakter atau tujuan anda bersahabat dengan mereka. 
  6. Pelajari  budaya komunikasi orang Nias.


Orang Nias tergolong masyarakat yang memiliki toleransi tinggi dalam perbedaan kepercayaan

Sesuai dengan perkembangan kehidupan masyarakat Nias yang memiliki penganut agama Kristen sekitar 90% di seluruh kepulauan Nias, hal ini tidak menentukan batasan orang Nias untuk bersahabat dengan yang lainnya. Mereka dikenal dengan suku yang memiliki toleransi tinggi dalam hal perbedaan kepercayaan. Saling mendukung dan menghormati atas segala perbedaan yang ada.

Hal ini terbukti di Pulau Nias. Anda bisa dengan mudah menemukan bangunan-bangun tempat ibadah baik Islam, katolik, kristen maupun buddha di berbagai lokasi. Tidak jarang bangunan Gereja maupun Mesjid bahkan dibangun berdampingan.


Ketahuilah tradisi kehidupan orang Nias dari hal-hal sederhana

Dengan mengetahui tradisi kehidupan orang Nias, hal ini dapat membantu anda lebih mudah mengenal sebagian besar cara mereka memberlangsungkan kehidupan sosialnya di bumi ini. Dengan demikian, anda pun akan lebih mudah membangun hubungan yang baik. 

Sebagai contoh, ketika Anda melihat beberapa dari mereka makan dengan menggunakan tangan sendiri. Hal tersebut tidak perlu anda tertawakan karena itu adalah bagian dari tradisi sosialnya. Meskipun sekarang ini, kebanyakan dari mereka menggunakan sendok untuk makan.



Selain itu, kenalilah bagaimana cara orang Nias memberikan sesuatu kepada orang lain dengan menggunakan tangan. Memberikan sesuatu dengan tangan kiri adalah tindakan yang dianggap sangat tidak sopan. Masih banyak hal sederhana lainnya, namun beberapa hal di atas setidaknya dapat menambah pengetahuan tentang Nias.


Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.



Post a Comment for "Cara Bersahabat dengan Orang Nias"

Berlangganan via Email