Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Berterima Kasih dalam Tradisi Orang Nias


Berterima kasih atas suatu jasa yang anda dapatkan dari seseorang adalah hal yang dianggap perlu dilakukan untuk menjaga kesinambungan kerjasama serta meninggalkan kesan yang baik. Tidak hanya orang Nias yang melakukan ini, orang dengan suku apapun di dunia tentunya memiliki cara berterima kasih tersendiri.


Berterima kasih dengan ucapan

Jika Anda ingin mengucapkan terima kasih dalam bahasa Nias atau Li Niha, anda dapat menggunakan ucapan berikut:

  • Saohagölö. Kata Saohagölö memiliki terjemahan Terima kasih. Kata ini dapat anda ucapkan untuk menyampaikan terima kasih terhadap orang Nias. 
  • Saohagölö si'ai. Frasa Saohagölö si'ai dapat diterjemahkan terima kasih banyak
  • Saohagölö wa'akaomö. Frasa ini memiliki terjemahan dalam bahasa Indonesia yaitu "Terima kasih atas perjuangan/ bantuan anda".
  • Lö sulö wa'omasimö khögu, saohagölö. Ungkapan ini sering diucapkan oleh orang Nias dalam menyampaikan pesan syukur terhadap kebaikan dari seseorang terhadapnya. Ungkapan ini bernilai sangat sopan.
  • Lö sulö wa'omasimi khögu, saohagölö. Ungkapan ini memiliki makna yang sama dengan Lö sulö wa'omasimö khögu, saohagölö. Namun, ungkapan ini digunakan kepada pendengar yang lebih dari satu orang. Terjemahannya dalam bahasa Indonesia adalah 'Terima kasih atas kebaikan kalian untukku'.
  • Saohagölö fefu. Terjemahannya dalam bahasa Indonesia adalah 'Terima kasih atas semuanya'.
  • Lö'u'ila usulöni wa'akaomi fefu. Terjemahannya adalah "saya tidak bisa membalas pertolongan/ bantuan kalian semua". Ungkapan ini bernilai sopan.
  • Saohagölö, ama. Ungkapan ini adalah ungkapan yang ditujukan kepada seorang ayah, orang tua pria atau orang lain yang anda hormati. Ungkapan ini tidak hanya digunakan untuk anggota keluarga saja. Terjemahannya adalah Terima kasih, pak; Terima kasih, ayah/bapak.
  • Saohagölö, ina. Ungkapan ini adalah ungkapan yang ditujukan kepada seorang ibu, orang tua perempuan atau orang lain yang anda hormati. Ungkapan ini tidak hanya digunakan untuk anggota keluarga saja. Terjemahannya adalah Terima kasih, bu; Terima kasih, mama.
  • Saohagölö, nakhi. Ungkapan ini adalah ungkapan yang ditujukan kepada seorang yang lebih muda usinya dari anda baik pria maupun wanita. Ungkapan ini tidak hanya digunakan untuk anggota keluarga saja. Terjemahannya adalah Terima kasih, dek.
  • Saohagölö, khi. Ungkapan ini adalah ungkapan yang ditujukan kepada seorang yang lebih muda usinya dari anda baik pria maupun wanita. Ungkapan ini tidak hanya digunakan untuk anggota keluarga saja. Terjemahannya adalah Terima kasih, dek.
  • Saohagölö, ga'a. Ungkapan ini adalah ungkapan yang ditujukan kepada seorang yang lebih tua usinya dari anda baik pria maupun wanita. Ungkapan ini tidak hanya digunakan untuk anggota keluarga saja. Terjemahannya adalah Terima kasih, bang/kak.
  • Saohagölö, ka. Ungkapan ini adalah ungkapan yang ditujukan kepada seorang yang lebih tua usinya dari anda dan biasanya diucapkan kepada wanita. Ungkapan ini tidak hanya digunakan untuk anggota keluarga saja. Terjemahannya adalah Terima kasih, kak.
  • Saohagölö, he. Salah satu cara berterima kasih dalam bahasa Nias yang hanya digunakan dalam konteks informal. Terjemahannya: Terima kasih, ya.

Selain itu, orang Nias juga memiliki tradisi untuk berterima kasih seperti:

Makan atau minum bersama

Makan atau minum bersama adalah salah satu cara orang Nias berterima kasih dengan seseorang dalam konteks tertentu. Dalam kegiatan ini, biasanya Anda yang diundang makan bersama karena jasa/jerih payah anda yang bermanfaat bagi mereka. Dengan kegiatan ini, mereka ingin menunjukkan betapa mereka sangat menghormati jasa anda. 

Ini adalah tradisi nenek moyang Nias yang mengedepankan keutuhan kebersamaan. Bagi anda yang ingin berterima kasih kepada orang Nias, anda tidak harus membawa mereka makan atau minum bersama. Ini hanya dilakukan oleh orang Nias untuk berterima kasih kepada seseorang, termasuk kepada anda dalam konteks tertentu.

Demikianlah cara berterima kasih dalam tradisi orang Nias. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Post a Comment for "Cara Berterima Kasih dalam Tradisi Orang Nias"

Berlangganan via Email