Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Berterima Kasih dalam Tradisi Orang Nias

Terima kasih bahasa Nias



Berterima kasih atas suatu jasa yang anda dapatkan dari seseorang adalah hal yang dianggap perlu dilakukan untuk menjaga kesinambungan kerjasama serta meninggalkan kesan yang baik. 

Tidak hanya orang Nias yang melakukan ini, orang dengan suku apapun di dunia tentunya memiliki cara berterima kasih tersendiri.

Mungkin anda bertanya bagaimana berterima kasih dalam bahasa Nias atau apa bahasa Niasnya terima kasih.

Pada umumnya, penutur bahasa daerah Nias menggunakan kata Saohagölö untuk menyampaikan terima kasih kepada seseorang atau orang banyak.

Saohagölö bahasa Nias 

Secara linguistik, istilah Saohagölö berasal dari tiga kata yang terkontraksi, yaitu si, aoha dan ölö.

Si adalah kata yang merujuk pada arti "yang". Sedangkan aoha berkelas kata sifat yang artinya adalah "ringan" dan ölö berkelas kata benda yang bermakna sebagai "upaya/jasa". 

Dalam bahasa Nias, kata benda dasar yang memasuki suatu lingkungan tertentu baik itu frasa maupun kalimat, huruf pertama sering mengalami perubahan yang dikenal sebagai alomorf dalam istilah kebahasaan.

Oleh karena itu, kata dasar ölö menjadi gölö.

Dengan kata lain, Si aoha gölö berarti sesuatu yang dilakukan dengan ikhlas. 

Dari frasa Si aoha gölö terbentuklah kontraksi Saohagölö yang artinya "terima kasih / dengan setulus hati".

Itulah sebabnya mengapa penutur bahasa Nias juga menggunakan istilah:

  • Saohagölögu (terima kasihku, kulakukan dengan setulus hati/ikhlas),
  • Saohagölömö (terima kasihmu, dengan setulus hatimu),
  • Saohagölöma (terimakasih, dengan setulus hati kami),
  • Saohagölöda (terima kasih, dengan setulus hati kita),
  • Saohagölöra (terima kasih, dengan setulus hati mereka),
  • Saohagölönia (terima kasih, dengan setulus hatinya),
  • Saohagölömi (terima kasih, dengan setulus hati kalian). 

Jadi, apabila ingin mengucapakan terima kasih dalam bahasa Nias, anda boleh mengucapkan "Saohagölö". 

Selain itu, anda juga baiknya tahu bagaimana kebiasaan penutur bahasa Nias menulis kata tersebut baik di media sosial seperti di facebook, twitter, pinterest, youtube maupun melalui pesan singkat SMS atau WhatsApp (WA). 

Secara bebas (informal), mereka biasanya menulisnya seperti: Saohagolo, Saohag6l6, saohagôlô, Shgl, Saohagologu, saohag6l6m6.

Mengapa saya harus tahu penulisan ini?

Hal ini bertujuan untuk mempermudah anda memahami tulisan tidak resmi bahasa Nias yang digunakan oleh penuturnya dalam konteks penulisan tertentu.

Berterima kasih dalam bahasa Nias

Selain Saohagölö, anda juga boleh menggunakan ucapan berikut:

Saohagölö si'ai

Saohagölö si'ai artinya terima kasih banyak.

Contohnya: 

Saohagölö si'ai, nakhi (terima kasih banyak, dik).

Saohagölö si'ai, ga'a (terima kasih banyak, kak).


Saohagölö wa'akaomö

Ini memiliki terjemahan dalam bahasa Indonesia yaitu "Terima kasih atas perjuangan/ bantuan anda".


Lö sulö wa'omasimö khögu, saohagölö

Ungkapan ini sering diucapkan oleh orang Nias dalam menyampaikan pesan syukur terhadap kebaikan dari seseorang terhadapnya. 

Ungkapan ini bernilai sangat sopan.


Lö sulö wa'omasimi khögu, saohagölö

Ungkapan ini memiliki makna yang sama dengan Lö sulö wa'omasimö khögu, saohagölö. Namun, ungkapan ini digunakan kepada pendengar yang lebih dari satu orang. 

Terjemahannya dalam bahasa Indonesia adalah 'Terima kasih atas kebaikan kalian untukku'.


Saohagölö fefu

Saohagölö, fefu terjemahannya dalam bahasa Indonesia adalah 'Terima kasih atas semuanya'.


Lö'u'ila usulöni wa'akaomi fefu

Terjemahannya adalah "saya tidak bisa membalas pertolongan/ bantuan kalian semua". Ungkapan ini bernilai sopan.


Sedangkan jika anda ingin berterima kasih kepada ayah, ibu, abang, adik dan lainnya, anda boleh menggunakan ucapan berikut:


Saohagölö, ama

Saohagölö, ama adalah ucapan terima kasih yang ditujukan kepada seorang ayah, orang tua pria atau orang lain yang anda hormati. Ungkapan ini tidak hanya digunakan untuk anggota keluarga saja. Terjemahannya adalah Terima kasih, pak; Terima kasih, ayah/bapak.


Saohagölö, ina

Saohagölö, ina adalah ungkapan terima kasih yang ditujukan kepada seorang ibu, orang tua perempuan atau orang lain yang anda hormati. Ungkapan ini tidak hanya digunakan untuk anggota keluarga saja. Terjemahannya adalah Terima kasih, bu/ Terima kasih, mama.


Saohagölö, nakhi

Saohagölö, nakhi adalah ucapan terima kasih yang ditujukan kepada seorang yang lebih muda usinya dari anda baik pria maupun wanita. Ucapan ini tidak hanya digunakan untuk anggota keluarga saja. Terjemahannya adalah Terima kasih, dik.


Bisa juga dengan cara menyingkat panggilan seperti Saohagölö, khi.  Terjemahannya adalah terima kasih, dek.


Saohagölö, ga'a

Saohagölö, ga'a adalah ucapan terima kasih yang ditujukan kepada seorang yang lebih tua usinya dari anda baik pria maupun wanita. Ungkapan ini tidak hanya digunakan untuk anggota keluarga saja. Terjemahannya adalah Terima kasih, bang/kak.

Anda juga dapat mengucapkan Saohagölö, ka sebagai gantinya.


Saohagölö, he 

Salah satu cara berterima kasih dalam bahasa Nias yang hanya digunakan dalam konteks informal yakni dengan cara mengucapkan Saohagölö, he. Terjemahannya: Terima kasih, ya.

Perlu diketahui bahwa ucapan yang satu ini dianggap kurang sopan apabila ditujukan kepada orang yang lebih tua usianya.

Naskah ucapan terima kasih bahasa Nias 

Berikut contoh naskah atau teks yang dapat anda gunakan dalam suatu kegiatan/acara tertentu:

Penyambutan kedatangan tamu 

Apabila kegiatan yang sedang dilaksanakan adalah menyambut kedatangan tamu, berikut contoh teks dalam bahasa Nias dan terjemahannya.

U'owai ami fefu, Ya'ahowu. Omuso dödöda me no tola orudu ita fefu ba nahia andre. Fefu da'ö tenga börö wa'abölöda, ha börö wa'omasi Nama ba khöda.

Nifosumangegu ira satuama ba nahia andre: salaŵa mbanua, salaŵa hada, ba ira talifusö fefu. Töra-töra ndra talifusö soroi siefo nasi. Me no tohare ami, ba ma'andrö saohagölö. Lö sulö wa'atekaomi khöma. Ya fao khöda fefu wa'omuso dödö he na no fagambö-gambö ba nahiada andre. Awai zi tola ufa'ema, ba ufuli u'owai ami fefu, Ya'ahowu!

Artinya: 

Terimalah salamku, Ya'ahowu. Senang rasanya, kita dapat berkumpul di tempat ini. Semuanya itu bukan karena kekuatan kita, tetapi hanya karena kasih Yang Kuasa kepada kita.

Yang saya hormati orang tua kami di tempat ini: kepala desa, tokoh adat, dan saudara sekalian. Terlebih kepada saudara/i yang datang dari jauh. Atas kedatangan kalian, kami ucapkan terima kasih. Semoga suka cita menyertai kita semua walaupun penuh dengan segala keterbatasan di tempat ini. Demikianlah yang dapat disampaikan, dan kembali saya sambut dengan salam, Ya'ahowu!

Kata Sambutan acara Perpisahan 

Saohagölö ginötö zi no latehegö khögu ba wama'ema si sambua fehede. 

Fatua lö u'ozui ia, ba tema wangowaigu ba li niha, Ya'ahowu.

Nifosumange ira ama ba ina (ira satuama), ba talifusö fefu si so ba nahia andre si lö oi uzara-zara wanötöi. 

Muzizio ndra'odo föna mi andre ba wama'ema fangandrö saohagölö khö ndra ama, ina ba talifusö fefu me no tola fao ita ba zi 7 fakhe wa'ara. Omuso si'ai dödögu me ya'odo lö irai tebaerogö ba ngawalö halöŵö ba mbanua andre. Lö sulö wa'omasimi khögu me no duhu sökhi wefaosada ba zi lalö. Iada'a göi, edöna ndra'odo mukoli ba danö saröu ba wangalui soguna ba wa'auri. Börö da'ö, na so gamuata ma zui fehedegu si lö fagöna ba dödömi fefu, aya khömi wa'ebolo dödö khögu. Awai zi tola ufa'ema, ya'ahowu.

Artinya:

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan sepatah kata.

Sebelum lanjut, terimalah salamku dalam bahasa Nias, Ya'ahowu.

Yang terhormat bapak dan ibu (orang tua kami) dan saudara sekalian yang hadir di tempat ini.

Saya berdiri di depan ini untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak, ibu dan saudara sekalian atas kebersamaan 7 tahun lamanya. Saya sangat bersyukur karena selalu dilibatkan dalam berbagai kegiatan di desa ini. Tiada balasan kebaikan kalian untukku. Sekarang ini juga, saya ingin mencoba merantau di tanah orang untuk mencari sesuap nasi. Oleh karena itu, apabila ada perbuatan maupun tutur kataku yang tidak berkenan di hati, mohon dimaafkan. Sekian, Ya'ahowu.


Cara lain untuk berterima kasih

Selain itu, orang Nias juga memiliki tradisi untuk berterima kasih seperti melakukan perjamuan (Makan atau minum) bersama.

Makan atau minum bersama adalah salah satu cara orang Nias berterima kasih dengan seseorang dalam konteks tertentu. Dalam kegiatan ini, biasanya Anda yang diundang makan bersama karena jasa/jerih payah anda yang bermanfaat bagi mereka. 

Dengan kegiatan ini, mereka ingin menunjukkan betapa mereka sangat menghormati jasa anda.

Ini adalah tradisi nenek moyang Nias yang mengedepankan keutuhan kebersamaan.

Apabila ingin berterima kasih kepada orang Nias, anda tidak harus membawa mereka makan atau minum bersama. Ini hanya dilakukan oleh orang Nias untuk berterima kasih kepada seseorang, termasuk kepada anda dalam konteks tertentu.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Post a Comment for "Cara Berterima Kasih dalam Tradisi Orang Nias"