Bahasa Inggris Sulit? Ini Solusinya!

Solusi Belajar Bahasa Inggris

Jika masih merasa sulit belajar bahasa Inggris, tenang. Melalui artikel ini, sobat akan menemukan solusi yang tepat mengatasi berbagai kesulitan atau masalah belajarnya. Cara ini mudah dan praktis dilakukan oleh siapapun, bahkan seorang pemula sekalipun.  

Jujur saja, sobat yang berupaya mencari topik ini menunjukkan jika punya niat/semangat belajar yang tinggi. Untuk itu, tetap semangat dan jangan menyerah dengan kendala yang sedang dihadapi. 

Berikut ini telah diulas beberapa cara yang memampukan kamu dapat keluar dari lingkaran tersebut. 

Namun sebelumnya, silakan pahami terlebih dahulu skills (keterampilan) apa saja yang perlu kamu miliki dalam belajar bahasa Inggris dan bagaimana memulainya. 

Secara garis besarnya, terdapat 4 (empat) keterampilan dasar yang wajib dicapai dalam pendidikan bahasa Inggris yakni keterampilan berbicara (speaking skill), keterampilan mendengar (listening skill), keterampilan membaca (reading skill) dan keterampilan menulis (writing skill). 

Keempat dari keterampilan tersebut tentunya tidak bisa langsung dicapai dalam waktu yang sangat singkat tanpa adanya upaya belajar yang giat.  Semuanya butuh proses dan langkah efektif.  

Speaking skill merupakan keterampilan pertama yang perlu kamu capai dalam belajar bahasa Inggris. Jika baru saja memulainya, sobat boleh mengembangkan wawasan dasar terlebih dahulu bagaimana memampukan diri mengucapkan suatu kata, kalimat atau istilah-istilah sederhana dalam bahasa Inggris. 

Kamu bisa berlatih dengan pelafalan kosakata (vocabulary) atau mengucapkan kalimat sehari-hari seperti menanyakan kabar, nama atau mengucapkan salam. Bisa menggunakan media rekaman audio atau berbicara kepada teman. Jika menggunakan audio recorder (perekam suara) ini akan sangat membantu kamu mendengarkan kembali apa yang telah kamu ucapkan sebelumnya. Demikian halnya jika berbicara dengan teman, pastikan dia dapat mengerti dengan apa yang kamu ucapkan.

Ada baiknya jika mengucapkan suatu kata disesuaikan dengan pelafalan yang sesungguhnya.

Listening Skill. Selain berbicara, keterampilan mendengarkan juga sangat penting dalam mempelajari suatu bahasa asing, termasuk bahasa Inggris ini.

Coba bayangkan apa jadinya jika sobat hanya mampu berbicara namun sulit mendengarkan ucapan orang lain. Tentunya, bisa jadi kendala dalam hubungan komunikasi lisan, bukan? 

Nah, karena itulah keterampilan mendengarkan ini dianggap penting. Lalu bagaimana melatih diri mendengarkan? 

Banyak cara yang dapat sobat lakukan. Seperti halnya menonton film dan  mendengarkan lagu-lagu dengan lirik bahasa Inggris. 

Reading Skill. Nah, selain speaking dan reading, keterampilan membaca juga perlu dicapai dalam mempelajari bahasa Inggris.

Bagaimana melakukannya? 

Kamu boleh memulainya dengan membaca buku-buku atau artikel-artikel berbahasa Inggris. Pastikan juga mampu mengerti apa yang telah dibaca dari suatu teks. Sebab, keterampilan ini membutuhkan kemampuan yang mumpuni untuk memahami maksud dari suatu bacaan dan bukan hanya sekedar melafalkan tulisannya. 

Writing Skill. Ini adalah keterampilan keempat yang perlu diraih dalam belajar bahasa. Writing skill menuntut kamu sebagai pelajar untuk mampu menulis dengan baik dan benar sesuai dengan tata bahasa Inggris. 

Mulai dari penyusunan kalimat sesuai pola tata bahasanya, penggunaan tanda baca dan lainnya. Untuk memulainya, sobat perlu memahami bagaimana menyusun suatu kalimat sederhana menggunakan 16 Tenses dalam Bahasa Inggris

Sayangnya, untuk mencapai keempat hal tersebut di atas, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Banyak kesulitan yang sering dialami para pelajar baik dari segi berbicara, mendengar, membaca atau menulis teks. 

Untuk itu, berikut telah dirangkum sejumlah kesulitan yang sering dihadapi para pelajar bahasa Inggris dan solusinya. 

Kesulitan dalam Belajar Bahasa Inggris 

Kesulitan ini sesungguhnya sangat relatif dan berbeda-beda. Sobat bisa saja menganggap hal ini sulit, padahal yang lain tidak mengalaminya. Meskipun demikian, rangkuman ini sengaja dibuat untuk membantu memecahkan masalah belajar yang sobat alami. 

1. Sulit mengucapkan kata-kata bahasa Inggris

Masalah seperti ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan memahami kosakata dan pelafalannya sesuai tata bahasa Inggris. Apalagi penulisan dan pelafalannya yang berbeda tentu menimbulkan kerumitan tersendiri bagi yang baru saja memulainya. Tetapi, tak perlu khawatir. 

Solusi: Jika saat ini masih sulit mengucapkan kata-kata tertentu dalam bahasa Inggris, boleh menggunakan kamus oxford yang memuat kaidah/cara pelafalan yang digunakan penutur aslinya. Juga, sobat boleh menggunakan aplikasi Google Translate. 

Masukkan kata, kemudian ketuk pada ikon audio/speaker supaya bisa mendengarkan bagaimana cara mengucapkannya. 

2. Tidak Lancar Berbicara Bahasa Inggris 

Berbicara Bahasa Inggris
Source: pixabay.com

Lancar tidaknya kamu berbicara dalam bahasa Inggris tidak hanya ditentukan seberapa cepat caramu mengucapkan sesuatu. Tetapi, lebih pada minimnya tingkat kesalahan ujaran pada saat berkomunikasi. Dan, apa yang diucapkan dapat dimengerti lawan bicara dengan baik. 

Dengan kata lain, pengucapan (pronunciation) suatu kata atau kalimat wajib dilakukan dengan tepat sesuai kaidahnya. Tak perlu berbicara terlalu cepat jika hanya menimbulkan kesalah-pahaman (misunderstanding). Singkatnya, boleh cepat asalkan tepat. 

Masalah seperti ini dapat dikatakan disebabkan oleh kurangnya latihan berbicara saja.

Solusi: Perlu latihan yang cukup untuk mengasah kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Bisa dengan teman-teman di sekolah, guru, atau bahkan dengan penutur aslinya langsung. Semakin sering dilakukan, tentunya kamu dapat semakin lancar berbicara. 

Hilangkan rasa malu atau enggan mengutarakan sesuatu. Sebab, itu dapat menurunkan motivasi dan rasa percaya diri. Teruslah berlatih dan tetap perbaiki kesalahan yang masih sering terjadi ketika berkomunikasi. 

3. Keseringan lupa terjemahan kata ketika sedang berbicara

Masalah seperti ini sering dialami oleh pelajar bahasa asing. Misalnya, dalam suatu percakapan, tiba-tiba saja kamu lupa terjemahan suatu kata dalam bahasa Inggris sehingga akhirnya berhenti memberikan tanggapan. 

Bagaimana solusinya? 

Solusi: Jika hal ini terjadi ketika sedang berbicara, kamu boleh menggunakan kata/kalimat lain yang mendekati atau relevan dengan maksud yang sesungguhnya.

Misalnya, kamu ingin mengatakan "I want to sleep". Tetapi, tiba-tiba lupa kata Sleep yang artinya tidur, maka boleh langsung mengatakan "I want to go to bed" sebagai penggantinya.

4. Sulit Menghafal Kosakata (Vocabulary) 

Kesulitan seperti ini biasanya dihadapi pelajar ketika fokus menghafal kata-kata bahasa Inggris sebanyak mungkin. Kerjanya terus menghafal, padahal ujung-ujungnya lupa juga.

Ini adalah metode kuno yang sekarang ini sangat jarang digunakan dalam kegiatan belajar. Menghafal hanya memaksakan otak merekam sesaat dan akan terlupakan ketika pengulangan tidak dilakukan. 

Dalam artian lain, sobat tidak perlu menghafal sejumlah kata sekaligus dalam bahasa Inggris. Jangan paksakan diri dengan hal yang sia-sia. 

Lalu, bagaimana? 

Solusi: Tulislah kosakata yang ingin kamu pelajari dan latih diri dalam mengucapkannya atau menuliskannya dalam berbagai contoh kalimat sederhana. Semakin sering dilakukan, yakinlah kata-kata baru tersebut akan lebih mudah diingat dalam waktu yang lama. Jangan juga lupa untuk memahami artinya karena menulis saja tidak akan cukup.

5. Mampu berbicara tetapi sulit memahami ucapan lawan bicara

Hal seperti ini memang sangat umum terjadi di kalangan pejalar bahasa asing, termasuk bahasa Inggris. Ketika mampu berbicara dengan baik tetapi sulit mendengarkan, itu sah-sah saja. Yang penting, upaya belajar selalu ada. 

Solusi: Latih kemampuan mendengarkan melalui rekaman audio atau cuplikan video berbahasa Inggris. Terus lakukan secara berulang-ulang setiap hari. Pahami bagaimana penutur asli mengucapkan suatu kata atau kalimat dengan gaya lafal/accent yang digunakannya. 

Kamu mungkin mudah mengerti jika kamu sendiri yang mengucapkan suatu kata, tetapi akan berbeda jika diucapkan oleh penutur lain yang mungkin memiliki khas tersendiri. 

6. Sulit menerjemahkan teks bahasa Inggris 

Masalah seperti ini biasanya terjadi ketika minim penguasaan kosakata dan pemaknaan terhadap istilah-istilah khusus dalam bahasa Inggris. 

Solusi: Hal yang paling mendasar untuk menerjemahkan suatu teks bahasa Inggris adalah sobat perlu mengetahui sejumlah kosakata (vocabulary). Gunakan kamus jika kesulitan mendapatkan arti kata. Selain itu, pelajari juga istilah-istilah umum yang sering digunakan supaya tidak menerbitkan pengertian yang salah. Misalnya, memahami istilah-istilah yang disebut idioms (ungkapan).  Ini akan cukup membantu kamu menerjemahkan teks dengan mudah dan cepat.

7. Sulit menulis kalimat sesuai tata bahasa Inggris 

Masalah seperti ini biasanya terjadi ketika pengetahuan terkait kaidah baku tata bahasa Inggris belum cukup. Mungkin melalui ujaran lisan, kamu bisa dengan lancar bercakap-cakap dengan penutur aslinya. Tetapi ketika masuk dalam kegiatan tulis-menulis akademik, malah membuatmu semakin pusing karena banyak mendapatkan kesalahan.

Perlu diketahui bahwa bahasa lisan tidak menuntut sobat mengucapkan sesuatu secara grammatikal sepenuhnya. Bahkan, para penutur asli suatu bahasa pun bisanya lebih cenderung berbahasa informal dalam komunikasi sehari-hari. 

Tetapi, lain halnya dengan kegiatan tulis-menulis. Di sini, sobat perlu memahami struktur kalimat, dan kaidah tata bahasanya secara cermat untuk menghindari terjadinya kesalahan. Apalagi jika menulis surat resmi, dokumen penelitiah ilmiah dan lainnya.

Solusi: Setidaknya kamu perlu mempelajari bagaimana menggunakan ke-16 tenses bahasa Inggris yang benar sebagai bantuan untuk menulis kalimat-kalimat formal dan sesuai standard kebahasaannya. Demikian dengan kaidah lainnya. 

Artinya, pengetahuan terhadap tata bahasa Inggris perlu ditingkatkan supaya dapat terhindarkan dari masalah seperti ini.


Penutup 

Melalui artikel ini, setidaknya sobat dapat memahami empat skills yang perlu dicapai dalam pendidikan bahasa Inggris, yakni Speaking, Listening, Reading, dan Writing. Semuanya itu masuk dalam kategori target pencapaian belajar. 

Selain itu, kendala atau kesulitan belajar yang sering dihadapi dapat diatasi dengan cara belajar yang giat/tekun dan teratur. Beberapa kesulitan telah diuraikan sebelumnya beserta dengan solusinya. 

Untuk itu, teruslah belajar dengan baik karena dengan itu, kesuksesan dapat dicapai dengan hasil yang memuaskan.

Posting Komentar untuk "Bahasa Inggris Sulit? Ini Solusinya!"