Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Bahasa Inggris Online, Otodidak, Cepat dan Praktis

Ingin belajar Inggris secara online, otodidak, cepat dan praktis? Artikel ini spesial untuk kamu yang ingin belajar Inggris dari dasar; bahkan, untuk pemula yang tidak punya banyak waktu belajar di rumah. 

Dengan ini, Sobat dapat belajar bahasa Inggris di mana pun dan kapan pun punya waktu luang. 


Sebenarnya, secara tidak sadar, hidup di zaman yang sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, kita dituntut dapat beradaptasi dan memperoleh manfaat utilitas dari berbagai sarana online yang mendukung kegiatan sehari-hari. Mulai dari kegiatan belajar, bekerja bahkan untuk bersenang-senang sekalipun. 

Singkatnya, kecanggihan teknologi memberikan kemudahan bagi semua orang yang mampu memanfaatkannya dengan baik dan benar. Demikian halnya dengan sobat yang ingin belajar bahasa Inggris secara online.


Cara Belajar Bahasa Inggris secara Online 

Selain tahu cara mudah belajar bahasa Inggris, belajar secara online juga dapat memberikan peluang belajar yang tidak terbatas dengan waktu. Melalui artikel ini, kamu akan tahu cara belajar bahasa Inggris online dan tips praktis untuk pemula otodidak yang berminat belajar lebih cepat.

Belajar Bahasa Inggris online
Pic. Jess Foami (pixabay)

Cara sukses belajar online:

1. Tentukan tujuan belajar

Ini adalah langkah paling mendasar yang perlu kamu tentukan sebelum memulainya. Belajar bahasa Inggris untuk kepentingan bisnis, pekerjaan berbeda dengan mereka yang memprioritaskan dirinya untuk menjadi tenaga pendidik di sekolah. 

Misal, jika bertujuan untuk bisnis, pelajarilah bahasa Inggris yang sesuai dengan goal bisnis. Artinya, wajib memiliki pengetahuan yang lebih memadai daripada hanya sekedar tahu. 

Sebagai langkah dasar, kamu perlu mempelajari abjad, pelafalannya, kosakata, frasa atau kalimat yang berkaitan dengan bisnis. Demikian pula dengan percakapannya. Hal ini akan membantumu lebih cepat menguasai satu fokus materi yang terarah. 

2. Pelajari bahasa Inggris melalui Youtube 

Temukan konten dari saluran youtube yang memberikan panduan dasar untuk belajar bahasa Inggris. Melalui youtube, kamu dapat mempelajari sekaligus mengasah pengetahuanmu sendiri mulai dari pelafalan kosakata, frasa dan kalimat bahasa Inggris. Tak hanya itu, kemampuan lain seperti mendengarkan dan memahami makna percakapan akan lebih mudah didapatkan. 

Selanjutnya, kamu juga boleh menonton video pembelajaran yang relevan dengan goal kamu. Carilah konten berbahasa Inggris yang di bagian footer (kaki) layar youtube-nya terdapat tulisan cc. Dengan menu tersebut, kamu dapat mengaktifkan terjemahan otomatis dari percakapan dalam video. 

3. Pelajari Bahasa Inggris melalui situs web/blog 

Terdapat banyak situs web atau blog yang membahas tentang bahasa Inggris, dan kamu bisa belajar melalui situs tersebut. Ingat bahwa untuk belajar wajib disesuaikan dengan tujuan utamanya. Sebab, dengan belajar online dan tidak ada pemandu layaknya seorang guru dalam ruangan kelas, memungkinkan kamu belajar begitu banyak dan tidak beraturan sehingga merasa sulit sendiri.

Maka, mulailah dengan langkah mudah, setelahnya boleh ditingkatkan. Contoh, jika sekarang ini masih belum tahu apa-apa tentang bahasa Inggris, carilah artikel yang membahas konten berikut: abjad, kosakata, frasa, kalimat, percakapan dan dialog. 

Nah, untuk tahap berikutnya kamu boleh kembangkan dengan mencari konten peningkatan kemampuan berbicara, mendengar, membaca dan menulis dalam bahasa Inggris. Sebagai bantuan, jika merasa sulit menerjemahkan suatu kata atau kalimat sederhana, kamu boleh menggunakan Google Translate. Tetapi, terjemahan dengan aplikasi ini tidak dapat menjadi acuan utama terjemahan yang benar secara grammatikal. 

Meskipun demikian, setidaknya dapat membantumu mengerti kata-kata asing, bahasa Inggris.

4. Pelajari Bahasa Inggris melalui Kursus Online 

Belajar Bahasa Inggris untuk pemula
Pic. Jan Vasek (pixabay)


Nah, untuk kursus online, kamu bisa memilih layanan yang bermutu. Misalnya, belajar melalui situs online ruang guru. Artinya, meskipun tidak wajib bertatap muka secara langsung, kamu tetap dapat belajar lebih teratur dan terstruktur. 

Perlu diketahui bahwa tertarik untuk belajar saja tidak akan cukup mendukung kesuksesan hingga pada tahap akhir.

Maksudnya, begini. 

Belajar autodidak (otodidak) itu wajibnya memiliki beberapa hal berikut, antara lain:

  • Motivasi yang kuat, 
  • Konsisten,
  • Mampu mengatur jadwal belajar, dan 
  • Tahu cara menyelesaikan kesulitan sendiri sehingga tetap bersemangat untuk belajar. 

Dari beberapa hal tersebut di atas, motivasi merupakan keinginan yang dapat mendorong seseorang untuk tetap melakukan kegiatan belajar meskipun secara mandiri (tidak dengan bantuan orang lain). 

Sebab, untuk belajar secara otodidak bisa saja berhenti sebelum mencapai tahap akhir dengan kesulitan yang sering dialami selama belajar. Apalagi, secara online yang jauh berbeda dengan cara pelajar di sekolah yang mana ketika memiliki pertanyaan dapat langsung diajukan kepada gurunya. 

Oleh karena itu, setiap pelajar otodidak wajib memiliki sikap konsisten untuk tetap belajar hingga tuntas.

Selanjutnya adalah pengaturan jadwal. Untuk mempercepat proses pencapaian, tentunya jadwal belajar wajib dibuat lebih sering dan disesuaikan dengan waktu luang. 

Ibaratnya, jika kamu menargetkan keberhasilan belajar bahasa Inggris, dari dasar hingga mahir selama  6 bulan, jadwal mestinya lebih padat. 

Coba bayangkan jika menargetkan kurun waktu belajar selama 6 bulan tetapi frekuensinya hanya sekali sebulan, itu sulit untuk berhasil.

Begitu juga ketika mengalami masalah belajar yang memungkinkan sulit kamu pecahkan. Pada hal seperti ini, kamu boleh bergabung dengan forum-forum online bahasa Inggris seperti di facebook, twitter dan lainnya. 

5. Pelajari Bahasa Inggris melalui Forum/Group di Media Sosial

Berbicara mengenai media sosial seperti facebook, twitter dan lainnya, tentunya bukan hal yang asing lagi di zaman sekarang ini. 

Dengan bergabung pada forum atau group bahasa Inggris, kamu dapat belajar dengan teman-teman yang lain. Berbagai maupun bertanya tentang pelajaran bahasa Inggris dan didiskusikan bersama akan lebih mengasyikkan.


Dengan demikian, berdasarkan pada cara belajar bahasa Inggris secara online di atas, dapat disimpulkan bahwa seorang pelajar pemula, termasuk pelajar otodidak, wajib menentukan tujuan belajar terlebih dulu. 

Kemudian, untuk mencari sumber materinya dapat melalui saluran Youtube, situs web, blog yang menerbitkan konten pembelajaran tentang bahasa Inggris. Selain itu, dapat juga dapat melalui kursur online maupun media sosial supaya dapat belajar dengan lebih leluasa tanpa terikat dengan jam kerja atau rutinitas sehari-hari. 


Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Mudah (Praktis)

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa jika masih pemula, wajibnya memulainya dari pengetahuan dasar terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan ke tahapan berikutnya.

Untuk tingkat kecakapan, keterampilan berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis adalah skills utama yang wajib dicapai oleh seorang pelajar. 

"Lalu, bagaimana caranya?"

Hanya satu jawabannya yaitu belajar. 

Bahasa Inggris pemula otodidak


Pada bagian ini, akan diuraikan cara cepat dan mudah/praktis yang dapat dilakukan oleh pemula otodidak. 

1. Cara Belajar Berbicara Bahasa Inggris

Mungkin kamu bertanya, begini. "Apakah dengan berbicara bahasa Inggris harus selalu sesuai dengan tata bahasanya?"

Tidak selalu. Bahkan penutur aslinya terkadang menggucapkan kalimat yang tidak sesuai dengan tata bahasanya (khususnya dalam komunikasi lisan), kecuali secara tertulis. 

Meskipun demikian, sangat diharapkan setidaknya mendekati struktur grammatikal. 

Ibarat kita penutur asli bahasa Indonesia, kita juga harus jujur bahwa bahasa yang kita gunakan dalam komunikasi (percakapan) sehari-hari jauh dari struktur bakunya. Begitu juga dengan mereka. 

Dengan demikian, meskipun baru belajar bahasa Inggris tetapi bila tahu beberapa hal berikut maka kamu sudah dapat melakukannya:

a). Mengetahui kata-kata yang ingin disampaikan walaupun terbatas.

Misalnya, kamu ingin mengatakan dalam bahasa Inggris, "Saya sedang membaca buku bahasa Inggris"

Tetapi, karena keterbatasan sebagai seorang pemula yang hanya mengetahui terjemahan kata saya, belajar, buku dan bahasa Inggris, akhirnya hanya dapat mengatakan: I read book English

Meskipun terdengar sedikit menantang pengetahuan pendengarnya, tetapi sejauh itu mereka (penutur aslinya) dapat mengerti maksud yang disampaikan.

Sebab, secara lengkap dan grammatikalnya kalimat tersebut wajib diucapkan dengan susunan seperti ini : "I am reading an English book".

Contoh lainnya. Kamu ingin mengatakan "Aku mengantuk". Tetapi hanya tahu kata aku dan mengantuk. Akhirnya kamu mengatakan, "I sleepy". 

Sejauh mengatakan "I sleepy", mereka pun dapat mengerti dengan baik. Meskipun  secara grammatikalnya wajib dikatakan "I am sleepy".

Nah, artinya meskipun baru pemula dengan berbagai keterbatasan, kamu jangan patah semangat. 

Wajib berani bicara meskipun masih terbatas. Dalam konsep berbicara, satu hal yang harus kamu tahu bahwa ketika pendengarmu dapat meresponmu dengan benar, artinya dia mengerti apa maksud/tujuan yang kamu sampaikan. 

Teruslah belajar dan jangan takut salah. Sebab, yang tidak pernah salah hanyalah seseorang yang tak pernah melakukannya. 

b). Mengetahui frasa bahasa Inggris 

Frasa adalah gabungan dari dua kata atau lebih yang mengandung makna dan dapat menempati struktur/sistaksis kalimat. Dalam bahasa Inggris, frasa disebut phrase

Contohnya seseorang bertanya, " What are they doing?" (Apa yang sedang mereka lakukan?)

Lalu, kamu ingin mengatakan "Keduanya sedang mengerjakan PR mereka". Tetapi, karena tidak tahu apa terjemahan bahasa Inggrisnya "Keduanya", akhinya kamu hanya mengatakan "are doing their homework"

Nah, sejauh itu pendengar akan mengerti. Bahkan sekalipun kamu hanya mengatakan doing their homework atau their homework saja.

Meski begitu, secara tata bahasa Inggris, kalimat lengkapnya adalah "Both of them are doing their homework". Semua opsi yang kamu ucapakan sudah berjenis frasa yang sangat mudah dimengerti. 

Sekilas mengenai struktur kalimat tersebut. 

Are doing their homework dan Doing their homework, secara sintaksis, merupakan frasa kata kerja (verb phrase) bahasa Inggris. Demikian halnya dengan their homework yang merupakan Noun Phrase (frasa kata benda).

Jadi, meskipun baru mengenal frasa, kamu sudah dapat berbicara bahasa Inggris. 

c). Mampu mengucapkan kalimat sederhana 

Dengan memiliki kemampuan mengucapkan kalimat sederhana, artinya sedikit lebih meningkat dibandingkan dengan sekedar tahu kata dan frasa saja. 

Contohnya, kamu ingin mengatakan "Saya ingin mengetahui siapa nama gadis itu". Ucapan seperti ini termasuk klausa (clause) dalam bahasa Inggris. 

Nah, karena kemampuannya masih sebatas pengucapan kalimat sederhana, tidak masalah. 

Berhubung karena masih sulit mengucapkan klausa, akhirnya kamu mengatakan: "I want to know. What is that girl's name?"

Terjemahan lengkapnya adalah "I wonder what that girl's name is". Boleh juga mengatakan, "I want to know what that girl's name is"

Meskipun cara pengucapannya dibuat menjadi dua kalimat: "I want to know. What is that girl's name?", tapi itu sudah sangat bagus dan mudah dimengerti. Dengan kata lain, mengetahui kalimat sederhana saja, kamu pun dapat berbahasa Inggris. 

Yang pastinya, pelafalannya (pronunciation) tepat. Selanjutnya, boleh dikembangkan dengan cara berlatih sendiri di rumah, berbicara bersama teman dan lainnya. 

Juga, dapat menggunakan media cermin untuk melihat bagaimana ekspresimu ketika sedang berbicara atau menggunakan recorder yang tersedia dalam telepon seluler untuk mendengarkannya kembali. Itu akan membantumu belajar berbicara hingga lancar. 


2. Cara Belajar Mendengarkan Bahasa Inggris 

Untuk belajar mendengarkan bahasa Inggris, kamu dapat melakukannya dengan beberapa cara berikut supaya lebih cepat. Dalam mendengarkan, yang paling dibutuhkan adalah kemampuan memahami ucapan lisan dari seorang speaker (penutur).

a). Pahami arti kata secara lisan

Kata-kata yang tertulis mungkin lebih mudah dimengerti dibandingkan dengan ucapan lisan seseorang. Oleh karena itu, kamu perlu melatih diri mendengarkan kata-kata bahasa Inggris yang disampaikan secara lisan. Untuk mempermudah pemahaman, pelajari juga cara melafalkan kata-kata dalam bahasa Inggris yang tepat. 

b). Dengarkan musik 

Salah satu cara lain untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan adalah dengan membiasakan diri mendengarkan musik berbahasa Inggris. Meski begitu, kamu juga perlu memilih musik yang liriknya bagus dan tidak terlalu acak-acakan. Maksudnya, terkadang penciptaan lirik suatu lagu menggunakan kata-kata yang asing dan kalimat yang tidak berstandar baku. 

d). Berlatih dengan materi listening TOEFL.

TOEFL adalah singkatan dari Test Of English as a Foreign Language). Dengan TOEFL, kamu dapat mengetahui kemampuanmu sendiri. Apabila belum maksimal, silakan belajar lagi dan tetap semangat. 

e). Menonton Video berbahasa Inggris 

Belajar bahasa Inggris online


Silakan cari di Google Search/Youtube, mengenai video berbahasa Inggris. Carilah video yang tidak memiliki subtitle atau teks terjemahan ke dalam bahasa Indonesia. Coba biasakan menontonnya sambil memahami bagaimana cara mereka mengucapkan suatu kata maupun kalimat.

Meskipun masih pemula, dengan membiasakan diri mendengarkan bahasa tersebut, seiring dengan waktu kamu akan memiliki kemampuan pendengaran yang bagus.


3. Cara Belajar Membaca Teks Bahasa Inggris

Untuk membaca teks (text) bahasa Inggris, salah satu hal penting yang perlu dicapai adalah kamu mampu memahami gagasan atau ide utama maupun tujuan yang terdapat dalam teks tersebut.

Di sisi lain, dengan membaca kamu dapat memahami penggunaan tanda baca dan makna diksi yang terdapat dalam teks. 

Tanda baca yang dimaksudkan seperti titik, koma, tanda tanya, tanda seru dan sebagainya. Sementara diksi adalah pilihan kata yang digunakan penulis untuk menyampaikan suatu tujuan. 

Contohnya, dalam teks terdapat kalimat yang menyatakan "I have to go" dan tidak menuliskannya dengan cara "I must go" walau terjemahnnya dalam bahasa Indonesia sama yaitu saya harus pergi, tetapi penggunaan dan tujuan yang tersirat dari dua kalimatnya berbeda. Artinya, penggunaan leksikal have to merupakan diksi (pilihan kata) dari penulisnya.

Selain itu, kamu juga wajib memiliki pengetahuan tentang arti kata-kata dalam bahasa Inggris. Gunakan dictionary (kamus) apabila tidak memahami artinya. Cara mengantisipasi jika dalam satu kalimat terdapat salah satu kata yang asing, yang tidak dapat dimengerti dan tidak ada bantuan kamus yakni dengan mencoba menafsirkannya melalui penjelasan kalimat sebelum dan setelahnya. Sedangkan apabila hanya terdiri dari satu kalimat saja, pahamilah maknanya berdasarkan konteksnya. Meskipun ini tidak selalu akurat, tetapi setidaknya dapat membantu pemahaman saat membaca teks.

Tips belajar membaca teks bahasa Inggris:

  • Hindari membaca teks dengan suara tersendat-sendat; apalagi jika sampai menambahkan bunyi "mm....". Itu terdengar buruk;
  • Baca teks dengan pelafalan yang tepat dan mudah dimengerti;
  • Hindari membaca teks terlalu cepat apalagi jika pelafannya tidak akurat;

Pahami teknik membaca teks dengan cepat:

1). Teknik Skimming. Skimming adalah teknik membaca untuk menemukan gagasan atau inti utama pada bacaan secara keseluruhan. Teknik ini dapat diterapkan jika ingin mengetahui bagian terpenting dalam teks dengan membaca garis besarnya saja.

Kamu dapat memulainya dengan membaca judul, paragraf pembuka, subjudul dan kesimpulannya. Dengan cara ini, kamu dapat mengetahui isinya secara menyeluruh meskipun hanya membaca sebagian teksnya. 

2). Teknik Scanning. Scanning adalah teknik membaca untuk mendapatkan informasi spesifik; yang langsung ke merujuk pada masalah/ kata kunci yang dicari. Setelah ditemukan, paragrafnya dibaca secara keseluruhan.

Kedua teknik tersebut dapat digunakan untuk membaca teks dengan cepat. 


4. Cara Belajar Menulis Teks Bahasa Inggris

Menulis teks bahasa Inggris perlu pengetahuan dasar yang dimulai dari mampu menulis kosakata, frasa, kalimat, klausa hingga pada sistem penulisan teks bahasa Inggris. 

Belajar bahasa Inggris
Pic. Karolina Grabowska (pixabay)


"Bagaimana cara cepat dan praktis untuk bisa menulis?"

Berikut caranya untuk pemula otodidak:

a). Gunakan Pena dan Kertas untuk menulis

Belajarlah menulis kata-kata yang ada dalam kamus. Tulislah satu kata sebanyak 20 unit di atas kertas. Setelah ditulis, silakan baca dan pahami arti, fungsi dan cara pelafalannya. Demikian juga dengan frasa, kalimat maupun klausa. Cara ini secara tidak langsung melatih kebiasaan mengingat simbol visual bahasa Inggris. 

b). Minta bantuan dikte dari orang lain 

Kamu boleh belajar menulis lebih baik dengan cara meminta orang lain mendiktekan kata atau teks bahasa Inggris dan kamu menulis apa yang disebutkan. Selain melatih kemampuan menulis, dengan pendiktean sekaligus melatih kemampuan mendengarkan. Silakan lakukan setiap kali kamu punya waktu luang dan sebaiknya setiap hari/sekali dua hari. 

c). Tulis ulang suatu teks panjang suatu kisah/cerita 

Menulis ulang teks juga dapat membantumu mengenal kata-kata yang terdapat dalam kisah/cerita yang dibuat oleh penulis sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk membiasakan diri menulis kata-kata, frasa, kalimat maupun klausa. Semakin sering melakukannya, semakin mudah dan cepat kamu menulis teks yang memiliki unit kata, frasa, kalimat atau klausa yang sama di kemudian hari. 

d). Tuliskan pengalaman pribadi

Menulis pengalaman sendiri dalam bahasa Inggris akan meningkatkan kemampuan menulis teks. Misalnya, menulis pengalaman ketika berkunjung ke suatu tempat unik, menarik atau menceritakan rutinitas sehari-hari melalui tulisan bahasa Inggris. 

e). Karang suatu cerita dalam bahasa Inggris

Dengan mengarang cerita, kamu akan terbiasa menulis. Buatlah cerita dengan teks yang banyak. Untuk tahap awal, tulis cerita sebanyak 1 paragraf saja. Selanjutnya, kembangkan lagi menjadi 2,3,4 paragraf atau lebih hingga menjadi suatu cerita/kisah yang menarik untuk dibaca.

f). Gambarkan seseorang, tempat atau sesuatu yang kamu sukai 

Dengan cara ini, kamu akan terbiasa menulis teks bahasa Inggris. Bahkan dengan ini, kamu bisa menjadi seorang penulis yang terampil di kemudian hari. Untuk belajar menulis, jangan lupa untuk mengoreksi kesalahan tulis baik terhadap ejaan, tanda baca dan lainnya yang dapat berpengaruh pada makna teksnya. 


Penutup

Demikianlah beberapa cara yang dapat bermanfaat bagi pemula otodidak untuk belajar bahasa Inggris.

Setiap pemula dapat melakukannya dengan cara melatih kemampuan berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis yang dapat dimulai dari hal-hal sederhana. Intinya adalah bahwa dengan belajar, siapapun pemula dapat meraih keberhasilan asalkan memiliki motivasi/ minat yang kuat, konsisten dan mampu menjalani proses.  

Post a Comment for "Belajar Bahasa Inggris Online, Otodidak, Cepat dan Praktis"