Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari untuk 2 Orang

Melalui artikel ini, kamu dapat mempelajari berbagai contoh percakapan Bahasa Inggris dengan cepat dan mudah meskipun baru pemula (bahkan otodidak sekalipun). Contoh percakapan ini dapat digunakan oleh 2 orang dalam kegiatan sehari-hari maupun di sekolah. Untuk itu, pelajarilah selengkapnya.



Di sini, kamu tidak hanya dapat menemukan contoh percakapan bahasa Inggris saja tetapi juga panduan untuk belajar sehingga kelak dapat membuat percakapan sendiri. Tentunya, untuk memulainya, kamu wajib tahu bagaimana cara mudah belajar bahasa Inggris

Sebenarnya, belajar bahasa Inggris itu tidak sesulit yang kamu bayangkan. Hanya saja, kebanyakan orang  menganggapnya sulit tetapi minat untuk belajar pun tidak ada sama sekali. Yah, memang itu pantas saja terjadi. Dengan kata lain, jika kamu sungguh-sungguh belajar mustahil tak dapat kamu mengerti. 

Itulah mengapa belajar itu penting. Selain itu, dengan belajar kita pun dapat mengembangkan ide yang lebih kreatif dan unik dari yang lain. Biasanya, orang-orang yang suka belajar akan lebih mudah berkembang dan memiliki kualitas pengetahuan yang lebih baik. 

Sekarang ini, pelajar di sekolahan sangat beruntung dengan kemajuan teknologi yang dapat mendukung perolehan ilmu dan pengetahuan tambahan. Misalnya, sekarang ini kamu sudah memiliki telepon seluler yang dapat mengakses internet. Dengan itu, kamu pun dapat belajar bahasa Inggris secara online kapan pun sehingga waktu luang di rumah bermanfaat. 

Baiklah, sekarang pelajarilah berbagai contoh percakapan bahasa Inggris berikut ini.


1. Bertemu dan Berkenalan dengan Seseorang

Dialog Bahasa Inggris Sehari-hari
Source: pixabay.com

Apabila kamu bertemu dengan seseorang yang belum pernah kamu kenal sebelumnya, kamu dapat menggunakan percakapan Bahasa Inggris berikut ini:

Kamu: Hi, I am Anna. Glad to meet you. (Hai, aku Anna. Senang bertemu denganmu). 

Spears: It's a great name. I am Spears. Glad to meet you, too. (Nama yang bagus. Aku Spears. Senang bertemu denganmu, juga).

Kamu: Today is sunny, really a good day. Where are you going? (Hari ini cerah, sungguh hari yang bagus. Mau pergi ke mana?). 

Spears: Yeah, I think so. I am going to Ya'ahowu market, Gunungsitoli. What about you? (Yah, aku rasa begitu. Aku mau pergi ke pasar Ya'ahowu, Gunungsitoli. Kalau kamu?

Kamu: I am going to Charitas mini market. I want to buy for my little brother a packet of biscuits. (Aku akan ke pasar mini Charitas. Aku mau membelikan untuk adek kecilku sebungkus roti.

Spears: It sounds good. My hello to your little brother. He must be waiting for you to come home, then. By the way, where do study? (Bagus. Salam untuk adik kecilmu. Dia pasti sedang menunggumu pulang, kalau begitu. Ngomong-ngomong, di mana kamu bersekolah?

Kamu: I study at SMP swasta Bunga Mawar. I am in the eighth grade. How about you? (Aku sekolah di SMP swasta Bunga Mawar. Aku kelas delapan. Kalau kamu?

Spears: I have just graduated from Junior High School. So, now, I am studying at SMA Negeri 1 Gunungsitoli and majoring in Ilmu Pengetahuan Sosial. (Aku baru saja lulus dari SMP. Jadi, sekarang, aku bersekolah di SMA Negeri 1 Gunungsitoli dan mengambil jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial). 

Kamu: Great! Let's go, then. (Mantap. Kita berangkat kalau begitu). 

Spears: Okay. (Oke

Berdasarkan percakapan di atas, setidaknya kamu dapat mengerti bahwa keduanya masih pelajar. Mereka sedang pergi ke pasar untuk berbelanja. Nah, kamu pun dapat berlatih bercakap berbahasa Inggris dengan mengganti nama tempat dan nama orang dalam percakapannya.


2. Meminta Tolong Kepada Teman 

Anna: Hello, Spears. How are you doing? (Halo, Spears. Bagaimana kabarmu?

Spears: Hello, Anna. I am doing very well. And you? (Halo, Anna. Kabar baik. Dan kamu?

Anna: I'm good. Thanks. (Kabar baik. Terima kasih.)

Spears: Where are you going? You look so tired. (Mau kemana? Kamu kelihatan capai sekali.)

Anna: I am going to the North. Unfortunately, my motorcycle ran out of gas. I have not brought any money from home. I will appreciate any help you can provide to me. (Aku mau ke utara. Sayangnya, sepeda motorku kehabisan bensin. Aku belum membawa uang dari rumah. Aku akan menghargai apapun bantuan yang dapat kamu sediakan untukku.)

Spears: What can I do for you? (Apa yang bisa kubantu?

Anna: Do you mind if I borrow your money for twenty thousand Rupiahs?  (Apakah kamu keberatan jika aku meminjam uangmu sebesar Rp 20.000?

Spears: Okay, please wait a moment.  (Baiklah, silakan tunggu sebentar.

Anna: Okay, Spears. (Ok, Spears). 

Spears: Here you go, Anna. (Ini, Anna.)

Anna: Many thanks, Spears. I'll pay off my debt tomorrow. (Terima kasih banyak, Spears. Aku akan melunasi utangku besok.)

Spears: What...?! Do you want to pay it off? No! You don't need to do that. Have a nice day. Take care! (Apa...?! Mau melunasinya? Tidak! Tidak perlu melakukan hal itu. Semoga harimu menyenangkan. Hati-hati!)

Anna: I don't know how to thank you so much, Spears. You're really a good friend. (Aku tak tahu bagaimana harus berterima kasih kepadamu, Spears. Kamu sungguh teman yang baik.) 

Spears: My pleasure. (Sama-sama)

Anna: See you around, Spears! (Sampai jumpa lagi, Spears!)

Spears: See you, too. (Sampai jumpa)


Berdasarkan percakapan di atas, dapat dikatakan bahwa kegiatan percakapan tersebut berlangsung antara Anna dan Spears, yang mana Anna yang ingin pergi menuju bagian utara ternyata bensin kendaraannya habis dalam perjalanan. 

Oleh sebab itu, dia pun minta bantuan kepada Spears, seorang temannya yang secara kebetulan rumahnya dekat dari tempat kejadian.  

Salah satu contoh ungkapan minta tolong yang terdapat dalam percakapan mereka yakni "Do you mind if I borrow....?" 

Kamu boleh berlatih dengan percakapan tersebut bersama dengan teman anda baik di rumah maupun di sekolah. 

Selanjutnya, mungkin anda bertanya. Bagaimana juga kalau topiknya mengenai permohonan maaf. Untuk topik ini akan dicontohkan dalam percakapan berikut.


3. Permohonan Maaf (Apology) 

Pada suatu hari, Spears sedang duduk bersama Anna di rumahnya. Mereka bercerita tentang mata pelajaran di sekolah, dan kegiatan sehari-hari.

Berselang beberapa waktu kemudian, Spears ingin membaca buku dan meminta izin sebelumnya kepada Anna sebagai tuan rumah. 

Tak lama kemudian, Anna pun menyalakan televisi di rumahnya dan memainkan musik kesayangannya. 

Spears: Hey, Anna. Please...It's so noisy. (Hei, Anna. Tolonglah....itu berisik sekali). 

Anna: (singing....) What did you say? ((Sedang bernyanyi....) Apa yang kamu katakan?)

Spears: Can you turn it down? Oh, my gosh! You are really annoying, Anna. I'll go home, then.  (Bisakah kamu mengecilkannya? Astaga! Kamu benar-benar menyebalkan, Anna. Aku pulang saja kalau begitu.)

Anna: Spears? Where are you going? (Spears? Mau ke mana?

Spears: I think I'd go home. My father has already texted me. Bye for now. (Saya pikir aku sebaiknya pulang ke rumah. Ayahku telah mengirimi aku pesan/SMS. Sampai ketemu.)

Anna: I am sorry, Spears. (Aku minta maaf, Spears.)

Spears pulang ke rumahnya dan Anna pun merasa bersalah. Beberapa jam kemudian, dia mencoba menghubungi Spears melalui sambungan telepon seluler. 

Anna: Hello, Spears. (Halo, Spears.)

Spears: Yup, Anna. What's up? (Ya, Anna. Ada apa?)

Anna: Nothing serious. But, I sincerely apologize for my unpleasant behavior. I hope you can forgive me, friend. (Biasa saja. Tetapi, aku sungguh minta maaf atas perbuatanku yang tidak menyenangkan. Aku harap kamu dapat memaafkanku, teman.

Spears: Alright, then. It doesn't matter. You and I are good friends. (Baiklah kalau begitu. Itu tidak masalah. Kamu dan aku adalah teman baik)

Anna: Thank you, friend. See you tomorrow morning. (Terima kasih, sob. Sampai bertemu esok pagi.)

Spears: Okay, Anna. See you, too. (Oke, Anna. Sampai bertemu, juga).


4. Membeli Sesuatu 

Anna adalah seorang pemilik toko elektronik dan sekaligus penjualnya. Suatu hari, seorang perempuan yang bernama Spears datang untuk berbelanja di toko tersebut.

Anna: Good morning, miss. Can I help you? (Selamat pagi, kak. Apa yang boleh saya bantu?)

Spears: I am looking for a Smart TV. Do you sell it? (Aku sedang mencari Smart TV. Apakah kamu memjualnya?

Anna: The Smart TVs were sold out, nothing left. How about Android TV? You may like it. (Smart TV habis terjual, tidak ada yang tersisa. Bagaimana dengan TV android? Mungkin kamu tertarik melihatnya.

Spears: Let's see. (Bolehlah). 

Anna: Here it is. This is the new one. Let me switch it on. (Ini dia. Ini adalah barang baru. Biar aku nyalakan.

Spears: Wow. That's really good. I like it. How much? (Wow. Itu bagus banget. Aku suka itu. Berapa harganya?

Anna: It costs seven million Indonesian Rupiahs (IDR). (Itu harganya tujuh juta Rupiah.)

Spears: Can be bargained? (Dapat ditawar?

Anna: Of, course. (Tentu saja)

Spears: How about six million? (Bagaimana kalau enam juta?

Anna: Okay. Here it is, miss. (Oke. Ini, nona

Spears: Thanks. (Terima kasih).

Anna: You're welcome. We hope you'll come back here again. Have a nice day! (Terima kasih kembali. Kami berharap kamu akan kembali ke sini lagi. Semoga harinya menyenangkan!)

Spears: See you! (Sampai bertemu kembali!).

Anna: See you, too! (Sama-sama!).


5. Menanyakan Alamat 

Anna: Where do you live? (Di mana kamu tinggal?

Spears: I live on Jl. Diponegoro no. 1. (Aku tinggal di Jl. Diponegoro no. 1

Anna: How far is it from here? (Seberapa jauh dari sini?

Spears: It's about 14 kms from here. You can reach it for 20 minutes by bus. (Sekitar 14 km dari sini. Kamu bisa mencapainya selama 20 menit perjalanan dengan naik bus). 

Anna: Alright, then. See you later. (Baiklah, kalau begitu. Sampai jumpa nanti)

Spears: See you, too. (Sampai jumpa). 


6. Menanyakan waktu 

Spears: Hi, Anna. What time is it? (Hai, Anna. Pukul berapa sekarang?

Anna: It's a quarter to ten. Do you have an appointment this morning? (15 menit lagi pukul 10. Ada janjian pagi ini?). 

Spears: Yes. I have to meet my cousin at a hospital. He's suffering from fever. (Ya. Aku harus menjenguk sepupuku di rumah sakit. Dia sedang menderita deman.)

Anna: I am sorry to hear that. (Turut prihatin).


7. Menanyakan Kisah Liburan 

Seminggu yang lalu, Anna dengan keluargannya pergi berlibur ke Pantai Sorake, Nias Selatan. Sepulang dari sana, dia pun menceritakan pengelamannya kepada seorang teman baiknya yang bernama Spears. 

Spears: Hi, Anna. How have you been doing? (Bagaimana saja kabarmu?

Anna: Yup, very well, Spears. Thanks! You? (Ya, sangat baik, Spears. Terima kasih! Kamu?

Spears: Doing well, Anna. How was your vacation in Sorake beach? Can you tell me? (Kabar baik, Anna. Bagaimana liburanmu di Pantai Sorake? Bisa kamu ceritakan samaku?

Anna: Okay, Spears. I'll tell you about my vacation last week.  It was on Saturday morning when I went to South Nias with my family. Before arriving at Sorake, we stopped briefly at a restaurant in Telukdalam town for lunch, that day. Then, we drove to Sorake beach. We enjoyed our days over there. We swam, surfed and sang together. After spending two days, we went home. (Oke, Spears. Aku akan menceritakan tentang liburanku minggu yang lalu. Itu hari sabtu sore ketika aku pergi ke Nias Selatan bersama keluargaku. Sebelum tiba di Sorake, kami singgah sejenak di rumah makan di kota Telukdalam untuk makan siang kala itu. Selanjutnya, kami pergi ke Pantai Sorake. Kami menikmati hari-hari kami di sana. Kami berenang, berselancar dan bernyanyi bersama. Setelah menghabiskan waktu selama dua hari, kami pun pulang ke rumah.)

Spears: Sounds interesting! I wish I were in Sorake. Uhm...someday, I'll be there. (Kedengarannya menarik! Andaikan aku di Sorake. Ah..suatu hari nanti, aku akan di sana.



Itulah beberapa contoh percakapan bahasa Inggris sehari-hari yang diperankan oleh dua orang pembicara. 

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari untuk 2 Orang"