Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Begini Kerjanya, Salah Satu Sekolah Penggerak di Nias Selatan

Ingin tahu bagaimana sekolah yang dapat memaksimalkan potensi akademik dan non-akademik peserta didik? 

Ulasan ini tentunya dapat membantu anda memahaminya lebih lanjut.

Tetapi sebelum lanjut, perlu diketahui bahwa semua sekolah yang resmi merupakan lingkungan pendidikan formal yang dapat dinyatakan bagus bagi setiap peserta didik untuk menuntut ilmu pengetahuan. 

Yang terpenting itu adalah bagaimana mereka menciptakan manusia-manusia unggul, cerdas, berakhlak mulia, berkarakter dan mampu berinovasi melalui pendekatan maupun metode yang digunakan oleh guru-guru hebat di sekolah. 
 
Sebab, setiap siswa memiliki gaya belajar, latar belakang pengetahuan maupun potensi diri yang unik; yang tidak boleh sepenuhnya dianggap sama. 

Misalnya saja jika seorang siswa cederung termotivasi untuk belajar lebih giat ketika dapat bergabung dengan teman-temannya yang berbakat dalam bidang seni pertunjukan. Tentunya, hal ini perlu diperhatikan dan didukung selagi dianggap bermanfaat.

Tetapi, tenang. 

Saat ini, banyak sekolah yang telah memulainya. 

Seperti halnya di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Nias Selatan yang hingga sekarang ini tetap berupaya mempertahankan kualitas pendidikan serta mendukung pengembangan potensi diri yang dimiliki oleh para murid.

Terlebih lagi, sekolah ini telah menggunakan kurikulum merdeka pada kelas-kelas termudanya sehingga memudahkan pendidik menerapkan pembelajaran yang lebih mendalam, sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan fokus pada penguatan karakter. 

Lebih lanjut, sekolah ini pun telah mengaplikasikan sistem Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam pembelajaran.

Dalam kaidahnya, P5 ini menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. 

Dengan kata lain, pendekatan ini membuat pembelajaran berpusat pada siswa (student-centered). 

Tujuan utamanya ialah untuk memampukan peserta didik melakukan suatu investigasi mendalam terhadap suatu topik sehingga mereka dapat berpikir kreatif dalam memunculkan ide-ide unik yang baru. 

Praktek P5 SMP Negeri 1 Telukdalam
Kegiatan P5

Sementara itu, untuk dapat mengembangkan bakat lain yang dimiliki, peserta didik juga diberikan peluang untuk mengambil bagian dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler sekolah. 

Berikut adalah beberapa jenis kegiatan ekstrakurikuler ataupun organisasi yang dapat diikuti oleh peserta didik di sekolah tersebut:
  1. Seni pertunjukan (khususnya seni tari baik tarian tradisional maupun modern), 
  2. Pemain alat musik tradisional Nias, 
  3. Pasukan Pengibar Bendera Sekolah (PASKAS), 
  4. Praja Muda Karana (PRAMUKA), 
  5. Marching Band sekolah, 
  6. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), dan beberapa kegiatan lainnya yang dianggap dapat mendukung pencapaian peserta didik dalam belajar.

Nah, untuk seni pertunjukan, khususnya tarian tradisional, peserta didik akan dibina untuk mempelajari tarian tradisional Nias, Ono Niha.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mempertahankan nilai-nilai yang terkandung dari budaya daerah setempat yang dianggap layak untuk digenerasikan.

Penari Tradisional Nias


Tari Tradisional Nias
Model: Brilliant Duha - Milcha C. Bali

Untuk melatih dan mengembangkan kemampuan khusus/bakat para peserta didik di bidang seni, pihak sekolah ini pun turut menghadirkan tenaga pendidik yang berlatar belakang pendidikan seni pertunjukan, khususnya seni tari.

Artinya, upaya pengembangan bakat ini mendapat dukungan baik dari pihak sekolah. 

Menarik, bukan? 

Umumnya, kegiatan seperti ini ada beberapa hal yang bisa mereka peroleh, antara lain melatih diri agar terbiasa tampil percaya diri di depan publik, melatih ketangkasan gerak fisik dan pikiran, mengenal cara berkontribusi dalam tim, dan lainnya. 

Semuanya bertujuan untuk membantu membangun potensi setiap peserta didik supaya menjadi lebih baik dan unggul.

Nah, berbicara mengenai tarian tradisional Nias, ada hal-hal yang perlu diketahui bersama.

Pertama, kaum laki-laki biasanya dilatih untuk memerankan beberapa tarian khas daerah seperti Tari Faluaya atau juga bisa menjadi pemain alat musik tradisional. 

Sedangkan, penari perempuan biasanya dilatih untuk tari Fogaele, Sou Bagoa dan lainnya.

Tari Sou Bagoa Nias Selatan
Tari Sou Bagoa

Sementara itu, bagi peserta didik yang tertarik dalam bidang musik, peralatan tradisional juga telah disediakan. 

Peralatan dimaksud adalah seperti Doli-doli yang terbuat dari kayu, dan lainnya.

Alat Musik Tradisional Nias
Alat Musik Tradisional Nias

Pasukan Pengibar Bendera Sekolah (PASKAS) 

Pasukan Pengibar Bendera Sekolah ini juga sering dikatakan sebagai Paskibra yang tujuan utamanya adalah untuk menanamkan semangat nasionalisme dan patriotisme, menumbuhkan sikap cinta tanah air dan bangsa, serta sikap jasmani yang tegas dan tangkas kepada peserta didik.

Faktanya, di sekolah ini juga memiliki bibit-bibit unggul dan terampil dalam bidang tersebut. 

Terlatih dalam peraturan baris-berbaris serta dapat menampilkan formasi-formasi menarik bersama tim. 

Mereka semua dilatih dan dibina oleh guru-guru berpengalaman. 

Apa sih yang bisa siswa peroleh dari kegiatan ini? Bermanfaatkah?

Ya, tentu saja. 

Beberapa hal yang bisa diperoleh yaitu: melatih diri menjadi seorang yang disiplin, melatih kekuatan fisik dan mental, jiwa kepemimpinan, dan tentunya juga dapat melatih diri untuk dapat berkolaborasi dalam tim. 

Sederhana tetapi bermanfaat. 

Pasukan Penggerek Bendera
Pasukan Pengibar Bendera Sekolah


Mereka yang sudah menjadi bagian dari kegiatan sekolah ini biasanya berkarakter, disiplin dan punya semangat kuat. 

Tahukah anda? 

Masa muda yang terampil dan disiplin akan sangat membantu perkembangan dan pencapaian seorang peserta didik dalam meraih cita-cita.

Paskibra SMP Negeri 1 Telukdalam
Pasukan Pengibar Bendera Sekolah

Selain menjadi pasukan pengibar bendera sekolah, alternatif lainnya juga ada yaitu menjadi bagian dari pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah atau yang lebih dikenal dengan sebutan OSIS. 

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) 

Peserta didik pun boleh mengambil bagian dalam organisasi internal sekolah seperti OSIS. Di sini, solidaritas, kemandirian, dan jiwa kepemimpinan dianggap penting. 

Peserta didik yang masuk dalam organisasi ini biasanya dididik dan dilatih untuk bisa menjalankan suatu misi bermanfaat di bawah bimbingan pihak sekolah.

Tak heran jika mereka yang masuk dalam OSIS ini biasanya orang-orang yang terampil, cerdas dan berani tampil di depan umum. 

PRAMUKA (Praja Muda Karana) 

Sesuai dengan namanya, organisasi Pramuka ini adalah organisasi yang mendukung terwujudnya jiwa-jiwa muda yang gemar berkarya. 

Organisasi ini pun berada di bawah naungan OSIS; demikian halnya dengan PASKAS yang telah dibahas sebelumnya.

Pramuka SMP Negeri 1 Telukdalam
Praja Muda Karana


Di sini, setiap peserta didik dilatih untuk bisa menjadi seorang yang berjiwa tangguh, mampu berkarya dengan baik dan mencintai indahnya kehidupan di alam. 

Sesuai dengan tujuannya, gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki berkecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan.

Sekolah ini pun memfasilitasi berbagai kegiatan kepramukaan yang dapat bermanfaat bagi peserta didik maupun pihak lain yang ikut terlibat di dalamnya.

Lalu, masih adakah kegiatan lain yang bisa diikuti oleh peserta didik di sekolah ini? 

Ya, pilihan lainnya adalah menjadi bagian dari kegiatan Marching Band sekolah.  

Marching Band Sekolah

Kegiatan ekstrakurikuler Marching Band ini pun ternyata banyak yang meminatinya. Sejumlah peserta didik telah mengambil bagian di dalamnya. 

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan terhadap kegiatan pengembangan seni musik dan kreatifitas.

Marching Band SMP Negeri 1 Telukdalam
Marching Band Sekolah


Secara sosial, manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan seperti ini yaitu dapat meningkatkan hubungan sosial, pencapaian tim, keterampilan diri dan rekreasi. 

Sekolah ini pun telah menyediakan sejumlah peralatan/perlengkapan untuk kegiatan Marching Band. Menariknya lagi, mereka memiliki sejumlah personil yang terampil dan siap berperan dalam suatu pertunjukan kapanpun dibutuhkan.

Terkesan dengan sekolah ini? 

Sekolah ini bernama SMP Negeri 1 Telukdalam yang secara administratif berada di bawah naungan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan. Kepala Sekolah: Fridawati Maduwu, S.Pd.

Secara geografis, sekolah ini terletak di wilayah kelurahan pasar Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan. Alamat resminya: Jl. R. A. Kartini No. 20 Telukdalam. 

Jika menggunakan kendaraan bermotor, lokasi sekolahnya dapat ditempuh sekitar 1 menit perjalanan dari titik pusat kota.

Sayangnya, dari berbagai keunggulannya, terdapat kelemahan yang patut diperhatikan yaitu terbatasnya jumlah unit ruangan kelas untuk penerimaan peserta didik baru. 

Yang memungkinkan calon peserta didik tidak mendapat tempat lagi setelah kuota kelas penuh.

Meskipun demikian, hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik, bermutu dan inovatif.

Masih juga mikir? 

Ayo, bergerak bersama sekolah penggerak!

SMP Negeri 1 Telukdalam
SMP Negeri 1 Telukdalam


Akhir kata, diucapkan terima kasih.


Perhatian: Publikasi artikel ini menggunakan berbagai foto dari sekolah terkait. Tidak diizinkan digunakan oleh pihak lain tanpa persetujuan dari penulis www.criss-jp.com dan/atau pihak SMP Negeri 1 Telukdalam