Ini 45+ Inspirasi Nama Bayi atau Anak dalam Bahasa Nias

Inspirasi nama unik bahasa Nias


Memberikan nama unik untuk si buah hati yang baru lahir terkadang menyulitkan bagi sebagian orangtua yang belum mendapatkan istilah yang dianggap tepat. 

Bukan tanpa alasan, pemberian nama ini umumnya merupakan bagian dari doa restu orang tua dan keluarga besarnya kepada si anak. 

Sehingga bisa saja membutuhkan waktu berhari-hari untuk memikirkannya. Belum lagi jika mengharapkan istilah nama anak yang mudah dimengerti, menarik diucapkan dan mengandung makna kebajikan atau lainnya. 

Untuk itu, jika anda sedang mengalami hal serupa, tak perlu khawatir.

Di bawah ini, terdapat beberapa istilah unik, menarik dan populer dari bahasa Nias. Mungkin saja, salah satunya dapat menjadi inspirasi terbaik untuk nama anak laki-laki, perempuan atau putra-putri kesayangan anda.


Inspirasi Nama Unik dalam Bahasa Nias 

1. Afuni

Afuni adalah istilah bahasa Nias yang berarti "harapkan, idamkan atau dambakan". 

Kata ini pada dasarnya memiliki bentuk kata benda dalam dialek utara yakni afu-afu (harapan) yang bersinonim dengan Tönafö

Sayangnya, kata afuni sangat jarang digunakan oleh penutur Li Niha sekarang ini dan bahkan banyak yang sudah tidak memahami lagi arti sesungguhnya.

Istilah ini sesuai digunakan untuk melabeli seorang bayi atau anak perempuan yang dilahirkan dengan penuh kasih dan harapan oleh kedua orang tuanya. 

2. Amonita 

Amonita adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Kudusan". Istilah ini dapat digunakan sebagai nama untuk bayi (anak) perempuan yang cantik jelita. 

Nama yang sangat bermakna untuk seseorang yang dianggap dikuduskan.


3.  Amizaro 

Amizaro adalah istilah dalam bahasa Nias yang berarti "yang kukuh, kuat, teguh atau bersatu itu nikmat". 

Istilah ini sangat populer dan banyak digunakan sebagai nama orang di Pulau Nias. 

Nama ini lebih tepat digunakan untuk anak laki-laki yang dianggap tangguh, teguh dalam pendirian, suka bersahabat dan berbaur dengan masyarakat. 


4.  Anötöna 

Anötöna adalah istilah bahasa Nias yang berarti "berharap". 

Istilah ini sesuai digunakan untuk nama anak laki-laki untuk menggambarkan dirinya sebagai seseorang yang dapat berharap memperoleh sesuatu hal yang istimewa dalam kehidupannya.


5. Aroziduhu 

Aroziduhu adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Yang benar itu kuat/tak tergoyahkan". 

Nama ini cukup populer di kalangan masyarakat Nias. Biasanya, digunakan untuk anak laki-laki. 

Dengan nama tersebut, seseorang digambarkan memiliki sifat yang teguh terhadap kebenaran. Maknanya cukup bagus dan menarik.


6.  Arosökhi 

Arosökhi adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Kukuh/teguh baik". Istilah nama ini merupakan gabungan dari dua kata, yaitu Aro (kukuh) dan Sökhi (baik). 

Ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Nias pada umumnya. Sebab, Arosökhi telah menjadi salah satu nama yang banyak digunakan sebagai identitas seseorang. 

Dengan nama ini, seeeorang dilekatkan gambaran sifat diri yang kukuh maupun kuat. Menariknya, pemilik nama diharapkan dapat menjadi seseorang yang menyukai kebajikan selama hidupnya. Wah, ini keren, bukan? 


7. Arozisökhi

Arozisökhi adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Kekukuhan yang baik". Dengan istilah ini, menggambarkan perilaku seseorang yang tak tergoyahkan pada kebajikan. 

Umumnya, nama ini dilekatkan pada diri seorang anak laki-laki. 


8. Arofati

Arofati adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Teguh percaya (~ dalam iman)". 

Selain arofati, istilah sarofati juga sering digunakan sebagai gantinya. Tetapi, keduanya memiliki makna yang sama. 

Jadi, seseorang yang memiliki nama Arofati atau Sarofati menggambarkan dirinya sebagai sosok yang teguh dan percaya dalam imannya, membawa kabar baik dan gembira untuk semua orang.


9. Arota 

Arota adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Kukuhan". 

Ini juga banyak digunakan sebagai nama orang bersuku Nias hingga sekarang terutama laki-laki. 

Apa maknanya? 

Tentunya dengan nama dari istilah Arota, seseorang digambarkan memiliki prinsip atau kepribadian yang dapat menjadi kukuhan.


10. Arozato 

Arozato adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Kukuh bersama dengan masyarakat (orang banyak); yang bersatu itu kuat". 

Istilah ini juga sering digunakan sebagai nama laki-laki di Pulau Nias yang dapat menunjukkannya sebagai seseorang yang bersifat kukuh, bersahabat, dan dekat dengan masyarakat (orang banyak).


11. Arozatulö 

Arozatulö adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Teguh dalam kebenaran". 

Istilah ini pun cukup populer dan umumnya banyak digunakan sebagai nama laki-laki dalam suatu keluarga Nias. Sebab, nama ini dapat menunjukkan seseorang yang selalu berpegang teguh dalam suatu kebenaran, kearifan, dan kebijaksanaan.


12. Bezatulö 

Bezatulö adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Bertindak setulus hati/ dalam kebenaran". 

Istilah ini dapat menunjukkan kepribadian seseorang yang mengedepankan perbuatan atau tindakan yang selalu dilakukan dengan setulus hati dan juga berdasar pada suatu kebenaran yang dapat diterima oleh orang banyak. 

Nama ini sangat sesuai dilekatkan kepada seorang laki-laki.


13. Bezisökhi 

Bezisökhi adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Perbuat/berikan yang terbaik". 

Istilah ini umumnya digunakan untuk nama laki-laki yang diharapkan dapat menjadi seorang teladan baik bagi masyarakat luas. Misalnya, selalu berupaya melakukan tindakan-tindakan terpuji, menjunjung tinggi segala perbedaan, tidak menyakiti sesama dan lainnya. 


14. Dalinama 

Dalinama adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Biarlah sesuai kehendak Tuhan". 

Istilah ini merupakan gabungan dari dua kata yaitu Dali (terserah) dan Nama (Bapa Surgawi/Tuhan). Dengan Dalinama, seseorang didambakan untuk dapat beroleh kehidupan masa depan sesuai dengan kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Dengan kata lain, menggunakan nama ini menyiratkan suatu harapan untuk si anak agar bisa menjadi pribadi yang bertaqwa kepada Tuhan, beriman, tegar dan selalu bersyukur dalam segala hal yang telah dilalui. Sebab, semua yang terjadi telah seizin Tuhan. Pahit manisnya perjalanan kehidupan bukanlah alasan untuk berpaling dari ucapan syukur.


15. Dela 

Dela adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Yang menjadi perantara atau penghubung". 

Istilah ini mengandung makna yang menempatkan seseorang sebagai bagian penting yang dapat menyatukan atau menghubungkan berbagai pihak.

Ini sangat sesuai digunakan sebagai nama untuk anak perempuan.

 

16. Delasiga 

Delasiga adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Perantara yang keren/tangguh". 

Istilah ini dapat digunakan sebagai nama untuk anak laki-laki maupun perempuan. 

Nama ini menunjukkan seseorang memiliki keahlian khusus atau pengaruh kuat yang dapat diandalkan untuk menyelesaikan suatu masalah. Juga, dapat dikatakan sebagai seorang patriot yang tangguh untuk mewujudkan misi tertentu hingga berhasil.

Nah, ini salah satu nama keren dan menarik untuk si buah hatimu. 


17. Duhusökhi 

Duhusökhi adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Sungguh baik". 

Istilah ini menunjukkan seseorang memiliki perilaku baik terhadap sesama manusia dan membawa kedamaian. 

Umumnya, Duhusökhi digunakan sebagai nama untuk anak laki-laki di Pulau Nias.


18. Foni 

Foni adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Berikan perlindungan/jagai". 

Istilah ini termasuk salah satu kata yang sudah jarang diucapkan dalam percakapan sehari-hari karena kekurangpahaman.

Meski begitu, Foni tetap merupakan kata asli bahasa Nias yang memiliki makna. Kata relevan lainnya adalah moni-moni (yang menjadi pelindung) atau monita (yang menjadi lindungan/yang dilindungi) dan fonita (penjagaan).

Kalau begitu, foni dapat menunjukkan seseorang yang dianggap dapat memberikan perlindungan atau menjagai.


19. Foarota 

Foarota adalah istilah bahasa Nias yang berarti "berikan/buatkan kukuhan". 

Istilah ini sering digunakan sebagai nama untuk anak laki-laki di Pulau Nias. Sesuai dengan namanya, seseorang digambarkan memiliki kemampuan/kekuasaan dalam mengukuhkan sesuatu hal. 


20. Fanötöna 

Fanötöna adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Pengharapan". 

Istilah ini juga sering digunakan sebagai nama untuk anak laki-laki. Nama ini menunjukkan seseorang yang menjadi harapan bagi kedua orangtua maupun keluarganya.


21. Foahonoa 

Foahonoa adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Tetapkan/berikan kepastian". 

Istilah ini juga banyak digunakan sebagai nama untuk anak laki-laki. Dengan ini, seseorang digambarkan memiliki sifat khas yaitu menyukai suatu kepastian/tidak ingin diombang-ambingkan.


22. Fotani

Fotani adalah istilah bahasa Nias yang bermakna "Tetapkan tujuan". 

Istilah ini menggambarkan seseorang yang suka berpikir kritis tentang ketetapan suatu tujuan sebelum mulai bertindak. Sebab baginya, bertindak tanpa tujuan hanyalah perbuatan yang sia-sia. 

Istilah ini dapat diberikan sebagai nama untuk anak perempuan maupun laki-laki.


23. Haga 

Haga adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Terang, cahaya atau sinar". 

Istilah ini biasanya digunakan sebagai nama untuk anak laki-laki. Tetapi, tidak tertutup kemungkinan untuk anak perempuan.

Nama ini menunjukkan seseorang sebagai terang kehidupan baik untuk keluarganya maupun untuk masyarakat luas.


24. Lakhömizaro 

Lakhömizaro adalah istilah bahasa Nias yang berasal dari Lakhömi (wibawa  kemuliaan) dan Zaro (yang kuat/kukuh/tak tergoyahkan). Selain itu, secara kebahasaan Nias, Zaro merupakan variasi dari bentuk dasar Saro

Dengan demikian, Lakhömizaro dapat diartikan sebagai wibawa/kemuliaan yang tak tergoyahkan.

Biasanya istilah ini digunakan sebagai nama untuk anak laki-laki, yang mana nama ini menunjukkan seseorang yang memiliki pengaruh kuat dalam kehidupan sosial, sehingga selalu beroleh kemuliaan yang melekat pada dirinya. 


25. Mohaga

Mohaga adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Bersinar, bercahaya". 

Istilah ini sangat cocok dinamakan kepada anak laki-laki untuk menggambarkan dirinya sebagai seorang yang telah bersinar terang. 


26. Moni 

Moni adalah istilah bahasa Nias yang dapat diartikan sebagai "Yang menjadi pelindung"; yang berasal dari kata moni-moni. 

Istilah ini dapat menjadi nama yang bagus untuk seorang anak perempuan, si buah hati anda.


27. Monita 

Monita adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Yang dilindungi". Ini termasuk variasi lain dari kata moni-moni (yang melindungi/pelindung).

Istilah ini sangat sesuai digunakan sebagai nama untuk anak perempuan. Selain maknanya yang menarik, Monita juga dapat menjadi nama yang cantik untuk si buah hati anda.


28. Motani 

Motani adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Bertujuan/memiliki haluan". 

Istilah ini biasanya digunakan sebagai nama untuk anak perempuan atau laki-laki di Pulau Nias. Selain itu, nama ini menggambarkan seseorang yang memiliki tujuan hidup.


29. Masi 

Masi adalah istilah bahasa Nias yang bermakna "Tanda kasih". 

Istilah ini relevan dengan kata ulang Masi-masi. Contoh dalam kalimat: Ya'e masi-masigu khömö (Ini adalah tanda kasihku untukmu). 

Biasanya, Masi digunakan sebagai nama untuk anak perempuan. Selain itu, namanya juga dapat menggambarkan dirinya sebagai tanda kasih yang telah dianugerahkan kepada keluarganya.


30. Ononiha 

Ononiha adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Seseorang yang beridentitas suku Nias". Istilah ini ditulis dalam satu kata saja (tidak perlu dipisahkan).

Ini dapat menjadi pelengkap nama yang cukup keren sebelum marga. Dapat digunakan kepada anak perempuan maupun laki-laki untuk mencirikhaskan dirinya sebagai seorang Nias. 

Contoh: 

  • Ichi Ononiha Harefa,
  • Albert Ononiha Zebua,
  • Vanesa Ononiha Lase.


31. Rara 

Rara adalah istilah bahasa Nias yang bermakna "Hibur, tenangkan". 

Rara dapat menjadi nama yang cukup cantik untuk anak perempuan anda. Sebab, dengan nama ini, ia digambarkan sebagai seseorang yang dapat menjadi penenang pada masa sulit atau duka.


32. Saro 

Saro adalah istilah bahasa Nias yang bermakna "Yang kuat, teguh, kukuh". 

Istilah ini cukup populer dan telah banyak digunakan sebagai nama anak laki-laki di Pulau Nias. 

Pada prinsipnya, seseorang yang bernama Saro adalah sosok yang berjiwa kukuh atau tidak mudah digoyahkan.


33. Siga 

Siga adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Keren, tangguh, tampan, luar biasa, atau mantap". 

Istilah ini dapat menjadi alternatif nama yang unik dan menarik untuk seorang anak lelaki maupun perempuan.

Dengan nama ini, seseorang digambarkan memiliki hal yang luar biasa dalam dirinya. 


34. Sio 

Sio adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Tongkat, penolong". Istilah ini dapat menjadi nama yang unik untuk si buah hati anda, baik anak laki-laki maupun anak perempuan. 

Dengan nama ini, ia digambarkan sebagai sosok yang menjadi tongkat/penolong bagi banyak orang. 


35. Sohaga 

Sohaga adalah istilah bahasa Nias yang memiliki terjemahan "Yang bercahaya, yang bersinar". 

Istilah ini dapat menjadi nama cantik untuk anak perempuan maupun anak laki-laki. 

Contoh nama dengan istilah Sohaga

  • Sohaga Hia, 
  • Sio Sohaga Bu'ulölö, 
  • Sohaga Motani Laia, 
  • Sohaga Vanalida Waruwu.


36. Sanolo 

Sanolo adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Penolong". 

Umumnya, nama ini diidentitaskan kepada anak laki-laki untuk menggambarkan dirinya sebagai seorang yang berhati mulia dan suka menolong. 


37. Sanauölö 

Sanauölö adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Yang berumur panjang". 

Istilah ini dapat digunakan sebagai nama untuk nama anak laki-laki maupun anak perempuan. 

Makna yang terkandung dari nama ini pun cukup bagus dan merupakan bagian dari doa restu untuk dirinya supaya memiliki umur yang panjang dalam menjalani kehidupan di bumi. 


38. Sondroro 

Sondroro adalah istilah bahasa Nias yang bermakna "Yang mendukung, yang membawa sampai tujuan". 

Nama ini menggambarkan seseorang yang mampu mendukung segala tindakan dan menyukseskannya hingga mencapai tujuan.


39. Sozanolo 

Sozanolo adalah istilah bahasa Nias yang bermankna "Ada yang menolong, ada penolong". 

Istilah ini biasanya digunakan sebagai nama untuk anak laki-laki suku Nias. Sesuai namanya, ia digambarkan sebagai pribadi yang memiliki hati yang tulus, mulia dan dermawan (murah hati, suka berbagi, suka bersedekah) kepada sesama manusia yang lain. 

Nah, nama ini cukup bagus dan bisa menjadi alternatif untuk si buah hati anda tentunya.


40. Sökhi 

Sökhi adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Baik". 

Banyak yang menggunakan istilah ini sebagai nama anak laki-laki di Pulau Nias. Sebab, nama ini dapat menggambarkan pribadi seseorang yang cukup baik.


41. Vanesa 

Vanesa adalah istilah bahasa Nias dalam dialek selatan yang berarti "Pertobatan". 

Istilah vanesa mungkin saja asing bagi penutur bahasa Nias dialek utara yang berada di Gunungsitoli, Nias Utara, Nias Barat dan beberapa wilayah lainnya, tetapi tidak untuk penutur dialek selatan khususnya di Telukdalam dan sekitarnya. 

Kata Vanesa ini merupakan variasi yang berasal dari kata Fanesa. Secara kebahasaan Nias, dapat dikatakan bahwa perubahan tersebut termasuk alomorf. 

Nah, istilah Vanesa tentunya dapat menjadi nama cantik untuk putri kesayangan anda. 

Dengan nama ini, ia dapat digambarkan sebagai seseorang yang melambangkan suatu pertobatan menuju kehidupan yang lebih baik.


42. Vanolo 

Vanolo adalah istilah bahasa Nias dialek selatan yang berarti "Pertolongan". 

Istilah Vanolo berasal dari bentuk dasar fanolo dialek selatan dan dapat digunakan sebagai nama unik untuk anak laki-laki. 


43. Vanötöna

Vanötöna adalah istilah bahasa Nias dialek selatan yang berarti "Pengharapan". 

Istilah Vanötöna berasal dari bentuk dasar fanötöna dialek selatan dan dapat digunakan sebagai nama unik untuk anak laki-laki. 


44. Vanalida 

Vanalida adalah istilah bahasa Nias dialek selatan yang berarti "Pengganti kita". 

Istilah ini berasal dari gabungan kata Vanali (pengganti) dan -da (kata ganti kepunyaan bahasa Nias selatan yang berarti kita). 

Istilah ini cukup keren jika digunakan sebagai nama untuk anak perempuan maupun anak laki-laki. 

Contoh: 

  • Vanalida Zebua,
  • Vanalida Duha, 
  • Vanalida Giawa, 
  • Vanalida Gulo,
  • Vanalida Telaumbanua.


45. Yaaro 

Yaaro adalah istilah bahasa Nias yang bermakna "Semoga kukuh, teguh". 

Biasanya, istilah ini digunakan sebagai nama untuk anak laki-laki. 


46. Zanolo 

Zanolo adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Yang menolong". 

Biasanya, istilah ini digunakan sebagai nama untuk anak laki-laki. 


47. Zondroro

Zondroro adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Yang membawa, yang menghantarkan sampai ke tujuan". 

Biasanya, istilah ini digunakan sebagai nama untuk anak laki-laki. 


48. Zotani

Zotani adalah istilah bahasa Nias yang berarti "Yang bertujuan". 

Biasanya, istilah ini digunakan sebagai nama untuk anak laki-laki. 


Penutup 

Dari sejumlah inspirasi nama unik dalam bahasa Nias baik yang ditemukan dari dialek utara maupun dialek selatan, semuanya memiliki makna yang bagus dan menarik. 

Selain itu, istilah-istilah yang telah ditulis pada artikel ini merupakan kumpulan nama orang yang populer di Pulau Nias, sedangkan beberapa lainnya berasal dari ide dari penulis sendiri. 

Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi baru untuk anda yang sedang mencari nama terbaik untuk si buah hati. 

Posting Komentar untuk "Ini 45+ Inspirasi Nama Bayi atau Anak dalam Bahasa Nias"