Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Lagu Nias Populer 2021

 

Lagu Nias Ga'a Sakhi

Daftar lagu Nias yang tersedia di halaman ini merupakan daftar lagu yang populer atau paling banyak dicari di internet baik menggunakan Google, Youtube, Bing maupun Yahoo

Lagu yang sering ditelusuri berjenis lagu Nias lama dan terbaru. Dengan banyaknya jumlah frekuensi pencarian lagu ini menandakan peminat yang banyak. Ya, dapat dikatakan jika yang suka mencari lagu tersebut berasal dari kumpulan pengguna internet yang tahu dan mengerti bahasa daerah Nias.

Nah, apabila ingin mengetahui lagu apa saja yang sedang locally trending dalam penelusuran internet pada tahun 2001 ini, berikut telah disusun dalam daftar Lagu Nias Populer lengkap dengan liriknya. Dengan lirik yang tersedia, dapat memudahkan anda untuk menyanyikannya. Sebaliknya, apabila anda juga sedang mencari lirik lagu Nias Ga'a Sakhi Raya ba Gido, Balasan Ga'a Sakhi, Awena Sibai Falukha Ita, Gowirio dan beberapa lagu lainnya, anda sudah berada di alamat yang tepat. 


1. Awena Falukha (Awena Sibai Falukha Ita)

Judul lagu Awena Falukha artinya "Baru saja bertemu". Lagu ini merupakan lagu yang pernah dipopulerkan oleh Trio Eltoris.

Lirik Lagu Awena Falukha

Awena si'ai falukha ita, no hewisa bakha badödögu, imane ia tödögu, lö niha bö'ö ba hörögu,

Ufabu'u khömö fondrondrongo, ha ya'ugö ba wa'aurigu, he nakhi möido ba hölu, ha ya'ugö ni'omasi’ögu,

Te'ai sa'ae... utaha dödögu, na sa ara me utötöna, oro'ö dangamö khogu, hatö’ögö ae ba zingagu,

Faduhusi tödöu wehedegu, tenga faya tenga fangifi, Zo'aya zangila fefu, nösi dödö khöu akhigu,

Te'ai sa'ae... utaha dödögu, no sa ara me utötöna, oro'ö... dangamö khogu, hatö’ögö ae ba zingagu, 

Te'ai sa'ae... Akhigu...utaha dödögu, oro'ö dangamö khogu, hatö'ögö ae ba zingagu, oro'ö dangamö khögu, hatö'ögö ae ba zingagu.


Lagu awena falukha dapat anda saksikan melalui channel youtube Mrg Daerah. Lagu ini mengisahkan pertemuan singkat antara dua insan berbeda; seorang laki-laki dan perempuan. Dalam lagunya, laki-laki menyiratkan rasa yang berbeda kepada sang perempuan yang baru saja bertemu dengannya. Merasa jatuh hati dan mendambakannya selalu. Dia pun berharap, kelak mereka dapat bertemu kembali. 


2. Balasan Ga'a Sakhi

Lagu yang berjudul Balasan Ga'a Sakhi merupakan lagu Nias terbaru yang menjadi Top Trending dalam penelusuran Youtube kali ini. Lagu ini diciptakan oleh A. Rini Mendrofa dan dipopulerkan oleh Riny Dwi P. Mendrofa melalui Channel RJM Nias. Berdasarkan statistik penayangannya, telah mencapai 660.944 kali ditonton, disukai 6,6 ribu pengguna dalam kurun waktu tiga bulan, sejak diterbitkan pada tanggal 30 April 2021 hingga  hari ini, 01 Agustus 2021. Untuk sekelas lagu Nias, pencapaian seperti ini sudah sangat bagus. 

Nah, untuk anda yang ingin menyanyikannya, anda dapat menggunakan lirik berikut ini. Lirik lagu Balasan Ga'a Sakhi ini dapat anda gunakan untuk menyanyikan lagunya apalagi jika suka menikmati lagu karaoke.

Lagu Nias terpopuler
Balasan Ga'a Sakhi (RJM Nias)



Lirik Lagu Balasan Ga'a Sakhi

Fehedeu safokhö... Lö utanö ba mbörö dödö... Sinangea utema wönumö...

Awai me luo da'ö... Ba no u'oligö khömö... Itaria dania ö'ositengagö...


Ba me lö fanema li moroi khömö.... Andrö edöna zatuagu ba mbö'ö...

Böi tema busi dödöu tuho dödö.... Ma tenga ya'o ga'a dambalimö...


Si faoma tabe saohagölö... Dakha uwa'ö khöu ligu wanguma'ö...

Tenga ya'odo sa zi föfö döla nosumö.



Lagu Balasan Gaa Sakhi ini mengungkap kisah dari sepasang kekasih yang masih belum berstatus menikah. Melalui lirik lagunya, tersirat bahwa sang lelaki pernah meninggalkan kesan pahit melalui ucapan kepada pasangannya setelah dia mengetahui dia bukan pilihan orangtua perempuan. 

Meskipun demikian, sang perempuan membalasnya dengan tenang dan memberikan penjelasan bahwa lama sebelumnya dia menantikan kedatangan keluarga laki-laki tersebut ke rumahnya. Tetapi apalah daya seorang perempuan, dia hanya bisa menantikan harapan yang tak kunjung menjadi kenyataan. Hubungan mereka pun sia-sia dan tinggallah kenangan yang tak dapat diulang kembali.

Akhirnya, sang perempuan pun hanya dapat mengucapkan salam pisah terakhir kepada mantan kekasihnya:"Tenga ya'odo sa zi föfö döla nosumö", artinya aku bukanlah yang terbaik untukmu. Demikianlah kisah yang tersirat melalui lantunan lagu ini. 


3. Ga'a Sakhi Raya Ba Gido 

Ga'a Sakhi Raya Ba Gido, secara kebahasaan, dapat diterjemahkan "Abang bungsu di Gido". Lagu ini merupakan lagu yang sepadang dengan Balasan Ga'a sakhi. Diterbitkan melalui Channel RJM Nias pada 11 Januari 2021. Pencipta lagu ini adalah A. Rini Mendrofa yang akhir-akhir ini menjadi salah seorang pencipta lagu Nias populer. Berdasarkan data Soovle, lagu Ga'a Sakhi Raya Ba Gido paling banyak ditelusuri melalui Google dan Youtube



Lirik Lagu Ga'a Sakhi Raya Ba Gido

Asöndu dödögu wolaumö khögu akhigu.... Börö me nofabaliö khögu....

U'alui tödögu hadia sibai zalagu.... Wa tola öbe zafökhö akhigu...


Ba no olifu'ö zaziu ba zi lalö.... Me no so duho dödöu niha bö'ö....

Lö ara urongo so zamatunö.... No fao ami nono matua Moawö....


Afökhö sibai wolaumö.... Sambua goroisagu khöu omasi'ö....

Böi olifuö ga'au sakhi raya ba Gidö...


Lagu ini mengisahkan rasa kekecewaan seorang lelaki kepada kekasih hatinya yang tak lagi menghiraukannya. Melalui lagu ini, ia menyampaikan pesan kepada pasangnya untuk tetap mengingat kehadiran dirinya meskipun kini mungkin telah bersama dengan yang lain. Janji tinggallah janji yang pernah terucap dan semuanya telah berubah.

Lagu ini sangat sesuai untuk kamu yang sedang patah hati kepada sang idamanmu.


4. Esolo Na'i Rozi-Rozi Mbu

esolo nai rozi-rozi mbu
Esolo Na'i Rozi-Rozi Mbu oleh Snada Trio

Esolo Na'i Rozi-Rozi Mbu artinya Helaian Rambut Pun Masih Lebih Tebal.  Lagu ini merupakan lagu Nias lama yang diciptakan oleh seorang Fati Zebua. Dalam berbagai karyanya, Fati Zebua dapat dikatakan sebagai salah seorang pencipta lagu Nias legendaris dan berkualitas yang populer dari waktu ke waktu.

Nah, sekarang ini, berdasarkan penelusuran internet, lagu ini kembali trending melalui akun youtube Snada Trio Official Management. Penelusuran lagu ini banyak di Google, Youtube dan Yahoo sesuai statistik Soovle. Berikut liriknya.


Lirik Lagu Esolo Na'i Rozi-Rozi Mbu 

Utunö khöu mena'ö nösi dödögu... He u'ila wa lö ibe dödöu.... Na utaha ma tobali fökhögu... Fökhö sebua si lö dalu-dalu....

Na ö'ila göi hewisa wa'aurigu... Tari numalö raya möi miyöu... He manö göi ilau ia tödögu... Wangalui tugela si lö tatu...

Andrö no aröu-röu sa ba dödögu... Na urongo duriamö akhigu... Tari usofu-sofu ba dödögu... Hadia geluaha nilaugu...

Ufuli-fuli khöu atö akhigu... Na ö'ila nösi gera-eragu... öwai aröu sibai zi tetutu... Esolo na'i rozi-rozi mbu... 


Lagu ini menyiratkan kisah seseorang yang mengharapkan jalinan kasih dari seorang dambaan hatinya yang tak kunjung tercapai. Sungguh menyedihkan, harapan yang tak terwujud menjadikannya terombang-ambing dalam menjalani kehidupannya. 

Ia selalu berharap ada kabar baik dari pujaan hatinya. Sayangnya, ia pun hanya dapat mendengarkan kabar berbeda. Perasaannya menjadi semakin kacau dan membuatnya lebih sensitif. Ia pun mengibaratkan perasaannya lebih tipis dari sehelai rambut yang sangat mudah rapuh dan patah kapan saja waktunya.

Dengan demikian, sekarang anda telah mengerti bahwa judul lagu ini yang tertulis Esolo Na'i Rozi-Rozi Mbu merupakan istilah untuk menggambarkan perasaan seseorang yang mudah rapuh dan berantakan.


5. Gowirio 

Gowirio adalah ubi kayu dalam terjemahan bahasa Indonesia. Lagu ini merupakan lagu Nias lama yang masih tetap populer di kalangan masyarakat ono niha hingga sekarang ini. Lagu ini diciptakan oleh Havino S. Duha. 

Pencarian lagu ini di internet cukup banyak, baik melalui mesin telusur Google, Youtube, Bing maupun Yahoo. Artinya, peminat lagu ini cukup banyak hingga pada tahun 2021 ini. Selain itu, lagu Gowirio ini dapat anda saksikan melalui akun mrg daerah yang kembali dipopulerkan oleh artis S'nada Trio

snada trio Nias
Photo Credit: mrg daerah



Lirik Lagu Gowirio 

Gowirio u'a baya si fao bulu

balazo si lö aetu

si tebai taya tebai u'olifu sagötö fa'aurifu

si möi ösi dalu

so urino ba ututu ena'ö tola möi ombuyu

itaria manö ubogö ba u'a si fao banio sawuyu


so dahö-dahö sawena urongo

khö nawögu iraono

ha nawaso na ginötö wamasi

so göi ginötö lofo alai nda'o

imane tödögu he si manga wakhe

he si manga gowirio

no fabö'ö ba raso wa'ami bano fagölö wa'abuso


itaria ulau asönö börö wa'asese manö

hulö falemba tebai utölö

alai me lö lala bö'ö utölö si fao idanö

u'ezosi dödö böi afökhö la'ua manö

alai me lumana ama alai me tosasa ina

ha gowirio ra'u-ra'u danga


Lagu ini menceritakan kisah hidup sederhana yang penuh dengan keterbatasan. Dalam lagu ini, tersiratkan perjalanan hidup seseorang pada masa sulit, namun tetap tegar meskipun ubi kayu pengganti santapan pokok sehari-harinya. Terkadang, ia bergumam dan bertanya mengapa realita hidupnya demikian, tetapi di lain sisi ia pun sanggup bersuka-cita karena ia tahu bahwa hidup adalah anugerah.


Itulah beberapa lagu Nias lama dan terbaru yang hits dalam penelusuran di internet pada tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Daftar Lagu Nias Populer 2021"