Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nikmati Keindahan Alam dari Puncak Gomo Nias Selatan

 

Tempat Wisata di Gomo Nias Selatan

Puncak Gomo adalah salah satu tempat wisata baru yang terletak di kecamatan Gomo, kabupaten Nias Selatan. 

Lebih jelasnya, puncak ini terletak di bukit desa Sifaoroasi kecamatan Gomo, Nias selatan, Provinsi Sumatera Utara.

Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 08:00 - 20:00, kecuali hari raya/keadaan tertentu. 

Dari pusat pasar kecamatan Gomo, lokasi ini dapat dicapai dengan waktu tempuh sekitar 1-2 menit (sekitar 300m) menuju utara menggunakan kendaraan bermotor roda dua atau roda empat. 

Sedangkan jika berjalan kaki, dapat dicapai selama 5-8 menit perjalanan. 

Sebagai petunjuk kepada pengunjung baru, di persimpangan jalan, anda akan menemui rambu ke arah timur seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Puncak Gomo

Sekitar 10 meter setelahnya adalah lokasi puncak Gomo dimaksud. 

Untuk pengunjung, parkiran kendaraan telah disediakan. Anda boleh menempatkan kendaraan  pada tempat yang telah disediakan.

Mungkin anda bertanya-tanya apa sih yang menarik di tempat tersebut sehingga banyak yang mengunjunginya. 

Di tempat ini, anda dapat menikmati pemandangan alam yang cukup luas dan menarik. Ini adalah salah satu keistimewaan destinasi Puncak Gomo yang memanjakan mata setiap pengunjungnya dengan panorama menakjubkan di bagian selatannya. 

Puncak Gomo

Anda yang menyukai wisata alam, hobi menjelajah, tentunya menikmati kunjungan di tempat seperti ini, bukan?

Selain itu, jika ingin mengabadikan moment-nya, anda boleh menggunakan spot foto yang telah mereka sediakan secara cuma-cuma untuk pengunjung.

Inilah salah satu alasan mengapa banyak masyarakat lokal maupun wisatawan dari luar Nias yang senang berkunjung ke tempat ini. 

Berada di atas puncak ini, tak kan terasa lamanya menghabiskan waktu sejam. Apalagi jika anda tengah asyik berbincang dengan teman-teman, asyik menikmati panoramanya dan lain sebagainya. 

Juga, Anda dapat bernyanyi/karaokean dengan teman maupun keluarga. Untuk kegiatan yang satu ini, mungkin perlu mengonfirmasikan kepada pemiliknya terlebih dahulu supaya dapat difasilitasi.

Nah, yang lebih menariknya lagi. Lokasi ini searah dengan situs megalitikum peninggalan leluhur Nias. Situs tersebut dikenal dengan nama Börönadu. Sesuai tradisi Lisan, situs Börönadu memiliki nilai sejarah yang tinggi sehingga tak jarang wisatawan dari luar negeri yang mengunjunginya.  

Jika punya banyak waktu, anda pun dapat mengunjungi situs tersebut untuk melihat warisan leluhur Nias zaman megalitikum.


Hal-hal yang penting untuk diperhatikan selama di Puncak

Perlu diketahui bahwa lokasi ini masih sangat sederhana dan hanya dapat menampung pengunjung dalam jumlah terbatas. 

Selain itu, perlu juga pengunjung mengetahui bahwa lokasi tersebut berada di atas bukit. Oleh karena itu, sangat diharapkan untuk tidak melewati pembatas sisi selatannya yang sangat curam untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama.

Terutama jika membawa anak-anak. Pastikan bahwa perhatian khusus tidak terhindarkan kepada mereka. 

Masyarakat Gomo Terhadap Pengunjung 

Lain dulu, lain sekarang. Lain isu, lain faktanya. 

Perlu diketahui bahwa masyarakat di daerah ini sangat mudah mengucapkan salam Ya'ahowu kepada setiap orang yang berjumpa kepada mereka. Kenal maupun tidak kenal mereka selalu dengan santun mengucapkan dan menerima salam dari siapapun. 

Hal itu menandakan bahwa mereka senang menerima pengunjung baru ke kawasan mereka. 

Oleh karena itu, anda tak perlu sungkan apalagi takut untuk mengunjungi destinasi di wilayah ini. 


Menu Makanan dan minum Puncak Gomo

Destinasi Puncak Gomo menyediakan makanan dan minuman ringan kepada pengunjung dengan menu sebagai berikut: 

Makanan 

  • Ayam penyet + Nasi putih,
  • Nasi goreng,
  • Mie goreng/kuah,
  • Ifu mie goreng/kuah,
  • Telur Rebus/dadar (omelette), dll.

Minuman 

  • Jus alpukat,
  • Jus semangka,
  • Jus apel,
  • Air mineral dalam kemasan botol/gelas,
  • Kopi, dan lainnya.

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang sementara dijual di lokasi wisata tersebut. 

Layanan Pengunjung Puncak Gomo: +62 81360001051


Nah, jika anda belum pernah mengunjungi daerah Gomo Nias Selatan, berikut panduan perjalanan untuk anda.

Panduan Perjalanan Menuju Puncak Gomo

1. Dari Pasar Lahewa ke Puncak Gomo

Apabila anda dari daerah Nias Utara, seperti Lahewa dan sekitarnya, anda dapat mencapai lokasi ini dengan lama waktu tempuh sekitar 3 jam 51 menit menggunakan kendaraan bermotor roda empat/mobil. Jarak yang akan ditempuh adalah sekitar 124,7 km melalui jalur Pelud Binaka menuju ke selatan pulau Nias. 

2. Dari Pasar Gunungsitoli ke Puncak Gomo 

Apabila anda dari Gunungsitoli dan sekitarnya, sangat disarankan melewati jalur Pelud Binaka. Hal direkomendasi apabila menggunakan kendaraan roda empat/mobil. Lama perjalanan yang dibutuhkan dari pasar Gunungsitoli ke Puncak Gomo adalah sekitar 2 jam 13 menit dengan jarak tempuh 62,5 km.

3. Dari Pasar Telukdalam ke Puncak Gomo 

Apabila anda dari pasar Telukdalam dan sekitarnya, anda dapat menempuh perjalanan dengan kendaraan bermotor (roda empat) melalui jalur Genasi selama 1 jam 17 menit. Dengan kata lain, anda perlu menempuh jarak sejauh 46,3 km dari pasar Telukdalam menuju ke utara. 


Dari semua daerah yang disebutkan di atas, semuanya akan bertemu pada satu lokasi yang sama yaitu persimpangan Pasar Lahusa. 

Untuk menghindari rute perjalanan yang keliru, anda yang beranjak dari daerah Telukdalam, tidak perlu berbelok ke simpang kanan menuju jalur utara (jalan menuju Gunungsitoli). Lurus saja ke arah barat. 

Demikian juga yang berasal dari Lahewa dan Gunungsitoli. Tepat di pertigaan di pasar Lahusa, anda akan menemui rambu lalu lintas berikut. 

Puncak Gomo
Pasar Lahusa

Silakan ikuti rambu ke Kec. Gomo (ke arah barat). 

Anda pun boleh menggunakan layanan Google Map selama perjalanan supaya memudahkan anda mendapatkan arah jalan yang tepat hingga ke tempat tujuan wisata Puncak Gomo. 


Apabila tertarik, silakan kunjungi segera dengan tetap mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan perjalanan berlangsung. 

Post a Comment for "Nikmati Keindahan Alam dari Puncak Gomo Nias Selatan"