Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yaryas Emuri Mandiri, Yayasan Pemberdaya Masyarakat di Gunungsitoli

Yayasan Yaredi Waruwu

Yayasan Yaryas Emuri Mandiri (YEM)  adalah salah satu yayasan di Gunungsitoli yang didirikan oleh Dr. (Cand.) Yaredi Waruwu, S.S., M.S., dan Yastina Warasi, S.Th., M.Pd., yang bergerak dalam bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan. 

Dengan alamat kantor yayasan berlokasi di Sisobahili, kota Gunungsitoli, Sumatera Utara.

Yayasan ini disahkan dalam Akta Notaris pada tanggal 26 September tahun 2020  dengan legalitas termuat dalam Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI nomor: AHU-0017523.01.04. Tahun 2020.

Berdasarkan strukturnya, yayasan ini diketuai oleh Guribano Waruwu, S.E., sekretaris Meiman K. Harefa, S.H., bendahara Oktober Warasi, dan Program Manager Rolesia Sriwarniwan Waruwu S.Pd. 

Dalam menjalankan programnya, mereka berdasar pada visi "Menciptakan Masyarakat Indonesia yang Cerdas, Mandiri dan Sejahtera dalam Bidang Sosial, Kemanusiaan dan Keagamaan"

Sesuai dengan visinya, yayasan ini selanjutnya diprogramkan untuk menjalankan misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Formal dan Non Formal dalam Menciptakan Generasi Bangsa yang berkarakter.
  2. Memberdayakan Masyarakat dalam Program Peningkatan Derajat Kesehatan melalui Upaya Prediktif, Promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif.
  3. Meningkatkan Kemandirian Usaha Masyarakat melalui Pemanfaatan Potensi yang ada.
  4. Membudayakan Kearifan Lokal sebagai Kekuatan Spiritual di Masyarakat dalam menciptakan situasi yang aman, nyaman, kondusif dan damai.
  5. Menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat Berbasis Riset.
  6. Melaksanakan Kerjasama dan Sinergitas Program dengan Pemerintah dan Lembaga baik dalam Negeri maupun Internasional.
Visi dan Misi Yaryas
Yayasan YEM

Meskipun Yayasan ini masih tergolong sangat baru, beberapa misi telah dijalankan dengan baik. 

Salah satu di antaranya adalah pendistribusian Bansos (Bantuan Sosial) berupa beras premium kepada masyarakat terdampak Covid 19, khususnya di wilayah kabupaten Nias Barat.

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari sabtu, 15 Mei 2021. 

Dalam program dimaksud, pihak Yaryas Emuri Mandiri telah melakukan kerjasama dengan Perum Bulog (BUMN) sebelumnya supaya dapat saling berperan dalam mewujudkan kepedulian terhadap masyarakat terdampak Covid-19 di Nias Barat.

Setelah semua proses administrasi dinyatakan lengkap dan valid, pihak Perum Bulog menyetujuinya.

Yastin Warasi

Distribusi Bansos 

Program Distribusi Bantuan Sosial kali ini tertuju kepada masyarakat di Desa Ononamolo II, Kecamatan Mandrehe Utara, Kabupaten Nias Barat.

Di desa tersebut terdapat 4 dusun yang masing-masing memiliki sejumlah kepala keluarga yang dianggap layak menerima Bantuan Sosial terkait dampak pandemi Covid-19 ini.

Berdasarkan data yang terhimpun, terdaftar ratusan Kepala Keluarga dari 4 dusun di desa Ononamolo II, Mandrehe Utara yang telah menerima Beras Premium pada hari sabtu, 15 Mei 2021.

Kegiatan ini langsung diselenggarakan oleh tim dari Yayasan Yaryas Emuri Mandiri yang terdiri dari Pembina, Ketua, Sekretaris, Program manager dan Anggota.

Penyerahan Bansos ke Ononamolo II
Distribusi Beras Premium oleh YEM

Dalam pendistribusian beras premium sebagai bantuan sosial dimaksud, masyarakat setempat sangat antusias dan senang menyambut kedatangan tim. 

Mereka sangat bersyukur atas kepedulian Yayasan Yaryas Emuri Mandiri hingga turun ke lokasi.

Lagi-lagi, akses menuju lokasi mereka masih perlu perhatian khusus, terutama jalan raya.

Meskipun masih bisa dilewati dengan kendaraan bermotor, namun masih banyak terdapat ruas jalan yang rusak.

Meskipun demikian, keadaan tersebut bukan hambatan bagi tim Yaryas Emuri Mandiri untuk mendistribusikan beras kepada masyarakat. 

Tim Yaryas berkomitmen untuk tetap melaksanakan kegiatan hingga tuntas. 

"Menyatakan kepedulian terhadap masyarakat jauh lebih penting daripada hanya memikirkannya", kata Yastina Warasi selaku pembina dan juga salah satu pendiri YEM. 

Lanjutnya, "Walau sedikit, tetapi mereka pun bisa bahagia".

Berbagi beras


Setelah kegiatan selesai, tim Yaryas Emuri Mandiri berharap kepada masyarakat setempat untuk mendoakan supaya yayasan tersebut tetap mampu berkontribusi untuk kepentingan masyarakat banyak di masa mendatang. 

Tak cukup hanya sampai di sini saja, masih banyak program berikutnya yang dianggap perlu untuk kepentingan orang banyak.


Penutup

Kegiatan seperti ini sangat layak diapresiasi. Meringankan beban masyarakat di saat pandemi covid 19 adalah tindakan yang tepat dan bermanfaat.

Tidak perlu memberikan dengan nilai maupun harga yang sangat besar jika terpaksa, karena yang sedikit saja akan sangat bermanfaat  ketika kita mampu berbagi kebahagiaan kepada orang yang mampu bersyukur dan membutuhkannya.

Sejauh ini, Yayasan Yaryas Emuri Mandiri telah melaksanakan misinya dengan baik.

Semoga kedepannya dapat terus berjalan dengan baik dan mendapat dukungan dari berbagai pihak baik pemerintah maupun lembaga lainnya yang peduli dengan masyarakat.