Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hulo Asu, Pulau Elok Penuh Pesona

 

Asu isle
Pulau Asu


Hulo Asu atau yang lebih dikenal dengan nama Pulau Asu merupakan salah satu pulau cantik di kepulauan Hinako, kabupaten Nias Barat. Wisatawan asing yang sering berkunjung ke tempat tersebut menyebutnya dengan istilah Asu Island.

Tak kalah menarik dengan beberapa pulau eksotis lainnya di kepulauan Nias.

Air lautnya yang jernih dan butiran pasir putih di sepanjang pantainya memberikan daya tarik tersendiri kepada wisatawan yang pernah berkunjung ke pulaunya. Selain itu, juga terdapat beberapa tempat berselancar (surfing spots) yang berombak besar. 

Gulungan-gulungan ombak besar yang selalu memecah di atas permukaan sungguh menjadikannya sebagai salah satu surga dunia bagi para peselancar. Namun, kegiatan wisata yang satu ini hanya direkomendasikan kepada mereka, khususnya para peselancar profesional yang menyukai kegiatan uji adrenalin di atas air. 

Ingat! Hal ini tidak direkomendasi kepada anda yang bukan peselancar profesional.

Memang, tak mengherankan lagi jika wisatawan dari luar Indonesia pun sering menghabiskan waktu liburan di pulau ini. Bahkan, beberapa pemilik penginapan yang berkelas resort juga berasal dari negara-negara lain di dunia. 

Barangkali anda yang masih merasa asing dengannya, memiliki sejumlah pertanyaan tentang apa, dimana dan bagaimana sesungguhnya pulau tersebut. 

Nah, jika belum pernah ke tempat ini, berikut ulasan lengkap tentang Pulau Asu sebagai panduan kunjungan anda di kemudian hari.


Letak Pulau Asu

Secara geografis, Pulau Asu berada di sebelah barat Pulau Nias dan merupakan salah satu pulau kecil dari delapan kepulauan Hinako. Sederhananya, pulaunya berada paling utara di kepulauan Hinako yang mana pesisir barat, barat daya dan barat lautnya langsung berhadapan dengan samudera Hindia. 

Artinya, sebagian pesisirnya juga dapat dikatakan pesisir laut lepas.

Sedangkan di sebelah tenggara dan selatannya terdapat pulau kecil-kecil lainnya yang juga masih tergolong kepulauaan Hinako. 

Untuk mencapai daerah ini dari Gunungsitoli, Nias selatan, satunya-satunya jalur utama yang sering dilewati yaitu melalui jalur laut dari pelabuhan Sirombu, Nias Barat.

Potret laut dari Pelabuhan Sirombu

Di Pelabuhan Sirombu, terdapat banyak kapal kecil (speed boat) yang dapat anda gunakan sebagai transportasi menuju ke Hulo Asu atau ke beberapa pulau lainnya di Hinako.

Sewa Jasa Transportasi

Jika belum pernah berlabuh di dermaga (jetty) Pulau Asu, anda tentunya belum tahu berapa biaya jasa transportasi lintas pulau. Yang dimaksudkan di sini bukanlah harga/tarif mutlak namun sebagai gambaran umum untuk anda yang sedang merencanakan perjalanan supaya tidak kewalahan di kemudian hari. 

Lagian, naik turunnya tarif sewa transportasi adalah hak mutlak dari penawar jasa di mana kami tidak berwenang di dalamnya.

Oleh karena itu, jika ingin melakukan perjalanan wisata, pastikan terlebih dahulu lama liburan yang akan dihabiskan di sana, apakah hanya sehari atau ingin menginap hingga berhari-hari baik bersama keluarga, maupun bersama dengan teman-teman.

Jika ingin menghabiskan liburan dalam waktu yang lama, maka anda bisa langsung menghubungi pemilik penginapan yang tersedia di sana, seperti Puri Asu Resort dan lainnya. 

Jika mengontak mereka, maka semua kegiatan anda akan dijadwalkan oleh mereka dan transpaortasi/ akomodasi, makanan dan lainnya akan dipersiapkan tanpa mesti pusing memikirkannya. 

Anda mungkin akan lebih tertarik dengan hal ini jika menghabiskan waktu berlama di sana. 

Tetapi jika sehari tanpa inap, anda boleh menggunakan jasa lainnya yang dipercaya. Mereka akan memandu kegiatan dan mempersiapkan segala sesuatu yang anda butuhkan hingga ke Asu.

Pada umumnya, jika menyewa jasa transportasi speed boat dalam sehari (satu tujuan) mereka mengenakan tarif jasa IDR 2,200,000 - 3,000,000. 

Tergantung jenis boat yang digunakan. 

Tarif ini dapat berubah suatu waktu. 

Sedangkan, jika tidak menyewa satu boat atau hanya menjadi penumpang biasa, maka mereka biasanya mengenakan tarif personal. 

Hanya saja, anda akan kesulitan pulang jika di sore hari tidak terdapat kapal yang beroperasi lintas pulau. Hal ini mungkin perlu anda pertimbangkan.


Boat di Pulau Asu


Akomodasi

Terdapat beberapa akomodasi untuk wisatawan di daerah ini yang dapat disinggahi dalam kunjungan. 

Puri Asu Resort adalah salah satu penginapan yang direkomendasikan untuk anda. 

Penginapan tersebut, biasanya lebih sering mendapatkan tamu dari luar Indonesia yang berkunjung ke pulau. Tidak heran jika makanan dan minuman yang mereka sediakan pun bercirikhaskan hidangan luar.

Akomodasi Puri Asu Resort dimiliki oleh seorang berdarah Australia yang tinggal menetap di sana bersama keluarganya. Mereka telah tinggal lebih dari 20 tahun lamanya di Pulau Asu sehingga mampu berbahasa Indonesia dan sedikit memahami bahasa lokal (Li Niha).


Jika ingin menginap, berikut tampilan Puri Asu Resort dari halaman luar

Asu Resort Nias
Puri Asu Resort

Selain itu, juga terdapat beberapa akomodasi lainnya yang dapat ditempati ketika sedang berwisata di wilayah pulau Asu.

Sayangnya dalam kunjungan penulis, perihal tarif per unit penginapan dalam waktu tertentu belum didapatkan secara akurat sehingga tidak dapat diestimasi secara umum. Memungkinkan setiap pemilik memiliki standard tersendiri. 

Berkunjung ke Pulau Asu

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa jalur utama untuk mencapai pulau tersebut adalah melalui jalur laut, maka pelabuhan Sirombu menjadi pusat utama yang selalu dilewati. Hal ini dikarenakan belum adanya jalur penerbangan udara yang tersedia di Asu. 

Meskipun demikian, setiap pengunjung masih dapat memilih jalur laut untuk mencapai daerahnya.

Sesampai di Sirombu, anda dapat menggunakan jasa pariwisata yang dipercaya di sana. Namun, jika memilih untuk beristirahat sejenak sebelum keberangkatan, anda pun boleh bersinggah di Toziro sambil menikmati suasana pinggiran pantai yang sejuk, duduk dan berbincang bersama teman atau keluarga.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kunjungan ke Pulau Asu:

1. Makanan dan minuman

Jika kunjungan anda hanya dalam waktu sehari (tidak menginap), pastikan anda membawa makanan dan minuman sendiri. Anda hanya bisa membeli makanan dan minuman ringan di lokasi tersebut karena belum tersedianya restoran untuk wisatawan umum. 

Maksudnya, penyediaan makanan/ minuman biasanya hanya untuk wisatawan yang menginap di akomodasi yang mereka sediakan dan tidak dijual ke tempat umum. 

Selain itu, di sana masih minim penjual makanan dan minuman seperti halnya di lingkungan yang padat penduduknya.

2. Uang

Jika anda merasa akan membutuhkan sesuatu di sana, maka bawalah uang anda secukupnya. 

Di sana, masih belum terdapat unit Bank yang dapat memfasilitasi anda ketika mendadak kehabisan persediaan uang. 

Meskipun demikian, hal ini masih bisa diatasi jika anda melakukan pendekatan komunikasi kepada orang setempat untuk mencari jalan keluar yang tepat.


3. Pakaian Ganti

Sebaiknya, setiap wisatawan yang hendak berkunjung ke Asu, tidak lupa membawa pakaian ganti. 

Hal ini direkomendasikan apabila jasa transportasi yang akan digunakan adalah kapal kecil cepat (Speed Boat) yang sangat memungkinkan anda terkenai percikkan air laut dalam perjalanan, terlebih di saat hujan.

4. Pelampung

Setiap wisatawan yang ingin berlibur di sana, jangan lupa mengenakan alat / jaket pelampung sebelum melakukan perjalanan laut. Peralatan keselamatan juga dianggap sangat prioritas dalam segala kegiatan, termasuk kegiatan wisata bahari. 

Meskipun dalam perjalanan anda tidak ada yang menakutkan, tetapi pelampung juga merupakan bantuan utama ketika melalui jalur laut yang luas.

Pulau Nias



5. Kamera

Tentunya kamu tidak ingin ketinggalan momen-momen yang menarik dalam hidup. Jangan lupa membawa kamera anda yang tidak mudah rusak ketika terkena air supaya dapat mengabadikan kegiatan wisata di Pulau Asu nantinya.

6. Cuaca

Hindari memaksa kehendak untuk melalui jalur laut ketika cuaca buruk, terutama ketika badai. Ingat! Keselamatan itu jauh lebih penting. 

Silakan konsultasikan kepada nakhoda kapal/perahu boat-nya tentang kondisi cuaca di daerah tersebut. 

Lebih baik menunda waktu sehari atau lebih jika memang keadaan cuaca sangat tidak bersahabat dalam melakukan perjalanan lintas pulau.

Kita semua mengharapkan yang terbaik untuk wisatawan


Setiba di Pulau Asu

Setelah sampai di tempat sandaran perahu / boat di Pulau Asu, anda dapat melihat keindahan lautnya. Airnya yang jernih sangat indah untuk dilihat, apalagi di sana pasirnya putih dan dasar laut di tepian yang dangkal sangat menarik untuk dilihat.


Laut Puri Asu




Juga, anda dapat berkeliling di daerah ini untuk melihat-lihat keindahan alamnya. Tak hanya itu, alamnya yang masih terjaga dapat menghasilkan udara yang sehat untuk manusia.

Jika dipikir-pikir, lokasi ini juga sangat bagus untuk dijadikan tempat pengabadian kegiatan pranikah, film dan lainnya. 

Hanya saja, biaya mungkin akan sedikit lebih mahal.

Di sini, anda dapat melihat banyak pohon kelapa yang tumbuh subur dan berbuah banyak. 

Sesuai dengan informasi yang didapatkan bahwa salah satu sumber pencaharian warga lokal juga berasal dari hasil panen kelapa. 

Selain itu, alat penerangan terkait listrik yang digunakan di pulau tersebut adalah mesin listrik pribadi karena tidak ada listrik pulau.

Meskipun demikian, anda masih dapat menikmati liburan di sana dengan senang hati. 

Para penyedia jasa pariwisatanya akan memberikan pelayanan terbaiknya untuk anda.

Oleh karena itu, nikmatilah hari-harimu dengan penuh keceriaan di Pulau Asu Nias Barat. 

Selamat berkunjung, ya'ahowu!


1 comment for "Hulo Asu, Pulau Elok Penuh Pesona"

  1. Keren lokasinya, pingin sekali ke pulau asu. Tapi sampai sekarang belum ada kesempatan

    ReplyDelete