Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Segar Alami, Wisata Air Luaha Ndroi Diminati Wisatawan

 

Air terjun di Nias Utara
Luaha Ndroi - Photo Credit: Fidelis Hulu

Pulau Nias memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain destinasi wisata wilayah selatan, barat dan kota, Nias utara juga menjadi pilihan bagi para wisatawan.

Di sana, anda bisa berkunjung ke Pantai Tureloto, Pantai merah, Afulu Surf-Spot, Hutan Mangrove,  dan beberapa tempat wisata lainnya. 

Lebih menariknya lagi, di desa Fulölö, kecamatan Alasa, terdapat satu lokasi wisata air terjun yang dinamakan Luaha Ndroi. Air terjun yang masih terjaga kesegaran dan kemurniannya, membuat destinasi ini ramai dikunjungi wisatawan.

Dari sekitar lokasi, anda dapat melihat panorama alam yang begitu mengesankan. Pepohonan yang rindang dan kicauan burung yang merdu dapat menambah kesan tersendiri bagi anda.

Lokasi tersebut dapat ditempuh selama kurang lebih satu setengah jam perjalanan dari Pusat Kota Gunungsitoli menggunakan kendaraan bermotor roda dua atau empat.

Sedangkan apabila anda berada di wilayah Telukdalam, Nias selatan, lokasi air terjun Luaha Ndroi dapat dicapai selama 4 hingga 5 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda dua/empat.

Apabila belum pernah ke Pulau Nias, terlebih ke tempat dimaksud, anda boleh menggunakan jasa perjalanan baik yang tersedia di dalam maupun luar Nias supaya dapat menikmati perjalanannya dengan senang hati.

Namun demikian, setiap pengujung yang ingin berwisata wajib mengetahui bahwa di lokasi air terjunnya ketersediaan fasilitasnya masih sederhana untuk sementara waktu sebab masih dalam tahap pengembangan.  

Di Luaha Ndroi, kamar mandi/ ganti dan kantin dapat anda temui di lokasinya. Juga, telah tersedia tempat yang dapat disewa (booking) oleh para pengunjung untuk kegiatan keluarga, rapat, dan lainnya.

Terkait parkiran, anda tak perlu khawatir. 

Meskipun kendaraan roda dua dan empat tidak bisa langsung ke lokasi wisata dikarenakan keadaan lokasinya yang sulit dijangkau kendaraan, warga sekitar akan memberi izin parkir di depan rumahnya bahkan menawarkan tempat parkiran untuk kendaraan anda.


Seusai memarkir kendaraan, setiap pengunjung perlu berjalan kaki melewati jalan setapak. Namun, jangan khawatir! Sekitaran jalannya tidak berbahaya untuk para pejalan kaki.


Untuk bisa mencapai lokasi, setiap pengunjung dapat menempuhnya selama 15 menit perjalanan.

Photo Credit: Inka


Perjalanan kaki yang mungkin dapat terasa sedikit melelahkan bagi sebagian orang, akan segera tergantikan dengan keceriaan sesampainya di lokasi tersebut.

Di tempat wisatanya, anda dapat menikmati kesejukkan alam yang cukup bagus untuk kesehatan. Bebas polusi udara.

Selain itu, airnya yang bersih dari sumber terlindung selalu menarik minat pengunjung untuk berenang atau bermain air.

Bahkan, tak sedikit pengunjung merasa betah berlama-lama menikmati kesegaran alam bersama air terjunnya yang selalu bergemuruh.

Selain berenang, pengunjung juga biasanya menyempatkan diri untuk mengabadikan momen kegiatannya. 

Jadi, apabila ingin berkunjung ke tempat ini, anda boleh mengabadikan momen sendiri untuk bisa dibagikan bersama teman lainnya.

Silakan berkunjung bersama teman maupun keluarga anda. Lebih ramai, pasti lebih asyik!

Air terjun Alasa
Photo Credit: Inka

Luaha Ndroi aman untuk wisatawan 

Namun demikian, setiap pengunjung diharapkan dapat bertanggung jawab pada dirinya sendiri ketika sedang melakukan kegiatan di lingkungan sekitar. 

Menjaga keselamatan juga dianggap penting dengan cara tidak melakukan kegiatan yang dapat mencelakai diri sendiri dan bahkan orang lain.

Seperti halnya, melompat dari ketinggian hingga ke dalam air yang dapat menyebabkan cedera pada tubuh atau hal lainnya yang tidak diharapkan.


Selamat berwisata. Semoga harinya menyenangkan!


1 comment for "Segar Alami, Wisata Air Luaha Ndroi Diminati Wisatawan"

  1. Luar Biasa tempatnya sangat indah, terimakasih infonya.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email