Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta Unik Perempuan Nias

Gadis Nias
Model: Agnes Harefa - Licensed by Yaman Photography

Terdapat banyak fakta unik dan menarik tentang perempuan Nias yang wajib kamu ketahui.

Ulasan ini dirangkum secara umum berdasarkan fenomena kehidupan sosialnya dan dipublikasikan dengan itikad baik sebagai bagian dari pengetahuan umum yang dianggap etis.


Berikut rangkuman unik dan menarik tentang Perempuan Nias:

1. Ratu dalam Pernikahan


Dalam adat istiadat Nias, perempuan yang menikah dianggap sebagai ratu terhormat bagi pasangannya. 

Di saat menikah, perempuan Nias akan mendapatkan gelar kehormatan yang dilekatkan sebagai lambang keistimewaannya. 

Hal ini populer dengan istilah Fame'e töi ni'owalu. Fame'e töi ni'owalu adalah pemberian gelar sang perempuan yang telah menikah sesuai dengan jenjang adat yang dilaluinya. Biasanya nama-nama gelar kehormatan yang diberikan pada perempuan yaitu: Barasi, Bintang, Balaki dan lain sebagainya. 

Setelah disetujui bersama, semua orang wajib memanggilnya demikian.


2. Bermahar Adat Tinggi


Bukan hal yang asing lagi jika berbicara mengenai mahar adat Nias atau yang dikenal dengan istilah 
Böwö Hada. 

Böwö Hada merupakan persyaratan pernikahan yang wajib diberikan atau dibayarkan oleh laki-laki kepada pihak keluarga perempuan. 

Mahar yang dibayarkan disesuaikan dengan kesepakatan dari keluarga perempuan. Biasanya, penentuan mahar tersebut cenderung dinilai mahal. Meskipun demikian, itu wajib dilunasi.

Jika diamati lebih jauh, pemberian mahar adat yang relatif mahal tersebut menunjukkan bahwa perempuan Nias tidak boleh diremehkan dan wajib dihormati kedudukannya sebagai calon orang tua perempuan dalam rumah tangga.


3. Sangat dilindungi dan disayangi


Perempuan Nias memiliki keistimewaan tersendiri. Pada umumnya, Perempuan Nias merupakan kelompok yang sangat dilindungi, dijaga dari berbagai hal yang dianggap tidak baik; yang dapat memperburuk citranya dalam masyarakat.

Sesuai dengan tradisinya, Perempuan Nias selalu dibekali dengan nasehat yang baik oleh orang tuanya supaya mampu mengendalikan dirinya dari berbagai pengaruh kehidupan sosial yang dialaminya, terutama dalam hal pergaulan terhadap laki-laki. 

Terdapat banyak batasan-batasan khusus yang tidak diperkenankan dalam pergaulan khususnya perempuan Nias sesuai norma adatnya. 

Seperti halnya jika seseorang (laki-laki) tak dikenal ingin bertamu ke rumah seorang perempuan wajib diketahui dan dipersilakan terlebih dahulu oleh orang tua perempuan bersangkutan. Pelanggaran dari aturan umum ini dapat dianggap tidak sopan, bahkan dapat menuai konflik terhadap laki-laki dimaksud.

Selain itu, perkembangan kehidupan masyarakat Nias tidak lagi membedakan jenjang pendidikan sang anak perempuan dengan anak laki-laki. Semua mendapat kesempatan dalam menuntut pendidikan yang layak.  

4. Ahli waris suami


Sesuai dengan adat istiadat yang berlaku di lingkungan sosial Nias, istri seorang suami merupakan ahli waris yang pertama atas semua barang milik maupun harta kekayaan.

Apabila suami meninggal, istri merupakan pemilik utama kekuasaan atau yang dapat menggantikan posisi suami dalam rumah tangganya. Tak ada yang boleh membantah hal ini.


5. Menikah dengan seorang pria


Seperti halnya dengan pria, perempuan Nias juga memiliki fakta unik yang dianggap positif yaitu bahwa mereka hanya ingin menikah dengan seorang pria saja. 

Dalam tradisi orang Nias, perempuan yang menikah dengan banyak pria atau poligami akan dianggap sangat tidak pantas dan dikucilkan dalam kehidupan sosial. 

Pernikahan berikutnya hanya akan dianggap layak apabila telah bercerai / suami telah meninggal dunia.

Itulah sebabnya mengapa perempuan Nias sangat teliti dalam memilih pasangan hidup yang bertanggung jawab dan setia hingga maut memisahkan.


6. Bunga Desa


Tak dapat disangkal bahwa dalam tradisi Nias, perempuan memiliki kedudukan istimewa terutama dengan kaitannya terhadap keindahan atau pesona suatu daerah. 

Hal ini tidak berkonteks negatif.

Selain pria dalam seni budayanya, perempuan Nias juga menjadi pemeran utama dari sejumlah Tarian Tradisional Nias.

Nilai estetika dari seni budaya Nias tak lepas dari kehadiran sang perempuan di dalamnya. Tanpa mereka tarian tradisional Nias takkan seindah dan sepopuler hari ini.

Itulah sebabnya mengapa dalam suatu acara adat Nias, perempuan selalu dihadirkan dan menjadi pemeran utamanya. 


Penutup

Fakta unik tentang perempuan Nias ini telah menjelaskan keistimewaan Perempuan Nias berdasarkan adat istiadatnya. Keistimewaan perempuan wajib dijunjung-tinggi oleh seluruh lapisan masyarakat di dalamnya tanpa perlu menunjukkan perbedaan yang dianggap tidak pantas. 

Dengan demikian, Perempuan Nias memiliki kesetaraan dari berbagai aspek layaknya laki-laki atau pria Nias pada umumnya.


Terima kasih telah membaca ulasan ini
Semoga bermanfaat untuk Anda.


Spesial thanks to Yaman Photography and Agnes Harefa

Post a Comment for "Fakta Unik Perempuan Nias"

Berlangganan via Email