Cara Mengidentifikasi Seorang Nias



Setiap manusia di dunia memiliki keunikan tersendiri yang merupakan bagian dari ciri khas silsilah atau garis keturunan kelompoknya sendiri. Meskipun tidak tertutup kemungkinan bahwa setiap manusia yang hidup di dunia ini merupakan bagian keturunan campuran dari dua orang atau lebih yang berbeda etnis maupun ras, ciri khas yang diwariskan akan tetap merupakan identitas diri seseorang yang menunjukkan asal usulnya.


Demikian halnya dengan orang Nias yang dikenal sebagai Ono Niha. Identitas diri yang unik akan selalu ada jika diidentifikasi dari berbagai aspek.

Tujuan penerbitan artikel ini adalah untuk memberikan panduan kepada siapapun yang ingin mengenal atau mengidentifikasi seseorang yang mungkin berasal dari Pulau Nias dalam konteks membangun persahabatan, persaudaraan yang lebih baik dan harmonis. 



Secara umum, seorang Nias dapat diidentifikasi dengan cara berikut ini:

[1] NAMA

Nama seseorang adalah salah satu identitas diri yang paling mendasar yang mudah dikenal oleh publik. Akan tetapi, tidak semua nama yang mencirikhaskan diri seseorang dapat dijadikan sebagai petunjuk asal-usul seseorang. Terlebih dalam versi modern, pemberian nama sebagai identitas diri seseorang sudah sangat beragam dan bebas.

Versi terdahulu. Penamaan seseorang dari Pulau Nias menggunakan ciri khas yang dianalisis penulis secara umum:

  1. Menggunakan kata dari Bahasa Nias. Contohnya: Söchi, Saro, Haga, dll. 
  2. Menggunakan kata "WATI" atau "HATI" untuk pelabelan sang perempuan. Contoh: RIA HATI, RIAWATI, dan lain-lain.
  3. Penggunaan karakter W dalam nama seseorang yang tidak dilafalkan layaknya W dalam bahasa Indonesia.
  4. Penggunaan karakter O dalam nama seseorang yang tidak dilafalkan layaknya O dalam bahasa Indonesia. Akan tetapi, dilafalkan layaknya E dalam kata "KARENA". 

Versi terbaru. Penamaan seseorang dari Pulau Nias dibuat secara bebas yang kebanyakan tidak menggunakan versi sebelumnya. Dengan versi terbaru, seseorang sulit untuk ditebak dari identitas namanya, kecuali mengetahui marganya.



[2] MARGA

Pada dasarnya, orang Nias memiliki ciri khas marga, sebagai berikut:

  1. Amazihönö, Amuata,
  2. Baeha, Baene, Bate'e, Bawamenewi, Bawaniwa'ö, Bawö, Bali, Bohalima, Bu'ulölö, Buaya, Bunawölö, Bulu'aro, Bago, Bawa'ulu, Bidaya, Bazikho, Baewaai,
  3. Dakhi, Daeli, Daya, Dohare, Dohöna, Duha, Duho, Dohude, Dawölö, Da'o, Domo,
  4. Fau, Farasi, Finowa'a, Fakho, Fa'ana,Famaugu,
  5. Gaho, Garamba, Gea, Ge'e, Giawa, Gowasa, Gulö, Ganumba, Gaurifa, Gohae, Gori, Gari, Gaidö,
  6. Halawa, Hala Wawa, Harefa, Haria, Harita, Hia, Hondrö, Hulu, Humendru, Hura, Hoya, Harimao,Halu, Halua na'a,
  7. Lafau, Lahagu, Lahömi, Laia, Luaha, Laoli, Laowö, Larosa, Lase, Lawölö, Lo'i, Lömbu, Lamölö, Lature, Luahambowo, Lazira, Lawelu, Laweni, Lasara, Lase, Laeru, Löndu go'o, Lugu, Laya,
  8. Maduwu, Manaö, Maru'ao, Maruhawa, Marulafau, Mendröfa, Maruabaya, Möhö, Marunduri, Mölö, Manaraja,
  9. Nazara, Ndraha, Ndruru, Nehe, Nakhe, Nadoya, Namò,
  10. Ote,
  11. Sadawa, Sa'oiagö, Sarumaha, Saro, Sihönö, Sihura, Sisökhi, Saota, Saniago, Silötö,
  12. Taföna'ö, Telaumbanua, Talunohi, Tajira,
  13. Wau, Wakho, Waoma, Waruwu, Wehalö, Warasi, Warae, Wohe,
  14. Zagötö, Zai, Zalukhu, Zamasi, Zamago, Zamili, Zandroto, Zebua, Zega, Zendratö, Zidomi, Ziliwu, Ziraluo, Zörömi, Zalögö, Zamago zamauze.

Meskipun pada faktanya, sebagian kecil dari Orang Nias ada juga yang tidak menggunakan marga dalam kepentingan tertentu. Tetapi, hal tersebut sangat sedikit dan jarang terjadi.


[3] WARNA KULIT

Secara umum, orang Nias memiliki warna kulit yang sangat khas yaitu putih, kuning langsat dan sawo matang. Meskipun pada faktanya terdapat warna kulit lain, itu bisa saja faktor dari generasi campuran / perpaduan dari dua ciri khas orangtua yang berbeda kelompok.


[4] TIPE RAMBUT

Secara umum, orang Nias memiliki tipe rambut lurus atau halus baik yang tipis maupun lebat. Selain itu, terdapat juga tipe rambut ikal halus. Akan tetapi, tidak terdapat model rambut ikal kasar (lebat dan kaku).


[5] GAYA TUTURAN BAHASA

Gaya tuturan bahasa yang dimaksudkan adalah cara seseorang menuturkan suatu bahasa yang digunakannya. Meskipun orang Nias umumnya mahir berbahasa Nias, Bahasa Indonesia maupun sebagian kalangan mampu berbahasa asing, hal tersebut belum bisa menjamin putusnya hubungan keakrabannya dengan gaya tuturan bahasa yang diwarisi oleh leluhurnya.

Hal itu alamiah dan wajar saja seperti halnya orang selain Nias di bumi ini memiliki ciri khas tersendiri dalam menuturkan suatu bahasa.

Orang Nias pada umumnya berbicara dengan pelan atau santai dan kaku baik menggunakan bahasa daerah maupun bahasa lain. Sangat jarang yang berbicara layaknya seorang RAPPER. Hal ini dapat dipengaruhi oleh gaya pelafalan bahasa Nias yang kaku.

Oleh karena itu, jarang orang Nias yang setiap harinya berbicara super cepat dengan bahasa apapun. Dengan kata lain, menjadi seorang Rapper bagi orang Nias adalah hal yang paling sulit dan menantang karena gaya tuturan bahasa yang mereka miliki tidak mengutamakan kecepatan ucapan / tuturan.


[6] SIFAT

Setiap manusia di alam semesta memiliki karakter maupun sifat yang berbeda dengan yang lainnya. Itu adalah bagian dari kehidupan seseorang baik yang berasal dari bawaan lahiriah maupun dari pengaruh lingkungan yang dimasukinya. Menganggap suatu hal itu baik atau buruk dilihat dari sifat seseorang orang adalah hal yang sangat relatif atau tergantung bagaimana interprestasi budaya maupun tradisi yang dimiliki oleh penilainya sendiri. 

Sifat keras bisa saja dianggap lembut oleh komunitas lain dengan kultur yang berbeda, atau sebaliknya. Oleh karena itu, sifat manusia tidak dapat diukur dan dinilai secara universal untuk suatu hasil yang mutlak karena setiap penilai akan memiliki kultur dasar yang mempengaruhi penilaiannya sendiri.

Dengan demikian, penilaian sifat orang Nias ini adalah murni hasil perbandingan pribadi penulis berdasarkan kultur umum yang terdapat di Indonesia. Penilaian ini sangat subjektif dan berisi asumsi perbandingan non-ilmiah. 

Orang Nias umumnya memiliki ragam sifat tersendiri atau unik tergantung pribadi seseorang. Akan tetapi, kali ini penulis memiliki perbandingan tersendiri dan menganggap bahwa umumnya sifat khas orang Nias yang paling mencolok adalah KERAS. Baik sifat keras dalam pendirian maupun sifat kerja keras. 

Dengan sifat yang keras, seseorang tidak mudah mengalah maupun mengaku kalah. Selain itu, sifat kerja keras juga merupakan sifat yang identik dengan orang Nias secara umum. Kerja keras adalah salah satu sifat dan gaya hidup orang Nias.

Meskipun identik dengan kata keras, hal tersebut tidak merupakan acuan untuk mengatakan bahwa orang Nias menyukai kekerasan. Itu adalah kesalahan besar karena orang Nias juga memiliki keunikkan dalam kultur sosialnya yaitu saling mengasihi berbasis prinsip kekeluargaan.


Dengan demikian, melalui artikel ini, anda dapat mengenal orang Nias dimana pun berada dengan lebih mudah untuk menjalin hubungan persahabatan, kekeluargaan yang baik dan harmonis. Sekian dan sukses selalu.

0 Response to "Cara Mengidentifikasi Seorang Nias"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel