Bawömataluo

Bawõmataluo

Bawõmataluo adalah salah satu desa yang berada di wilayah kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan. 

Desa ini termasuk salah satu situs budaya yang telah berdiri sejak ribuan tahun yang lalu di Pulau Nias. Nama desa ini berasal dari bahasa Nias yaitu Bawõ yang berarti "Bukit" dan Mataluo yang berarti "Matahari".

Sesuai dengan namanya, situs budaya ini terletak di atas bukit dengan ketinggian sekitar 324 meter di atas permukaan laut. Di tempat ini, terdapat berbagai macam peninggalan leluhur Nias dari masa lampau, tepatnya pada zaman megalitikum.

Bebatuan megalit, rumah tradisional (biasa dikenal dengan sebutan Omo Hada), termasuk tradisi masyarakat setempat yang masih merupakan warisan tradisi leluhurnya.

Di Bawõmataluo, rumah tradisional terdapat sekitar ratusan unit yang masih dijadikan sebagai hunian keluarga. Keberadaan rumah tradisional di Bawõmataluo pun menambah pesona dan kekhasan yang dimilikinya sebagai salah satu situs budaya Nias yang tak jarang dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dilihat dari bentuk dan ukuran rumah tradisionalnya, rumah tradisional yang khususnya merupakan hunian rajanya berbentuk lebih besar dan lebih tinggi daripada yang lainnya. Rumah rajanya terdapat satu unit dan berada persis di pertengahan desa.

Selain itu, di halaman rumah tradisional sang raja terdapat batu-batu megalit yang berukuran besar dan tinggi. Penempatan bebatuan tersebut juga memiliki arti khusus bagi mereka. Dulunya pada zaman megalitikum, penggunaan bebatuan adalah salah satu cara mereka menunjukkan eksistensi kekuasaan. Inilah yang mendasari bebatuan tersebut terdapat banyak di Bawõmataluo.

Baca juga: Sejarah Bebatuan Megalit Nias


Meskipun desa yang merupakan situs budaya ini masih tergolong sederhana, namun masyarakatnya memiliki keistimewaan tersendiri dalam mempertahankan budaya Nias di mata dunia. Hingga saat ini, Bawõmataluo merupakan salah satu desa di Pulau Nias yang memiliki orang-orang terampil dan berbakat dalam mengembangkan sekaligus melestarikan budaya Nias.

Tak heran jika orang-orang dari desa ini sering diundang dalam setiap acara atau festival budaya Nias baik yang bertaraf lokal, nasional bahkan internasional.

Masyarakat lokal di desa ini sebagaian besar hidup bertani, berkebun, berwirausaha maupun bekerja di instansi pemerintahan atau swasta. Uniknya, masyarakat di desa ini merupakan orang-orang yang selalu menjunjung tinggi nilai solidaritas antar sesama.

Tradisi saling menolong dan mendukung satu sama lain juga merupakan ciri khas orang-orang di desa ini. Siapapun tidak perlu khawatir untuk mengunjungi desa Bawõmataluo di Nias Selatan karena mereka akan memperlakukan anda dengan baik.

Dengan berbagai keistimewaan dan keunikan yang terdapat di Bawõmataluo, situs budaya ini dijadikan sebagai lokasi wisata (tourist attraction) dengan berbagai hal menarik yang dapat anda temukan dalam kunjungan anda.

Untuk mengunjungi lokasi wisata ini, anda bisa menggunakan jasa transportasi darat seperti mobil maupun sepeda motor dari kota Telukdalam. Akses ke lokasi ini sudah cukup bagus dan anda tidak perlu repot untuk jalan kaki.

Sesaat anda tiba di desa ini, anda akan langsung disambut oleh para petugas wisatanya. Mulai dari penempatan kendaraan anda di parkiran, hingga membawa anda keliling menikmati ragam keunikan lokasi wisatanya.

Jika anda adalah orang yang baru pertama kali berkunjung ke desa ini, anda tidak perlu takut atau ragu dengan keamanan kendaraan anda yang wajib anda tinggalkan untuk memasuki lokasi wisatanya. Penjagaan dan keamanan yang mereka berlakukan sangat baik dan tidak akan mengecewakan kunjungan anda tentunya.

Dari parkiran, anda akan langsung menjumpai tangga megalitikum dengan jumlah 100 tingkatan anak tangga yang merupakan pintu gerbangnya. Di dataran paling atas pintu gerbang, anda dapat menikmati panorama  alam di sisi selatannya yang sangat menakjubkan.

Selain itu, anda pun boleh menyaksikan berbagai atraksi tradisional baik berjenis tarian, lompat batu maupun lainnya.


Beberapa hal yang dapat anda lakukan di desa Bawõmataluo, antara lain:

  • Menyaksikan tarian tradisional Nias. Untuk menyaksikan tarian tradisional Nias, anda dapat mengajukan permintaan kegiatan dimaksud sebelum kunjungan anda. 

  • Menyaksikan lompat batu (stone jumping). Untuk menyaksikan atraksi pelompatan batu ini, anda boleh secara langsung meminta kepada petugas di desanya pada saat kunjungan anda. Tim atau pelompat profesional mereka akan didatangkan sesegera mungkin pada hari itu juga. Biasanya para pelompat tersebut selalu hadir (stand by) di lokasi.

  • Melakukan pengambilan gambar. Jika anda ingin berfoto di desa ini, anda dapat mengenakan pakaian tradisional Nias yang sudah tersedia di lokasi tersebut. Tidak ada larangan pengambilan gambar di desa ini selagi dalam batas kewajaran dan tujuan baik. Anda pun boleh memotret tampilan desanya, termasuk orang-orang di dalamnya jika anda butuhkan.

  • Jika misi kunjungan anda adalah untuk melakukan penelitian, anda pun boleh melakukannya di lokasi ini. Banyak hal yang dapat anda teliti khususnya dalam bidang ilmu arkeologi, sejarah, dan lainnya. Lokasi ini tidak jarang dikunjungi oleh para peneliti internasional dalam menyelesaikan studinya.

  • Belanja souvenir tradisional Nias. Anda dapat dengan mudah menemukan cendera mata khas Nias di Bawõmataluo.



Beberapa hal yang tidak perlu anda lakukan di Bawõmataluo, antara lain:

  • Mengucapkan kata-kata kotor dalam bahasa daerah lain maupun asing. Masyarakat di desa Bawõmataluo adalah masyarakat yang ramah dan menghormati orang lain, terlebih pengunjung wilayahnya. Akan tetapi, sangat tidak baik jika pada kunjungan tertentu bahasa yang lebih banyak digunakan adalah bahasa yang tidak wajar, meskipun dalam bahasa asing. 

  • Melompati batu. Jika anda adalah seorang yang suka olahraga, mungkin saja anda lebih tertarik untuk melakukan tindakan ini. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa pelompatan batu setinggi kurang lebih 2 meter tersebut, bisa saja mendatangkan cidera jika anda bukan seorang profesional. Pelaksanaan pelompatan batu di daerah ini hanya dilakukan oleh orang-orang profesional. Apalagi dalam pelompatan batu, biasanya tidak menggunakan alat atau properti pengaman tertentu jika terjadi kecelakaan serius.

  • Mengedarai sepeda motor melintasi halaman perumahan tradisionalnya. Di desa Bawõmataluo, terdapat larangan mengendarai sepeda motor di kawasan rumah tradisionalnya. Semua penduduk desanya selalu tunduk pada peraturan yang mereka berlakukan bersama. Jika anda seorang yang baru berkunjung ke Bawõmataluo, ada baiknya tidak melanggar peraturan tersebut. Pelanggaran pada  peraturan yang telah mereka berlakukan dapat dikenakan sangsi adat setempat.


Dengan demikian, jika dengan ini anda tertarik untuk mengunjungi Bawõmataluo, silakan gunakan jasa penyedia perjalanan wisata yang ada di Pulau Nias untuk mempermudah anda dalam menyusun rencana penjalanan anda. Terima kasih dan semoga harimu menyenangkan!

0 Response to "Bawömataluo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel