Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Wisatawan: Jasa Transportasi Darat di Pulau Nias



Berwisata ke pulau Nias merupakan kesenangan tersendiri bagi para wisatawan yang ingin menikmati ragam keindahan alam, budaya maupun mengenal berbagai warisan sejarah yang terdapat di dalamnya. Faktanya, tidak hanya wisatawan dalam negeri yang selalu mengunjungi pulau Nias, bahkan wisatawan mancanegara juga ingin mengunjungi Pulau Nias.

Meskipun daerahnya masih tergolong sederhana, ternyata semuanya itu tidak bisa menghentikan langkah mereka untuk tetap berkunjung. Untuk mengunjungi lokasi-lokasi tertentu di Pulau Nias, seorang wisatawan tentunya membutuhkan transportasi untuk bisa sampai ke suatu tujuan.

Bagi wisatawan yang belum pernah mengunjungi Pulau Nias, anda tidak perlu merasa khawatir untuk mendapatkan jasa masyarakat lokal khususnya dalam hal jasa transportasi darat. Transportasi darat seperti mobil, becak atau sepeda motor adalah transportasi yang biasanya dibutuhkan wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata, mencari penginapan, rumah makan dan lainnya.

Berbicara mengenai transportasi darat, mobil adalah salah satu jenis transportasi yang lebih sering digunakan para wisatawan dibandingkan dengan sepeda motor atau becak di Pulau Nias. Kendaraan tersebut dapat anda temukan melalui agen perjalanan atau penyedia jasa angkutan umum khusus penumpang yang ada di Nias.

Berikut ini, penulis akan menguraikan beberapa hal yang dapat menjadi panduan anda ketika tiba di Pulau Nias:


Menggunakan Mobil dan Jasa Pengemudi

Jika anda memilih untuk menggunakan mobil dan jasa pengemudi (supir), mereka biasanya menghitung jarak tempuh ke lokasi tujuan. Umumnya mereka akan memasang tarif  rata Rp. 50.000/20km untuk angkutan dalam kota. Selain itu, pengantaran ini hanya berlaku dengan jarak tempuh maksimal 20km saja. Jika jarak tempuh melebihi jarak maksimal untuk wilayah kota, mereka akan mengenakan tarif penyewaan sehari atau rental. 

Sebagai contoh, jika anda tiba di Binaka dan ingin pergi ke pusat kota Gunungsitoli, biasanya tarif angkutan yang mereka sediakan adalah Rp. 50.000 / orang. Jarak Binaka airport ke pusat kota Gunungsitoli adalah 20 km dengan rata-rata waktu tempuh 30 menit menggunakan mobil.

Akan tetapi, jika tujuan anda dari Binaka langsung ke Telukdalam, Lagundri, Sorake, Bawomataluo, Sirombu, Afulu atau lainnya yang jarak tempuhnya melebihi 20 km, mereka akan mengenakan tarif penyewaan sehari untuk  mengantar ke lokasi tujuan. 


Menyewa Mobil dan Jasa Pengemudi 

Jika anda ingin menyewa mobil dengan pengemudinya dalam waktu sehari, umumnya mereka akan mengenakan tarif sesuai dengan jarak atau medan tujuan. Akan tetapi, pada hari-hari biasa mereka biasanya akan mengenakan tarif penyewaan mobil Rp. 700.000-750.000 sehari di mana makan supir ditanggung oleh penyewa jasa. Jenis mobil dengan tarif diatas berlaku untuk mobil jenis Avanza (G atau Veloz) maupun Xenia. Jika Innova mungkin Rp.100.000 lebih mahal daripada jenis Avanza/Xenia

Jika anda ingin menyewa lebih dari satu hari dan wajib menginap di suatu lokasi, maka mereka biasanya membebankan kepada penyewa tentang makanan dan penginapan mereka selain sewa mobilnya.



Menyewa Mobil Tanpa Jasa Pengemudi (lepas kunci)

Layanan ini biasanya hanya mereka berlakukan untuk orang-orang yang sudah mereka percayai dan memenuhi beberapa persyaratan mengemudi kendaraan bermotor. Beberapa syarat yang mereka berlakukan adalah penyewa memiliki KTP aktif, SIM A, dan bertanggungjawab. Untuk wisatawan mancanegara, mereka wajib memiliki Lisensi Mengemudi Internasional (International Driving License).


  • Untuk jenis mobil Avanza Rp. 250.000/hari, belum termasuk minyak. Jika hari raya, tarif naik  20-25%.
  • Untuk jenis mobil Innova Rp. 350.000/hari, belum termasuk minyak. Jika hari raya, tarif naik  20-25%.
  • Untuk jenis mobil Strada Rp. 700.000/hari, belum termasuk minyak. Jika hari raya, tarif naik  20-25%, dll.



Menggunakan Jasa Pengemudi 

Jika anda ingin menggunakan jasa pengemudi kendaraan bermotor seperti mobil, anda bisa menemukan mereka di kota Gunungsitoli dan kota lainnya yang ada di Nias. Untuk upah per harinya akan tergambarkan seperti berikut ini:


  1. Upah minimal seorang pengemudi adalah Rp.200.000/ hari
  2. Makan siang dan malam adalah tanggung jawab pengguna jasa
  3. Penginapan (jika melebihi sehari) adalah tanggung jawab pengguna jasa.


Demikian saja panduan wisatawan tentang jasa transportasi darat khususnya sewa mobil di Pulau Nias. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca.


***
Ya'ahowu!

Post a Comment for "Panduan Wisatawan: Jasa Transportasi Darat di Pulau Nias"

Berlangganan via Email