Bertani di Alam Nias

Pertanian Jagung di Nias.
Terms
Nias yang berada di sebelah barat pulau Sumatera merupakan salah satu kepulauan di Indonesia yang memiliki tingkat kesuburan alam yang tinggi. Tidak heran jika masyarakat Nias yang berprofesi sebagai petani dapat mempertahankan kegiatan bertaninya dari waktu ke waktu.

Pada umumnya, masyarakat Nias tergolong masyarakat yang sebagian besar memiliki pencaharian dengan cara bertani padi, jangung dan berbagai tanaman pangan lainnya. Dengan bertani, masyarakat Nias umumnya menggunakan hasil panennya sebagai kebutuhan rumah tangga.

Jika anda berkunjung ke Pulau Nias, anda bisa dengan mudah menemukan lahan pertanian yang dimiliki oleh masyarakat lokal. Hal ini menunjukkan bahwa hasil bumi Nias masih menjadi prioritas pencaharian untuk masyarakat Nias pada umumnya.

Bertani di alam Nias adalah salah satu kebahagiaan bagi para petani di Pulau Nias. Dengan bertani, mereka telah membuktikan kesuburan alam Nias yang dapat memberikan hasil yang lebih baik dan menyukseskan para petani.

Seperti halnya jika seorang petani ingin menanam tanaman jangung di ladangnya, tentunya ia dapat menerima hasil yang setimpal dengan upaya kerja kerasnya. Tanaman jagung yang tumbuh sehat dapat kemudian digunakan sebagai kebutuhan keluarga atau diperdagangkan untuk keperluan tertentu.

Akan tetapi, kebanyakan proses pengolahan tanaman pangan untuk pertanian di Pulau Nias masih tergolong sederhana dan masih banyak dikerjakan secara manual. Beda halnya di daerah yang sudah maju, pertanian biasanya menggunakan jasa teknologi yang serba canggih di mana penggunaan tenaga manusia sangat sedikit sekali.

Meskipun para petani Nias masih bekerja dengan berbagai keterbatasan, hal tersebut tidak mengurangi semangat mereka untuk tetap berjuang mempertahankan hidup. Dengan semangat mereka, kehidupan rumah tangga mereka pun ikut bahagia layaknya orang lain yang memiliki profesi berbeda. Tak jarang pula mereka sanggup memberhasilkan impian anak mereka sendiri dalam meraih cita di bangku pendidikan.

Memandang hal demikian, para pemerintah di Pulau Nias terus memperhatikan dan memperjuangkan kesejahteraan kehidupan para petani di daerahnya. Banyak hal yang telah dilakukan oleh pemerintah lokal dalam memfasitasi kehidupan masyarakat petani di Nias.

Selain itu, para petani di Nias umumnya memiliki prinsip kerjasama antar petani yang kuat dengan cara gotong-royong. Para petani di Nias biasanya selalu memprioritaskan upaya kerjasama yang baik antar petani supaya keberlangsungan kehidupan mereka semua menjadi lebih baik dan meningkat dari sebelumnya.

Upaya kerjasama yang diwujudkan dengan gotong-royong selalu mendapatkan hasil yang positif untuk kelompok maupun komunitas mereka. Tradisi gotong-royong di Nias telah hadir sejak dahulu kala dan sulit terlepas dari kehidupan orang Nias pada umumnya. Dengan bergotong-royong, orang Nias percaya bahwa hal itu merupakan salah satu perwujudan keharmonisan dari kebersamaan dan rasa persaudaraan.

Umumnya, para petani mudah ditemui di daerah pedesaan yang ada di hampir seluruh daerah kepulauan Nias. Pada masa sekarang ini, para penduduk di setiap desa tidak semuanya petani. Ada yang berprofesi sebagai pegawai pemerintahan maupun pengusaha swasta.

Demikian saja artikel ini, semoga bermanfaat. Terimakasih telah membaca.


***
Ya'ahowu!

No comments for "Bertani di Alam Nias"

Covid-19

covid