Pantai Tureloto Nias Utara

Tureloto Beach


Tureloto adalah salah satu nama tempat wisata pantai indah yang terletak di Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Indonesia. Tureloto berada di sebelah utara lautan Nias yang berhadapan langsung dengan samudera Hindia. Namun, laut di lokasi ini tidak memiliki ombak yang besar karena lautan bebasnya terbatasi oleh karang laut yang terbentang sangat panjang dengan dataran yang lebih tinggi dari permukaan laut bebas. 

Dengan adanya karang laut pembatas, lautan terpisah sebelah daratan menjadi lebih tenang dan aman untuk para pengujung. Benteng karang pembatas lautan berkisar ratusan meter dari daratan, sehingga sebagian besar lautnya sebelah daratan difungsikan sebagai tempat berenang kepada para pengunjung. 

Selain itu, Tureloto merupakan laut mati yang memiliki kadar garam yang cukup tinggi. Laut mati tidak berarti lautan yang mematikan. Laut mati adalah laut yang memiliki kadar garam yang lebih tinggi daripada laut biasa. Hal tersebut ditandai dengan mudahnya seseorang/ benda lain mengapung di permukaan air lautnya. Laut ini dapat menjadi salah satu tempat untuk menyembuhkan penyakit kulit bagi para perenang khususnya.


KEUNGGULAN LAUT TURELOTO

  1. Pasir, atau bahkan lumpur laut yang asin dapat menyembuhkan penyakit kulit manusia.
  2. Mempercantik kulit [dilansir oleh wikipedia di https://id.wikipedia.org/wiki/Laut_Mati]
  3. Laut yang mudah membuat benda terapung, sangat cocok untuk para perenang pemula.
  4. Meskipun berkategori laut mati, tureloto memiliki ekosistem bawah laut yang masih utuh dan sangat cocok untuk melakukan snorkeling.
  5. Tureloto memiliki panorama yang menarik.


REKOMENDASI UNTUK PERENANG DI TURELOTO

Jika anda adalah seorang wisatawan yang mengujungi pantai Tureloto, Nias Utara, berikut tips yang sangat direkomendasikan untuk Anda:
  1. Air laut yang mengandung kadar garam lebih tinggi dapat membahayakan mata perenang dalam jangka lama. Oleh karena itu, setiap wisatawan yang ingin berenang direkomendasikan untuk menggunakan "Kacamata Renang".
  2. Air laut yang lebih asin dapat berbahaya bagi tubuh manusia jika airnya dikonsumsi ketika berenang. Direkomendasikan kepada perenang untuk tidak meminum air lautnya ketika berenang. Jika tertelan, silakan minum air putih sebanyak-banyaknya untuk penetralisiran.
  3. Hindari berenang ke bagian yang terlalu banyak karangnya supaya tidak menyebabkan cidera pada tubuh.
  4. Gunakan pasir air laut (di laut dangkalnya) sebagai pembalut tubuh anda sebelum berenang untuk memberikan penyembuhan dan proteksi bakteri pada kulit serta untuk memberikan kebugaran seusai berenang. 
  5. Gaya renang punggung sangat direkomendasikan untuk menghindari air laut mengenai mata.
  6. Hindari tindakan lain yang bisa membahayakan diri sendiri. 


Selain dari penjelasan di atas, jika anda ingin berkunjung ke benteng karang pembatas yang bertumpuk pasir, anda boleh menggunakan jasa transportasi air (boat) yang telah disediakan di lokasi tersebut. Kebanyakan pengunjung daerah ini menyempatkan diri ke benteng karang yang seakan seperti pulau panjang di tengah lautan. Meskipun demikian, pengawasan baik terhadap pengunjung dianggap penting supaya terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan.



Oleh karena itu, jika anda berminat untuk mengunjungi Pantai Tureloto, silakan kunjungi segera. Daerah ini aman dari tindakan kejahatan dan akses ke lokasi dapat menggunakan transportasi darat seperti mobil dan sepeda motor.

Pantai Tureloto menjadi lokasi yang padat ketika hari libur, hari minggu maupun di hari raya lainnya. Anda dapat menikmati kekayaan alam di Tureloto bersama teman, keluarga maupun kerabat lainnya.

Sekian dan terima kasih telah berkunjung.


No comments for "Pantai Tureloto Nias Utara "

Covid-19

covid